Content Marketing, Media Digital Marketing, Ringkasan Untuk Pemula - Jati882

Content Marketing, Media Digital Marketing, Ringkasan Untuk Pemula

Ringkasan Content Marketing, Media Digital Marketing, Untuk Para Pemula Yang Ingin Belajar Internet marketing.


Content marketing


Content Marketing 

Content marketing atau pemasaran konten sering digunakan oleh bisnis untuk mendapatkan prospek, memperluas basis pelanggan, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan kesadaran merek, serta melibatkan komunitas pengguna online. 

Saya akan awali dengan membahas Content marketing, karena kunci dari internet marketing adalah kemampuan membuat Content, apapun itu, apakah dalam bentuk tulisan, video, audio, dan sebagainya.

Ada istilah Content is King yang pernah dilontarkan Bill Gate beberapa tahun yang lalu dan hingga kini masih berlaku dalam Content Marketing.

Content marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan Content, distribusi content yang bernilai, relevan, dan konsisten, baik secara online maupun offline, untuk mempertahankan audiens yang ditentukan dengan jelas, dan untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Dalam Content Marketing, Konten dibagi menjadi dua macam, yaitu :

1. Long Form

  • Blog
  • Artikel
  • eBook
  • Dan sebagianya.
2. Short Form
  • Cuitan di Twitter
  • Update Status di Facebook
  • Komentar di Blog
  • Update Foto
  • dan sebagainya.

Dapat dikatakan bahwa Content dalam Content Marketing itu adalah sesuatu yang dibagikan dalam bentuk long form dan short form, dan percakapan lain yang mempunyai nilai, relevan untuk menarik pelanggan, dan mendorong untuk bertindak, tanpa harus menjual terus menerus.

Menurut Neil Patel Content marketing adalah strategi jangka panjang yang berfokus pada membangun hubungan yang kuat dengan audiens target anda, dengan memberi mereka konten yang berkualitas tinggi yang sangat relevan bagi mereka secara konsisten.


Beberapa Bentuk Content Marketing

1. Buku atau e-Book, membuat buku atau membuat e-Book dapat menjadi alat Content Marketing untuk membangun Brand anda, dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya manfaat produk yang anda tawarkan.

2. Tulisan pada Blog atau Website, anda dapat menargetkan audiens dengan tulisan yang anda buat di Blog pribadi, website perusahaan, atau keduanya. 

Tulisan pada blog atau website dapat disisipkan gambar, animasi, infografik, atau video yang relevan dengan konten yang dibuat. 

Pada saat ini kebanyakan website suatu bisnis memiliki fitur atau elemen blog untuk menjalin hubungan yang lebih intent dengan pengunjung, dan untuk membuat tulisan tentang produk dan layanan yang ditawarkan. 

Adapun platform untuk membuat blog untuk Content Marketing yang paling banyak digunakan adalah Blogger dan WordPress. 

3. Tulisan dan Gambar atau Infografik, yaitu perpaduan antara tulisan dan gambar untuk menjelaskan suatu data dalam perhitungan yang cukup rumit, misalnya statistik, hasil survei, atau hasil penelitian. 

4. Video, pada saat ini video menjadi media yang banyak digunakan pemasar untuk menjangkau audiensnya. Media ini lebih mudah dipahami dikarenakan menggunakan gambar, suara, animasi dan tulisan.

Content video memberikan gambar suatu produk atau layanan dengan gamblang, sehingga pesan yang disampaikan mudah ditangkap oleh audiens.

Akan tetapi Content Marketing yang dibuat dalam bentuk video biasanya terlalu pendek durasinya, dan jika dibuat terlalu panjang akan membuat file terlalu besar sehingga membutuhkan waktu loading yang lebih lama. 

Akan tetapi biaya untuk membuat konten untuk Content Marketing ini cukup mahal dan memerlukan keterampilan untuk membuat naskah, mengambil gambar, dan mengedit video.

5. Podcast, yaitu content dalam bentuk suara. di Indonesia kini mulai banyak kreator-kreator yang membuat podcast, tetapi belum fokus untuk tujuan marketing produk atau layanan.

Kelebihan Content Marketing dalam bentuk Podcast adalah anda dapat menjelaskan suatu produk atau layanan secara detail, dengan mengundang narasumber, bintang tamu, atau selebritis untuk menambahkan kepercayaan publik tentang produk atau layanan yang ditawarkan.


Ketrampilan atau Skil Untuk Mendukung Content Marketing

1. Kemampuan berkomunikasi dalam bentuk komunikasi verbal dan non verbal.

2. Kemampuan Menulis seperti copywriting, naskah video, komentar, status di media sosial, dan sebagainya sebagai bagian dari Content Marketing.

3. Kemampuan Public Speeking. 

4. Memiliki kepekaan terhadap trend yang sedang digandrungi masyarakat.


Beberapa Content Marketing Tools 

  • Buzzumo
  • Buffer
  • Curata
  • Hubspot
  • Canva
  • Semrush
  • Evernote
  • Dan Content Marketing lainnya


Digital Marketing 

Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha atau upaya untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen dengan lebih cepat, tepat waktu, pribadi, dan relevan. 


Content Marketing


Digital marketing sebenarnya bukanlah tekni baru dalam dunia pemasaran. 
Sejak ditemukannya radio, digital marketing sudah mulai digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan produk dan layanan. 

Digital marketing tidak selalu dilakukan secara online, akan tetapi juga secara offline seperti Billboard, Videotron, dan sebagainya. 

Setelah memasuki era Internet, digital marketing lebih banyak dilakukan secara online, sebab masyarakat lebih banyak mengakses internet untuk mencari informasi, dibandingkan media lainnya seperti surat kabar, majalah, dan televisi. 

Pada akhirnya surat kabar dan majalah dan televisi sekarang ini juga hadir dalam bentuk digital, untuk tetap eksis di era digital marketing sekarang ini. 

Perkembangan teknologi digital sudah menjadi suatu kebutuhan bagi bisnis, Lembaga pendidikan, Pemerintah, masyarakat, Lembaga  nirlaba, dan sebagainya. 


Kelebihan Digital Marketing

  • Jangkauan global Digital Marketing tidak mengenal batas negara. Jadi anda dapat mempromosikan dan memasarkan produk atau layanan kepada siapapun di belahan dunia.
  • Digital Marketing dapat memangkas anggaran biaya pemasaran anda, dengan menggunakan iklan Pay per click, Pay per mile, dan biaya per konversi.
  • Dengan Digital Marketing bisnis dapat mengukur tingkat ROI untuk mendorong pendapatan dan menaikkan keuntungan.
  • Strategi Digital Marketing sangat mudah dibentuk dan fleksibel, memungkinkan bisnis menyesuaikan arah saat diperlukan. Tidak seperti kampanye pemasaran tradisional jangka panjang, bisnis dapat menyesuaikan upaya digital mereka dengan cepat

Online Marketing 


Content Marketing

Dikutip dari situs Wikipedia, Online marketing atau pemasaran daring adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau jaringan internet.

Penggunaan huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik, yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud tersebut dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan internet.

Dengan kemajuan teknologi internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e pada produk yang digunakan dalam online marketing, seperti e-mail, e-business, e-gov, e-society, e-banking, e-money, e-wallet, dan sebagainya. 


8 Kategori Besar Online Marketing, yaitu:

1. Search Engine Optimization atau SEO.

Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari wajib dilakukan oleh digital marketer, untuk membantu mesin pencari memahami content yang anda buat, dan membuat rangking untuk menampilkan content tersebut di halaman hasil pencarian mesin pencari atau SERP. 

2. Search Engine Marketing atau SEM. 

Search Engine Marketing atau pemasaran mesin pencari dalam hal ini adalah Google Search, adalah cara memasarkan produk, layanan, atau website dengan menggunakan trafik berbayar atau iklan Google Ads. 

3. Content Marketing, sudah dibahas diatas.

4. Social Media Marketing atau SMM. 

Social media marketing atau pemasaran media sosial adalah pemasaran yang menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya untuk memasarkan produk atau layanan. 

Penggunaan media sosial untuk pemasaran sudah menjadi kebutuhan pemasaran, baik secara berbayar maupun yang gratis. 

5. Pay Per Click atau PPC. 

Pay per click adalah salah satu metode biaya pemasangan iklan Google Ads, dimana pengiklan hanya membayar jika iklan yang dimuat Google Ads diklik oleh pengunjung suatu situs Web. 

Metode PPC memiliki kelebihan untuk penghematan anggaran biaya iklan, sedangkan kelemahannya adalah pengunjung internet jarang sekali mengklik iklan jika mengunjungi suatu situs web.

6. Affiliate Marketing. 

Affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah metode kerjasama dalam memasarkan suatu produk yang dijual secara online oleh suatu bisnis seperti marketplace. 

Untuk bergabung menjadi partner atau bertindak sebagai perantara bisnis, anda harus mendaftarkan diri, lalu anda akan mendapatkan link khusus untuk memasarkan produk, dan dengan cara menempatkan link tertentu di blog, website, Twitter, atau Facebok anda. 

Link tersebut bersifat unik, dan anda akan mendapatkan komisi penjualan jika ada pengunjung yang membeli produk menggunakan link anda, atau melakukan pendaftaran, atau mengklik link anda

7. Email Marketing. 

Email Marketing atau pemasaran email adalah teknik online marketing yang sudah lama digunakan dan termasuk yang terbaik dan murah, akan tetapi menghasilkan tingkat ROI yang tinggi.

Email Marketing akan dilanjutkan dengan pengiriman Email Remarketing untuk menargetkan prospek yang telah mengunjungi website anda, dan telah melakukan tindakan yang anda inginkan seperti memberi alamat email, berlangganan newsletter, dan sebagainya.

Dengan demikian anda telah mengirimkan email kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat, sehingga peluang mendapatkan konversi lebih tinggi.

8. Native Advertising

Ini adalah bentuk Konten bersponsor dimana suatu bisnis memposting kontennya di website lain. Informasinya biasanya sangat bertarget, dan diposisikan sebagai konten yang penting.

Iklan native dibuat semirip mungkin dengan konten yang terdapat pada suatu situs web, sehingga tidak mengganggu pengalaman pengguna.


Beberapa Online Marketing Tools 

  • Canva
  • Google Ads. 
  • Hootsuite
  • Mailchimp
  • Unplash
  • Google Analytics 
  • Facebook Ads. 
  • Facebook pixels
  • Trello
  • Twitter Ads. 
  • Dan lainnya 

Dengan memahami apa itu content marketing, digital marketing, dan online marketing, diharapkan anda akan dapat mencapai tujuan dan target bisnis yang anda jalankan.


Demikian artikel tentang Content Marketing, Digital marketing, dan Online marketing, semoga bermanfaat.... 

0 Response to "Content Marketing, Media Digital Marketing, Ringkasan Untuk Pemula"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...