apa yang kamu ketahui tentang bitcoin, bitcoin cash, bitcoin wallet - Jati882

apa yang kamu ketahui tentang bitcoin, bitcoin cash, bitcoin wallet

Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto (nama samaran) pada tahun 2009).



Bitcoin

Bitcoin 

Mata uang kripto ini digunakan dalam dunia maya dengan menggunakan jaringan internet tanpa melalui atau menggunakan perantara Bank.

Bitcoin menggunakan penyimpanan peer to peer, dan menggunakan database yang didistribusikan dari jaringan P2P ke jurnal transaksi dengan menggunakan kriptografi.

Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. 

Bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dengan format file wallet, atau disimpan di service wallet milik pihak ketiga, dapat dikirim ke siapa saja yang memiliki alamat Bitcoin melalui internet.

Pemerintah Amerika Serikat menyebut mata uang kripto ini sebagai mata yang terdesentrilisasi, dan melegalkannya pada tahun 2014. 

Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sudah dapat diperdagangkan di Bursa Komoditas Indonesia berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas atau Bappebti Nomor 5, tanggal 8 Februari 2009.

Peraturan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia nomor 99, bulan September tahun 2018 yang berisi tentang ketentuan pasar fisik uang kripto di Bursa Berjangka.

Sejak saat itu Bitcoin dan mata uang kripto lainnya yang disebut dengan "Aset Kripto" dikategorikan sebagai sebuah Komoditas, dan dapat diperdagangkan di Bursa Komoditas Indonesia

Di Indonesia saat ini Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sudah dapat diperdagangkan secara online oleh perusahaan cripto exchange, dan menjadi tempat penukaran mata uang ini dengan beragam fitur.

Perusahaan-perusahaan cripto exchange ada juga yang menyediakan  jasa Bitcoin Wallet yang fungsinya seperti rekening bank, dan dapat digunakan untuk menerima uang kripto, menyimpan, dan mengirim kepada orang lain.

Akan tetapi Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan tetap saja melarang penggunaan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya untuk dijadikan alat pembayaran di Indonesia, dan bukan merupakan produk industri keuangan.

Pemerintah Indonesia menyatakan Bitcoin dan mata uang virtual lainnya bukan merupakan alat pembayaran yang sah, dan tidak akan menanggung resiko kerugian akibat dari kepemilikan dan penggunaan mata uang ini oleh masyarakat.

Beberapa negara melarang mata uang kripto ini seperti Thailand, sedangkan Jerman melegalkan, dan negara lain membatasi penggunaan dan membatasi perdagangan Bitcoin seperti China.

Cara Memulai Bisnis Bitcoin

1. Mendaftarkan diri ke salah situs perdagangan mata uang kripto dan lainnya termasuk Bitcoin dengan menggunakan alamat email anda. 

Anda akan mendapat email balasan untuk melakukan verifikasi melalui link yang dilampirkan dalam email yang anda terima. 

Kemudian anda diminta membuat password dan jangan lupa catat password dan identifier anda, sebab situs tidak menyimpan password anda. 

Login ke Situs Perdagangan Bitcoin dengan password tadi. 

Anda akan menemukan alamat akun Bitcoin anda di dashboard dengan jumlah kombinasi angka dan huruf sebanyak 33 karakter. 

2. Membeli Bitcoin untuk pertama kali, anda dapat membeli uang kripto di salah satu perusahaan perdagangan aset kripto. 

Sebelum mendapatkan Bitcoin anda harus mengisi formulir permohonan yang kemudian akan diproses oleh perusahaan,  setelah itu barulah anda akan mendapatkan Bitcoin sebanyak yang disetujui perusahaan. 

Pada saat pembelian Bitcoin anda akan dikenakan biaya transaksi sekitar 0,3%

Prinsipnya sama seperti jika bermain saham, yaitu Buy low, Sell high atau beli pada saat harga rendah dan jual pada saat harga tinggi. 

Berikut adalah Nama Perusahaan Uang Kripto. 

Indodax

Indodax adalah marketplace jual beli mata uang kripto atau asset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan lainnya, dengan 1,9 juta member yang tetverifikasi. 

Indodax mulai beroperasi tahun 2014. Awalnya bernama Bitcoin Indonesia. Secara hukum Indodax berada di bawah PT Bitcoin Indonesia, dengan CEO Oscar Darmawan dan perputaran uang mencapai 100 miliar per harinya. 


Rekeningku.com

Rekeningku.com  beroperasi pada tahun 2017 di bawah naungan PT. Rekeningku Dotcom Indonesia, dengan Sumardi sebagai CEO. 

Sumardi mengatakan saat ini memiliki sebanyak 120.000 investor, dengan transaksi harian berkisar Rp 10 miliar hingga Rp 12 miliar per hari.

Rekeningku.com saat ini melakukan jual beli delapan macam koin yaitu Bitcoin, Bitcoin Cash, Bitcoin Gold, Ethreum, Litecoin,Omisego, Ripple, Ana Coin dan BBX Coin.


Coinone.co.id

Coinone adalah pendatang baru dari Korea Selatan, dan merupakan perusahaan exchange kripto terbesar ketiga, beroperasi resmi di Indonesia dengan nama Coinone Indonesia. 

Coinone sudah meluncurkan platform jual beli kripto dengan nama Coinone Indonesia (coinone.co.id).

Sebagai langkah awal, mereka juga sudah mulai membuka pre-registrasi, dan saat ini sudah ada sekitar 50.000 users.

Coinene Indonesia menjadi perantara jual beli beberapa kripto seperti Bitcoin, Bitcoin Cash, Litecoin dan Qtum. 

Sedangkan beberapa kripto juga akan menyusul yaitu Ethereum, Ethereum Classic dan Altcoin.


Bitcoin Wallet 

Jika anda memiliki sejumlah uang kripto Bitcoin, anda dapat menyimpan secara online dan secara offline. 

Untuk menyimpan Bitcoin secara online, anda dapat menggunakan Web Wallet atau Software Wallet. 

1. Web Wallet menggunakan perusahaan jasa penyedia web wallet, dan dengan menggunakan jaringan internet untuk mengakses. 

2. Software Wallet, yaitu dengan cara mendownload Software ke komputer pribadi anda seperti mendownload aplikasi pada umumnya. 

Untuk penyimpanan Bitcoin secara offline anda memilih salah satu cara, yaitu :

1. Hardware Wallet, yaitu penyimpanan Bitcoin yang menggunakan perangkat keras  USB. 

2. Paper Wallet, yaitu penyimpanan Bitcoin yang menggunakan kertas. 

Masing-masing cara menyimpan Bitcoin secara online dan offline memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk penyimpanan uang kripto Bitcoin secara online ada resiko dihack, sedangkan untuk penyimpanan secara offline bisa rusak. 

Adapun perusahaan yang menyediakan jasa penyimpanan uang kripto Bitcoin secara online yaitu Blockchain.info dan Coinbase.co.id.


Bitcoin Cash

Bitcoin Cash adalah mata uang kripto yang merupakan cabang dari Bitcoin. Bitcoin Cash adalah spin-off atau altcoin yang dibuat pada tahun 2017.

Pada tahun 2018 Bitcoin Cash kemudian dipecah menjadi dua mata uang kripto: Bitcoin Cash dan Bitcoin SV. Bitcoin Cash terkadang juga disebut sebagai Bcash.

(Wikipedia) 

Bitcoin cash


Dikutip dari laman resminya Bitcoin Cash adalah uang tunai elektronik peer-to-peer, dan merupakan mata uang kripto tanpa izin yang terdesentralisasi, tidak memerlukan pihak ketiga, dan tidak ada bank sentral. 

Bitcoin Cash diciptakan karena transaksi Bitcoin sudah terlalu mahal, dan pernah menembus harga $US 10.0000 per koin atau sekitar Rp. 152.000.000,-.

Bitcoin


Bitcoin Cash (BCH) adalah hasil dari Hardfork Bitcoin yang tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah skalabilitas melalui penggunaan blok yang lebih besar. 

Dengan memiliki Bitcoin Cash, anda dapat mengirim uang kepada siapa pun, di mana pun di dunia, 24 jam sehari, 365 hari setahun, dan tidak membutuhkan izin atau persetujuan siapa pun.


Diolah dari beberapa sumber.



0 Response to "apa yang kamu ketahui tentang bitcoin, bitcoin cash, bitcoin wallet"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...