SEO Manager, Profesi Yang Jarang Orang Ketahui - Jati882

SEO Manager, Profesi Yang Jarang Orang Ketahui

Mengenal Apa Fungsi, Tugas, dan Tanggung Jawab Seorang SEO Manajer Dalam Suatu Bisnis. 


SEO Manager





Pada era digital marketing saat ini, sudah menjadi keharusan suatu bisnis menggunakan profesional di bidang SEO untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran secara online. 

SEO atau Search Engine Marketing dan SEM atau Social Media Marketing sudah menjadi kebutuhan utama dalam bisnis untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran mereka.

SEO, SEM, dan pekerjaan pekerjaan yang terkait pemasaran online saat ini menjadi penting dikarenakan :

1. Semakin banyak bisnis pada saat ini dilakukan melalui jaringan internet. 

2. Bisnis ingin pengunjung website adalah mereka yang tertarik untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan, mengklik tautan iklan dan tautan afiliasi mereka.

3. Bisnis ingin membuat konten bermutu tinggi untuk mendapatkan trafik organik yang bermutu untuk mendapatkan konversi.

Itulah sebabnya seorang SEO Manager diperlukan untuk hadir memimpin dan mengkoordinasikan upaya SEO suatu situs web bisnis, dan upaya kampanye pemasaran yang lebih luas. 

Bagi kebanyakan orang Jabatan SEO Manager masih terdengar asing, dan sebagian lagi mungkin belum tahu sama sekali tentang jabatan tersebut.

Seorang SEO Manager profesional biasanya bergabung dengan tim pemasaran digital suatu bisnis atau perusahaan. 

SEO Manager bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan menerapkan program pemasaran mesin pencari suatu bisnis maupun untuk klien mereka.

SEO Manager harus selalu berorientasi pada tujuan, memiliki perhatian yang luar biasa terhadap detail, dan memiliki keterampilan interpersonal yang luar biasa.

SEO Manager harus memiliki peran yang berinteraksi dengan klien serta bekerja sama dengan tim perusahaan untuk memastikan bahwa tujuan klien akan tercapai.

Tanggung jawab SEO Manager adalah meningkatkan peringkat pencarian organik suatu bisnis dengan melakukan pengoptimalan yang semaksimal mungkin. 

Melakukan penelitian kata kunci yang ramah SEO, untuk mengoptimalkan konten bisnis, halaman arahan, blog, dan situs web, dengan tujuan utama memaksimalkan penjualan. 

SEO Manager mempunyai fungsi mengarahkan dan mengkoordinasikan tim konten dalam pengoptimalan mesin telusur diluar halaman, seperti membuat tautan, komentar forum, dan sebagainya. 

Selain itu SEO Manager juga membuat analisis dan laporan tentang seluruh pencapaian SEO yang telah dilakukan, seperti trafik, audiens, peringkat, jumlah klik, dan sebagainya. 

SEO Manager harus berkolaborasi dengan tim konten, tim media sosial selama kampanye pemasaran, dan melakukan hal seperti berikut :

  • Memantau masalah pengoptimalan mesin telusur secara teknis, dan dapat memberi solusi perbaikan jika terjadi masalah.
  • Membuat update upaya pengoptimalan mesin pencari dan standar pemasaran. 
  • Membuat analisis SEO, dan memberikan rekomendasi elemen, struktur situs web, dan halaman web. 
  • Mengelola strategi pengembangan konten untuk tujuan SEO, kata kunci spesifik, dan umum. 
  • Mendukung pembuatan konten pemasaran untuk disosialisasikan di media sosial. 
  • Melakukan optimasi konten situs web, halaman arahan, dan salinan pencarian berbayar. 
  • Bekerja dengan media sosial dan tim iklan berbayar PPC untuk tujuan pengoptimalan kampanye pemasaran. 
  • Meningkatkan kesehatan situs web. 

Meningkatkan SEO di luar website atau SEO off page, yaitu :

  • Melakukan analisis situs web 
  • Mengawasi Tim ahli mesin telusur 
  • Mengembangkan pembuatan tautan. 
  • Mengembangkan strategi komunikasi konten melalui komunitas sosial.
  • Mengelola program mesin telusur seperti web master tools, Sitemap XML, dan sebagainya. 
  • Memantau dan mengevaluasi hasil pencarian dan kinerja pencarian untuk meningkatkan peringkat. 
  • Memantau proyek sejak dari awal hingga selesai bekerjasama dengan anggota tim untuk mencapai tujuan SEO.


Skill yang dibutuhkan SEO Manager. 

Untuk menjadi seorang SEO Manager Profesional ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya :

  • Pendidikan setingkat Sarjana Ilmu Komputer, Pemasaran, Keuangan, atau Bisnis. 
  • Memiliki Sertifikat SEO dan SEM, atau SEO Specialist. 
  • Memiliki pengetahuan tentang trend SEO terbaru, strategi SEO, dan Praktik terbaik SEO. 
  • SEO Manager wajib memiliki keahlian dengan teknik SEO teknis, dan Search Engine Marketing. 
  • Memiliki pengetahuan, pengalaman dengan teknik dan praktik manajemen proyek. 
  • Memiliki pengetahuan tentang seluk beluk tentang Pemasaran Media Sosial. 
  • Memiliki ketrampilan komunikasi baik lisan maupun tulisan yang sangat baik. 
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.
  • Memiliki pengalaman kerja sebagai SEO Manager, Marketing Manager, atau Spesialis pengoptimalan mesin telusur. 
  • Menguasai SEO Manager Tools untuk membuat analisis web seperti Google Analytics Moz, Web Trends, Matomo, dan sebagainya. 
  • SEO Manager lebih baik lagi jika memiliki pengetahuan tentang HTML, Javascript, dan CSS. 


Pada umumnya perusahaan mencari SEO Manager yang dapat membawa bisnis mereka ke peringkat satu mesin telusur, dengan membuat konten cerdas dan dapat menggunakan alat analisis yang tepat, serta memiliki pengalaman dan kemampuan dalam manajemen proyek.


Diolah dari beberapa sumber, semoga bermanfaat....












0 Response to "SEO Manager, Profesi Yang Jarang Orang Ketahui"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...