Free Stock Photo, Terbaik Adalah Pixabay, Pexels, Unsplash, Freepik - Jati882

Free Stock Photo, Terbaik Adalah Pixabay, Pexels, Unsplash, Freepik

Situs Free Stock Photo Seperti Pixabay, Pexels, Unsplash, dan Freepik, Untuk Menunjang Digital Marketing Anda.


Free photo stock


Bagi seorang penulis konten maupun blogger seperti saya, sangat membutuhkan foto atau images untuk disisipkan pada artikel yang dibuat.

Tujuan dari menyisipkan foto, image, ilustrasi pada sebuah artikel, diantaranya adalah :

  • Mempercantik penampilan konten agar terlihat keren, kekinian, misalnya artikel blog.
  • Memberikan gambaran yang relevan dengan isi konten tersebut.

Untuk mendapatkan foto atau images yang bagus, kebanyakan kreator, desainer, penulis konten maupun blogger mengunduh dari situs-situs penyedia foto gratis atau Free Stock Photo seperti image, dan video, baik secara berbayar maupun gratis.


Beberapa Situs Free Stock Photo Penyedia Foto atau Images Gratis.


1. Pixabay

pixabay


Pixabay.com adalah sebuah situs web internasional, copyleft, dan gratis untuk berbagi foto, ilustrasi, grafik vektor, rekaman film dan musik.

Per November 2017, Pixabay menawarkan lebih dari 1.188.454 foto, ilustrasi, dan vektor serta video gratis. (Wikipedia)

Free stock photo yang dimiliki Pixabay yang terdapat pada database mereka adalah foto berkualitas tinggi atau High Density dan termasuk vektor, dan ilustrasi.

Selain dapat mengunduh foto, anda juga dapat mengupload foto dan berinteraksi dengan pengguna pixabay lainnya, seperti memberi komentar pada sebuah postingan dan menjalin pertemanan.

Apabila anda menjadi kontributor free stock photo, anda akan sepenuhnya bertanggung jawab atas semua Konten yang anda unggah.

Anda harus menjamin bahwa:

Anda memiliki semua hak kepemilikan atas Konten yang anda unggah ke Situs Web dan bahwa Konten tersebut tidak melanggar hak cipta, hak milik, merek dagang, atau hak lain yang berlaku dari pihak ketiga mana pun.

Dalam hal konten Audio, penggunaan Audio sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini tidak akan melanggar hak apa pun dalam karya musik atau sastra mendasar yang ada dalam Audio.

Anda telah memperoleh Model dan / atau Rilis Properti non-eksklusif, abadi, tidak dapat dibatalkan, di seluruh dunia, dan bebas royalti, dan / atau izin lain yang diperlukan terkait penggunaan karya ini untuk tujuan apa pun, tanpa persyaratan apa pun, kecuali jika kondisi seperti itu berlaku. diwajibkan oleh hukum.


2. Pexels

pexels


Pexels memiliki ribuan koleksi free stock photo dengan resolusi tinggi atau High Density.

Misi dari Pexels adalah membantu para Kreator seperti penulis konten, blogger, mendapatkan akses untuk mendapatkan foto yang unik dan terbaik untuk konten mereka.

Pexels didirikan oleh Bruno Joseph dan Ingo Joseph pada tahun 2014, kemudian pada tahun 2015 Daniel Freese bergabung untuk menjalankan Pexels bersama Bruno dan Ingo.

Koleksi foto mereka terorganisir dengan baik, dan merupakan salah satu yang terbaik diantara situs-situs free photo stock yang ada di internet.

Anda dapat mengunggah foto koleksi terbaik ke Pexels dengan beberapa persyaratan, seperti :

  • Anda memiliki Hak Cipta atas foto-foto yang akan diunggah ke Pexels.
  • Anda memiliki izin untuk mempublikasikan foto dari orang atau properti yang tergambar dalam foto.
  • Foto belum pernah diunggah ke Pexels.
  • Foto tidak mengandung kekerasan grafis, ketelanjangan, sadis, dan menyinggung.
  • Foto berukuran minimal 4 megapiksel, tidak buram, tidak pecah, tidak fokus, dan ambigu.
  • Gambar tidak miring atau tidak sejajar.
  • Bukan selebaran, banner, rendering komputer, dan model 3D.
  • Tidak diedit secara berlebihan.
  • Tidak ada tambahan border, hamparan grafik, dan teks.
  • Tidak ada watermark.


3. Unsplash

unsplash


Unsplash adalah wadah bagi komunitas Photografer, baik pemula, penghobby, dan profesional, dan memiliki jutaan free stock photo berkualitas tinggi.

Unsplash menerima ratusan ribu foto dari kontributornya untuk mendukung para kreator melengkapi konten mereka dengan foto berkualitas tinggi.

Anda dapat menemukan begitu banyak koleksi foto dengan berbagai topik yang dapat anda pilih, yang sesuai dengan topik dan kebutuhan anda.

Unsplash hanya menerima foto asli, hasil jepretan anda, bukan gambar non fotografi seperti tangkapan layar, tangkapan game, seni komposit yaitu foto yang dibuat menggunakan beberapa foto, dan seni digital.

Ukuran foto yang dapat diupload ke Unsplash berukuran 2.500 x 2.000 piksel, orientasi lanskap, besar file foto minimal 5 Megapiksel, tidak mengandung noice, bercak-bercak, dan bukan foto selfie.


4. Freepik

freepik

Freepik adalah situs free stock photo dan Ilustrasi gratis beresolusi tinggi, asli, tanpa water mark, dan tidak dikompres, untuk membantu para desainer, kreator, penulis, dan blogger melengkapi konten mereka dengan foto terbaik.

Freepik juga memiliki koleksi file vektor dalam format EPS dalam jumlah besar, sangat variatif, dan dapat diedit, resize, atau dimodikasi lagi sesuai dengan kebutuhan kreator.

Jika anda ingin menjadi Kontributor Freepik, anda harus mendaftarkan diri, dan menyetujui syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi sebelum anda mengunggah foto atau ilustrasi anda.

Unggahan pertama anda akan ditinjau terlebih dahulu, dan jika memenuhi standar estetika dan kualitas Freepik, anda akan dapat memulai dengan mengirim 20 unggahan yang lebih relevan dan fokus pada jenis gambar yang anda kuasai. 

Terhitung sejak anda membuat akun kontributor, anda memiliki waktu 50 hari untuk mengunggah 20 konten pertama anda.

Jika anda tidak mengirim apapun dalam periode ini, akun anda akan disuspend atau dinonaktifkan untuk sementara. 


Berikut adalah file-file yang dapat Anda unggah ke Panel Kontributor free stock photo anda: 


Vektor

Untuk mengirim file jenis ini, anda harus mengupload gambar pratinjau dalam format .jpg dan yang dapat diedit dalam format .eps, dan kedua file harus memiliki nama yang sama.


Foto 

Jika anda ingin mengirimkan foto harus dalam format .jpg.


File PSD

Anda harus mengupload gambar pratinjau dalam format .jpg dan yang dapat diedit dalam format .psd juga. Kedua file harus memiliki nama yang sama. 

Syarat utamanya adalah gambar dan design yang anda upload ke Freepik harus 100% original dan dibuat oleh anda sendiri.


Tips Memilih Foto

Foto, image, atau Ilustrasi yang anda pilih dapat menginspirasi pembaca untuk mengunjungi situs web maupun blog anda.

Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan :

A. Relevan dan sesuai dengan konten yang anda buat. Pilihlah foto, images, atau ilustrasi yang paling tepat dengan konten anda.


B. High Density, menggunakan foto, image, atau ilustrasi dengan resolusi tinggi untuk menghindari gambar yang buram atau pecah pada konten anda.


C. Menginspirasi, pilihlah foto, image, atau ilustrasi yang dapat menginspirasi pembaca agar terus membaca konten anda, dan membaca konten anda lainnya.


D. Menggunakan foto hasil jepretan sendiri, scanning, atau foto hasil screen shoot komputer atau smartphone milik anda sendiri, untuk menjelaskan konten anda, misalnya untuk menjelaskan suatu langkah pada sebuah tutorial.


E. Menggunakan foto terbaru jika menyangkut seseorang seperti selebritis, artis, tokoh politik, dan sebagainya, untuk memberi kesan up to date dan kesan yang baik kepada tokoh maupun pembaca konten anda.

F. Infografik, untuk konten anda yang banyak menggunakan angka seperti perhitungan rumus matematika, statistik, dan sebagainya, gunakan infografik agar pembaca lebih mudah memahami konten anda.


Anda juga dapat menjadi kontributor situs-situs free stock photo lain dengan mudah, dengan cara mendaftarkan diri, lalu mengirimkan atau mengupload foto, images, atau video, ke situs stock foto berikut ini:

  • Gratisography
  • ISO Republic
  • Shotstash
  • Styledstock
  • Splitshire
  • Stocksnap
  • Stock Pic
  • Negatif Space
  • New Old Stock

Syarat utama untuk mengupload foto, images atau video ke situs-situs free stock photo adalah foto, images, ilustrasi, vektor, dan video tersebut milik anda sendiri sehingga tidak melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Untuk menjadi kontributor free stock photo, anda dapat menggunakan koleksi foto anda baik yang berwarna maupun yang hitam putih, foto yang baru maupun yang lama dalam format digital.

Demikian, Semoga bermanfaat....


0 Response to "Free Stock Photo, Terbaik Adalah Pixabay, Pexels, Unsplash, Freepik"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...