Tele marketing, Marketing, yang menggunakan Telepon, untuk Pemasaran
Tele Marketing adalah metode pemasaran yang sudah cukup lama digunakan oleh bisnis untuk memasarkan produk dan layanan.
Tele marketing kadang disebut juga Tele sales dan Inside sales adalah pemasaran langsung untuk produk dan layanan kepada pelanggan dan calon pelanggan melalui telepon, fax, dan robocall yaitu promosi dalam bentuk suara yang sudah direkam terlebih dahulu.
Salah satu kelebihan dari Tele Marketing adalah dapat langsung berkomunikasi dengan pelanggan potensial secara berkala sehingga penyampaian pesan lebih efektif, dan menjaga hubungan baik yang sudah terjalin terus terpelihara.
Promosi yang dilakukan melalui media seperti Televisi, Radio, Koran, dan Billboard memerlukan biaya tinggi, sehingga sulit untuk menghemat anggaran biaya promosi suatu bisnis, jika dibandingkan dengan menggunakan Tele Marketing.
Telepon adalah media yang paling hemat biaya, fleksibel, dan dapat dipertanggungjawabkan secara statistik.
Akan tetapi sekarang cara marketing ini tidak hanya menggunakan telepon atau fax, tetapi juga menggunakan internet, email, nomor Whatsapp, video call, dan media sosial untuk menjangkau calon pelanggan, membuat janji bertemu, jadwal presentasi, dan sebagainya.
Media marketing lebih banyak melibatkan perempuan sebagai Tele Marketer, mungkin dikarenakan perempuan dianggap lebih luwes, santun, dan suara perempuan dapat menarik perhatian dan menyenangkan calon pelanggan.
Pekerjaan ini dapat dilakukan dari kantor, Call center, Rumah, maupun dari tempat lain seperti Cafe, Resto, dan sebagainya, tergantung jenis produk dan layanan yang ditawarkan.
Calon Pelanggan atau pembeli terkadang aktif menghubungi Tele marketing suatu bisnis, seperti calon pembeli rumah meminta jadwal survei, calon nasabah bank menanyakan permohonan kredit yang diajukan, dan sebagainya.
Tele marketing dapat membantu berbagai organisasi berhasil mencapai hasil yang lebih baik, dan merupakan strategi dalam penjualan bisnis ke bisnis, promosi acara, survey, kampanye partai politik, dan sebagainya.
Untuk kampanye pemasaran yang tujuan akhirnya adalah penjualan langsung, tahap akhirnya adalah penutupan penjualan. Sedangkan kampanye yang bertujuan untuk mendapatkan prospek, maka tahap akhirnya adalah mengirim prospek ke tim penjualan.
Telemarketing dapat menjadi alat yang sangat berharga untuk bisnis kecil, karena menghemat waktu dan uang dibandingkan dengan penjualan pribadi, tetapi menawarkan banyak manfaat yang sama dalam hal kontak langsung dengan pelanggan.
2. Tele marketing keluar yang ditujukan langsung ke konsumen akhir, misalnya, bisnis perbaikan pagar rumah mungkin memanggil orang untuk mencari prospek dan pelanggan.
Adapun kekurangan atau sisi negatif Tele Marketing adalah :
1. Tele marketing terkadang mengganggu aktifitas pekerjaan calon pelanggan yang ditarget, seperti menawarkan kartu kredit, pinjaman, kredit kendaraan, dan sebagainya pada saat yang tidak tepat.
2. Calon pelanggan yang dihubungi dapat memblok nomor telepon sales Tele Marketing di smartphonenya, jika merasa terganggu atau tidak tertarik dengan promosi yang ditawarkan.
3. Tele marketing banyak dimanfaatkan oleh sindikat penipu untuk mencari keuntungan dengan meminta sejumlah uang, misalnya iming-iming hadiah, pemenang hadiah uang atau kendaraan, hingga berita hoax anggota keluarga yang mengalami kecelakaan, ditahan pihak yang berwajib, dan sebagainya.
4. Terkadang calon pelanggan terganggu dengan dihubungi secara terus menerus oleh sales Tele Marketing, padahal sudah pernah mengutarakan tidak tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.
5. Tele marketing dengan menggunakan robocall sudah dilarang di 23 negara bagian Amerika Serikat sejak tahun 2012.
Tele marketer diharuskan membuat pengungkapan khusus atas informasi material, yaitu :
- Melarang representasi yang keliru.
- Menetapkan batas waktu pemasar jarak jauh dapat menelepon konsumen.
- Melarang panggilan ke konsumen yang telah meminta untuk tidak ditelepon lagi.
- Menetapkan batasan pembayaran untuk penjualan barang dan jasa tertentu.
0 Response to "Tele marketing, Marketing, yang menggunakan Telepon, untuk Pemasaran"
Post a comment