Strategi Pemasaran 4P, 7P, Perusahaan Jasa

Strategi Pemasaran 4P atau Marketing Mix 4P Adalah Bauran Pemasaran Yang terdiri Dari Product, Price, Place, dan Promotion, dan Ditambah People, Process, Physical Evidence Menjadi Marketing Mix 7P.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

4p


Strategi Pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan mencapai sasaran-sasarannya.

Strategi Pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

Strategi Pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. (Wikipedia)


Strategi Pemasaran menurut pendapat para ahli. 

Menurut Kotler, Strategi Pemasaran adalah cara dimana fungsi pemasaran mengatur kegiatannya, untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam penjualan pada tingkat bauran pemasaran.

Menurut Stanton, Strategi Pemasaran adalah suatu sistem dimana terdapat hubungan antara tujuan perencanaan dan penentuan harga, dengan bagaimana mempromosikan dan menyalurkan atau mendistribusikan produk, baik itu barang atau jasa kepada konsumen.

Menurut Tjiptono, Strategi Pemasaran adalah sebuah alat yang fundamental, yang didesain untuk mencapai tujuan perusahaan, dengan mengembangkan daya saing yang unggul dan berkesinambungan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi sasaran target bagi usaha tersebut.

Tujuan Pemasaran 

  • Profitabilitas barang atau pasar
  • Pertumbuhan penjualan
  • Pengembangan market share
  • Pemimpin pasar
  • Produktifitas

Lingkungan Pemasaran

  • Internal, yaitu usaha-usaha pemasaran dan non pemasaran
  • Eksternal, yaitu kondisi ekonomi, demografi, pesaing, teknologi, sosial, budaya, dan pemerintah

Strategi Pemasaran 4P

Bauran Pemasaran menurut Kotler dan Amstrong adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, yakni produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion) yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam target pasar.

Model Pemasaran 4P atau Marketing Mix 4P terdiri dari empat elemen pertama kali dipopulerkan pada tahun 1968 oleh Jerome McCarthy.

Kemudian pada tahun 1981 Booms & Bitner menambahkan tiga elemen bauran pemasaran 4P menjadi 7P, dalam konteks perusahaan jasa, yaitu :

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • People
  • Process
  • Physical Evidence


Strategi Pemasaran 4P

1. Product atau Produk

Dalam pemasaran, produk adalah apapun yang dapat ditawarkan ke sebuah pasar dan dapat memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan.

Produk mengacu pada apa yang ditawarkan bisnis untuk dijual, yaitu produk dan layanan.

Produk mengacu kepada barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen, yaitu :

  • Desain produk
  • Fitur Produk
  • Kualitas produk
  • Manfaat Produk
  • Gaya Produk
  • Branding 
  • Kemasan dan Label
  • Layanan
  • Jaminan
  • Siklus Hidup Produk
  • Investasi
  • Pengembalian

Strategi Pengembangan Baru menurut Booz, Allen, dan Hamilton

  • Penemu dan pelopor barang baru
  • Memepertahankan pasar
  • Mengarah pasar yang belum dikuasai
  • Mengisi kesempatan pasar yang masih kosong
  • Pemanfaatan kemajuan teknologi
  • Pengembangan kekuatan distribusi
Strategi Lainnya atau Strategi alternatif
  • Membuat barang eksklusif, membuat barang model baru
  • Membuat barang untuk segmen khusus
  • Membuat barang yang lebih sederhana untuk kelas ekonomi
  • Memperbaiki kemasan
  • Menambah merk barang
  • Menambahkan pelayanan, kualitas layanan, dan jaminan kepuasan


2. Price atau Harga

Harga adalah suatu nilai tukar yang dapat disamakan dengan uang atau barang lain, untuk manfaat yang diperoleh dari barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok, pada saat atau waktu tertentu dan tempat tertentu.

Harga adalah variabel yang peka dan strategi yang digunakan umumnya adalah :

  1. Harga Premium, yaitu harga ditetapkan pada kemampuan pembeli setinggi-tinginya apabila persaingan tidak ketat dan permintaan pasar cukup tinggi.
  2. Harga Penetrasi, yaitu harga ditetapkan pada tingkat terendah yang dapat diterima pembeli apabila persaingan cukup ketat dan konsumen peka terhadap harga.

Hal-hal yang termasuk dalam strategi harga adalah :

  • Penetapan Harga Jual
  • Harga Diskon
  • Penawaran Khusus
  • Potongan Harga
  • Ketentuan Pembayaran
Penetapan harga jual cenderung lebih mudah pada tahap perkenalan barang, kecuali pada situasi pasar monopolistik dan oligopolistik.



3. Place atau Distribusi

Tempat mengacu pada lokasi fisik tempat melakukan bisnis atau saluran distribusi yang digunakan untuk menjangkau pasar.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam saluran distribusi adalah :

1. Produsen
2. Perantara (pedagang dan agen)
3. Konsumen akhir atau pemakai industri.

Saluran distribusi adalah suatu struktur yang menunjukkan alternatif saluran yang dapat dipilih dan menunjukkan situasi yang berbeda oleh berbagai macam perusahaan seperti Produsen, Pedagang besar, dan Pengecer.

Distribusi yang baik adalah kunci utama pada strategi pengenalan barang baru, untuk memberikan kemudahan kepada pembeli untuk mendapatkan barang.

Strategi Distibusi Barang
  • Mendorong barang melalui berbagai macam saluran distribusi
  • Meningkatkan pelayanan dan kecepatan pendistribusian barang
  • Mencari Distributor, Dealer, Pemasok yang lebih murah dan kompetitif



4. Promotion atau Promosi

Promosi mengacu pada komunikasi pemasaran yang digunakan untuk membuat penawaran diketahui pelanggan potensial, dan membujuk mereka menyelidikinya lebih lanjut.

Promosi merupakan komponen yang digunakan untuk memberitahukan dan memengaruhi pasar bagi produk perusahaan seperti periklanan, personal selling, promosi penjualan, public relation, dan publikasi.

Promosi yang   paling utama adalah periklanan untuk membangun minat terhadap barang, dan promosi penjualan untuk mengembangkan minat dan meyakinkan calon pembeli untuk mencoba barang. 

Pada tahap perkenalan barang, promosi diarahkan pada penciptaan permintaan primer. Sedangkan pada tahap pertumbuhan barang, strategi diarahkan pada peningkatan permintaan sekunder.

Strategi komunikasi pemasaran terdiri dari :

  • Memperluas jaringan periklanan
  • Mengintensifkan usaha penjualan, memperluas pasar, dan membangun jaringan distribusi
  • Pengembangan barang dan hal-hal yang melekat seperti kemasan, fitur, variasi, dan sebagainya.
  • Peningkatan personal selling dan promosi penjualan
  • Menggunakan digital marketing

5. People atau Orang

Yaitu faktor orang atau manusia yang berpartisipasi dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, dan mewakili nilai-nilai yang dimiliki perusahaan, dan termasuk interaksi antar karyawan, serta interaksi antar pelanggan.

Orang disini adalah karyawan atau petugas yang memberikan pelayanan, dan seberapa baik mereka memberikan pelayanan kepada konsumen atau pelanggan.


Perusahaan sangat bergantung kepada orang-orang yang menjalankan bisnisnya, dari mulai staf penjualan terdepan hingga Direktur pemasaran.

Memilih dan menempatkan orang yang tepat merupakan suatu keharusan untuk produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.


6. Process atau Proses

Yang termasuk dalam proses yaitu prosedur, mekanisme, dan aliran aktivitas layanan.

Perusahaan harus memiliki standart operating procedure, mekanisme kerja yang baik dan dapat diandalkan, aliran aktivitas yang standar dan baku, serta memiliki quality assurance untuk menjamin mutu layanan.


7. Physical Evidence atau Bukti Fisik

Bukti fisik seperti kantor, tempat, ruangan, interior, peralatan, perlengkapan, printer, alat tulis, website, dan semua yang berkaitan dengan interaksi dengan pelanggan.


Disusun dari beberapa sumber, semoga bermanfaat...

0 Response to "Strategi Pemasaran 4P, 7P, Perusahaan Jasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...