Search Engine Marketing, Atau SEM, Dengan Membayar Iklan Google Ads

Search Engine Marketing (SEM), atau Pemasaran Mesin Telusur adalah pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan Search Engine untuk meningkatkan visibilitas sebuah website.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id 

Google ads

Search Engine atau Mesin Telusur adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian seperti informasi, file, foto, video, peta, produk, layanan, situs web, dan sebagainya, menggunakan jaringan internet.

Hasil pencarian mesin telusur disebut Search Engine Result Page atau SERP, yaitu halaman dalam bentuk daftar yang berurutan sesuai dengan tingkat akurasi maupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut hits.

Dengan kata lain Search Engine Page Result atau SERP adalah halaman yang dibuat mesin telusur seperti Google Search, sebagai respon atas permintaan pengguna yang memasukkan phrase kata kunci tertentu.



Elemen Utama Google SERP :

1. Iklan Kontektual Google Ads, yaitu hasil pencarian yang diperoleh dengan bantuan penawaran kata kunci yang disebut hasil berbayar.

Inilah pokok bahasan artikel yang saya beri judul "search engine marketing, atau sem, dengan membayar iklan google ads" ini.

Iklan Ads. biasanya muncul di halaman utama di urutan paling atas sebelum hasil teratas pencarian organik, atau dibawah hasil pencarian organik.


2. Cuplikan Unggulan, yaitu visualisasi pilihan Google search. Cuplikan unggulan biasanya memiliki informasi yang detil dan spesifik dan yang relevan dengan phrase kata kunci pengguna.

 
3. Gambar atau Foto, Google search mempunyai fitur yang dapat digunakan untuk mencari gambar atau foto yang menggunakan alt teks dan teks judul.


4. Artikel yang mendalam, yaitu artikel yang ditulis oleh seorang ahli yang kompeten di suatu bidang, dengan panjang tulisan mencapai lima ribu karakter atau lebih. 


5. Kartu Pengetahuan, adalah bagian dari grafik pengetahuan yang berisi informasi semantik yang berasal dari database khusus.


6. Paket Lokal, ini adalah penampilan lokasi suatu tempat di Google map yang paling sesuai dengan phrase kata kunci yang dicari pengguna, dan tempat tersebut sudah terdaftar pada google Bisnisku.


7. Paket Teaser Lokal, fitur ini memberi anda informasi tentang suatu tempat, misalnya restoran terdekat, alamat, jam operasi, foto lokasi, foto ruangan, menu makanan, dan sebagainya.

8. Kotak Berita, fitur ini menampilkan berita-berita yang relevan dengan phrase kata kunci yang dicari pengguna.

9. Pertanyaan Terkait, ini adalah phrase kata yang banyak digunakan pengguna internet, yang masih relevan dengan phrase  kata kunci yang anda cari.

10. Ulasan, fitur ini dapat membantu pengguna internet mencari informasi tentang suatu barang atau jasa, situs web, dan sebagainya.


11. Hasil Belanja, ini adalah hasil pencarian berbayar untuk beberapa barang dan jasa yang menggunakan Google Ads.


12 Tautan Situs-situs web yang terdapat pada hasil pencarian Google Search. 


13. Twit atau Cuitan pengguna Twitter sekarang dapat muncul di halaman pencarian Google Search. 


14. Video, yaitu hasil pencarian dengan kata kunci tertentu untuk video Youtube.

15. Pencarian Suara, fitur pencarian ini menggunakan suara pengguna sebagai ganti phrase kata.

Dan masih ada fitur-fitur lain yang masih jarang orang gunakan seperti Buku, Penerbangan, dan Keuangan, Stelan, dan Alat untuk memilih bahasa, waktu, dan sebagainya.


google search


Search Engine Marketing

Pada dasarnya Search Engine Marketing atau SEM adalah membeli trafik iklan mesin pencari seperti Google Ads, untuk mendapat peluang tertinggi suatu website atau iklannya muncul di halaman satu Google Search. 

Apabila Search engine marketing untuk website, iklan produk, atau layanan anda muncul di halaman satu Google search, maka peluang pengguna mengunjungi website anda dan peluang anda memperoleh konversi semakin tinggi.

Halaman satu Google SERP secara default berisi daftar 10 situs web setiap halamannya, yang relevan dengan phrase kata kunci yang digunakan pengguna, dan biasanya pengguna internet fokus pada situs web yang muncul di halaman satu.

Dengan menggunakan Search engine marketing dengan layanan iklan berbayar Google Ads, peluang website atau iklan anda muncul di halaman satu Google SERP, dan diklik oleh pengguna internet semakin besar.

Keuntungan Search Engine Marketing atau SEM adalah memberikan peluang kepada pengiklan untuk dapat langsung menempatkan iklan produk atau jasa di Google Ads miliknya langsung kepada orang-orang yang menggunakan phrase kata kunci yang sama dengan yang dia targetkan. 

Dan dengan demikian, pengguna internet yang sedang mencari suatu produk atau jasa langsung menemukan iklan Google Ads yang relevan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. 


google ads

Fitur Utama Google Ads

1. Ringkasan, ini adalah ringkasan dari seluruh fitur Google Ads.

2. Cara Kerjanya, anda diminta memilih tujuan pembuatan iklan di Google Ads yang anda inginkan, yaitu :

  • Agar Orang Menghubungi Bisnis Anda
  • Agar Orang Mengunjungi Toko atau Kantor Anda
  • Agar Melakukan Tindakan di Situs Anda

3. Biaya, anda dapat menetapkan budget search engine marketing untuk iklan Google Ads untuk waktu sebulan dan dapat disesuaikan, atau berhenti beriklan kapan saja.

4. FAQ, ini adalah pertanyaan-pertanyaan seputar search engine marketing dengan menggunakan Google Ads yang sering diajukan pengguna internet.

5. Referensi, ini adalah kisah orang-orang yang telah sukses menggunakan search engine marketing dengan menggunakan Google Ads untuk mengiklankan situs web, atau bisnisnya.

6. Lanjutan, ini adalah fitur lanjutan untuk memaksimalkan search engine marketing dengan iklan google Ads anda, yaitu strategi yang dapat anda gunakan, diantaranya :

  • Kampanye Penelusaran, anda dapat memilih sasaran, seperti mendorong trafik ke situs, atau meningkatkan penjualan/prospek dan search engine marketing anda.
  • Biaya iklan per klik, anda hanya membayar iklan apabila ada orang yang mengklik iklan, ada orang yang mengunjungi situs, atau menghubungi bisnis anda.

7. Kontak, ini adalah fitur pusat bantuan Google Ads.


Cara Membuat Iklan Google Ads.

1. Membuat akun Google Ads.

2. Memilih sasaran iklan anda

3. Pilih Jenis bisnis yang akan anda iklankan

4. Tentukan Area search engine marketing yang anda layani untuk Pelanggan atau prospek anda, anda dapat menentukan radius kilometer atau jarak terjauh area pemasaran anda.

5. Di Kota atau wilayah mana iklan anda ingin ditampilkan, dan di area Kode Pos tertentu. Anda juga dapat mengetahui potensi jumlah audiens search engine marketing anda dalam kurun waktu satu bulan.

6. Masukkan beberapa Tema Kata Kunci search engine marketing untuk website atau iklan anda. Anda juga dapat memilih negara yang menjadi target anda.

7. Menulis iklan anda untuk memberitahukan tentang produk, layanan, atau apapun yang anda butuhkan untuk search engine marketing anda guna menjangkau audiens, yaitu :

  • Judul1, membuat judul utama iklan anda.
  • Judul2, membuat sub judul iklan anda.
  • Judul3, membuat judul kecil iklan anda.
  • Deskripsi1, yaitu informasi tentang produk atau layanan yang anda tawarkan
  • Deskripsi2, informasi tambahan
  • Deskripsi3, informasi tambahan.

Tambahkan Profil bisnis anda agar pengunjung lebih mengetahui lebih banyak tentang bisnis anda.

Sebelum memutuskan format iklan search engine marketing yang dibuat, anda dapat melihat pratinjau dari iklan anda dalam tiga mode, yaitu :

  • GOOGLE PENELUSURAN, iklan anda tampil di Google penelusuran versi web dan seluler.
  • GOOGLE MAPS, iklan anda dapat tampil di Google maps versi web dan versi seluler.
  • SITUS PARTNER GOOGLE, yaitu kumpulan lebih dari dua juta situs web dan aplikasi seluler yang menjadi partner Google.

8. Siapkan Anggaran search engine marketing untuk iklan Google Ads anda, dan Peninjauan.






9. Siapkan Cara Penagihan untuk pembayaran search engine marketing atau sem untuk iklan Google Ads anda.




Tips agar Search Engine Marketing anda sukses. 

  • Sebelum membuat iklan lakukan dulu riset kata kunci yang paling relevan dengan produk atau layanan yang anda tawarkan. 
  • Membuat akun Google Bisnisku agar pelanggan dan calon pelanggan anda mudah mencari lokasi bisnis anda di Google map. 
  • Pilih metode biaya iklan dengan Biaya per Konversi, yaitu anda hanya membayar iklan apabila ada pengguna yang mengunjungi situs web iklan anda dalam yang cukup lama, dan melakukan apa yang anda inginkan, misalnya melakukan pembelian. 


Demikian, semoga bisnis anda semakin sukses.....

 






0 Response to "Search Engine Marketing, Atau SEM, Dengan Membayar Iklan Google Ads"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...