Seo Off page Blogspot, Cara Mendapat Backlink Gratis Berkualitas Dan Trafik

Seo Off page adalah teknik atau cara mengoptimalkan halaman situs web diluar website, diantaranya dengan melakukan Link Building. 

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

Backlink


Search Engine Optimation Off page atau Seo Off page adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan atau trafik ke website atau blog anda, dan dilakukan di luar website atau blog anda yang akan dioptimalkan.

Salah satu cara atau teknik optimasi diluar web atau seo off page yang banyak dilakukan adalah dengan menggunakan teknik link building atau menggunakan backlink atau tautan balik. 

Link Building adalah teknik atau cara untuk mendapatkan backlinks atau tautan balik dari website lain yang ditujukan ke website atau blog anda.

Backlinks yang berkualitas yang anda butuhkan untuk ditautkan ke website atau blog anda harus memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Backlink yang berasal dari website yang sudah terpercaya. 
  • Mempunyai konten yang dengan relevan dengan konten blog anda. 
  • Dilakukan secara natural, yaitu orang lain menautkan link website anda secara suka rela dikarenakan konten anda bermutu dan berguna untuk dijadikan referensi. 

Backlink merupakan salah satu faktor yang digunakan mesin telusur seperti Google membuat dan menyusun ranking suatu situs website. 

Backlink sangat berperan penting dalam optimasi diluar website atau seo off page . Semakin kompetitif kueri penelusuran, semakin besar pentingnya tautan dibandingkan dengan faktor lain.

Semakin banyak jumlah link yang berkualitas yang menuju website atau blog anda, semakin baik untuk mesin telusur membuat ranking website anda. 

Saya kutip dari Wikipedia, Pranala balik, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan backlink, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. 

Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web, atau domain tingkat atas) dari node web lain. 


Backlink adalah salah satu faktor yang menjadi faktor penentu, yang akan dievaluasi Google, mengenai seberapa penting sebuah halaman website dapat berada di posisi halaman pertama hasil pencarian Google SERP atau Search Engine Result Page. 

Manfaat lain yang akan anda dapatkan dari backlink adalah mendatangkan arus trafik kunjungan menuju website atau blog anda, dan cepat atau lambat akan meningkatkan popularitas, serta ranking website anda di mata Google. 

Apabila arus trafik kunjungan menuju website atau blog anda meningkat, maka Domain Authority website atau blog anda akan ikut meningkat pula.

Semakin tinggi skor Domain Authority website anda, semakin mudah bagi situs web atau blog anda tampil di Halaman utama mesin pencari seperti Google. 

Cara terbaik agar situs web lain mau membuat tautan yang relevan dan berkualitas tinggi ke situs web anda adalah dengan membuat konten yang berkualitas, unik dan relevan, akan dapat menempati halaman satu Google serp, yang secara alami akan dapat memperoleh popularitas situs web atau blog anda di komunitas internet.

Dengan menulis konten atau menulis artikel dengan seo yang baik, unik, orisinal, dan bermanfaat bagi orang lain, peluang artikel atau konten dijadikan referensi dan mendapatkan backlink terbuka luas. 

Manfaat menggunakan backlink untuk situs web, diantaranya :

  • Meningkatkan otoritas website anda di mata mesin pencari dan pengguna. 
  • Sebagai sumber trafik untuk website anda. 
  • Membangun brand anda, agar lebih dikenal dan mudah ditemukan pelanggan atau customer anda. 

Pembahasan backlink pada artikel ini, saya hanya fokus pada teknik atau cara mendapatkan backlink yang mudah dan sudah saya lakukan, yaitu dengan cara membuat akun dan memposting artikel di media atau platform berikut ini :

1. Membuat Fans Page atau Halaman Facebook. 

Halaman Facebook adalah salah satu saluran bisnis yang populer. Halaman Facebook dapat anda gunakan untuk membuat konten, promosi, dan berjualan, dengan cara gratis dan juga berbayar. 

Sampai saat saya sudah membuat Fans page atau halaman  Facebook lebih dari sepuluh untuk saya gunakan membuat atau memposting konten atau artikel. 

Dengan cara demikian saya dapat menempatkan link dari blog saya di setiap fans page tersebut sebagai salah satu sumber trafik, diantaranya :
  • @ jati882
  • @ jati882.1
  • @ jati882.2
  • @ jati882.3
  • @ jati882.4
  • @ jati882.5
  • @ jati882.6
  • @ jati882.fp
  • @jati882.fpblog
  • @jatiherbal

Facebook

Keuntungan yang diperoleh dengan membuat fans page atau Halaman Facebook diantaranya adalah :
  • Mempromosikan produk atau Layanan baik gratis maupun berbayar 
  • Membangun Brand 
  • Memposting tulisan atau artikel
  • Mendapatkan Follower
  • Mendapatkan Like dari Follower dan pengguna Facebook 

Keuntungan lain dengan membuat Fans page Facebook adalah halaman Facebook anda akan muncul di halaman Google Serp seperti yang terlihat di bawah ini :

Fans Page


2. Membuat akun Twitter. 

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring atau online yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, akan tetapi pada tanggal 07 November 2017 bertambah hingga 280 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan. (Wikipedia) 

Twitter merupakan salah satu platform media sosial paling populer dan paling aktif.

Dengan memiliki satu miliar pengguna terdaftar dan lebih dari 386 juta pengguna aktif, Twitter telah menjadi salah satu platform terbaik untuk membangun dan terhubung dengan banyak pengguna.

Twitter memberikan kesempatan untuk memperluas jangkauan anda, dan mempromosikan produk atau layanan anda, meningkatkan pengaruh sosial anda, dan mendapatkan trafik ke blog anda.

Namun, untuk membuka potensi penuh platform ini, dan memaksimalkan manfaatnya yang tidak terbatas, anda harus mengembangkan basis pengikut aktif yang mempercayai anda.  

Dengan memiliki akun di Twitter saya dapat membuat twit atau kicauan, dan dapat membagikan konten dan link blog saya. 

Jika situs web anda merupakan website bisnis, anda dapat mengiklankan bisnis anda di Twitter untuk meningkatkan trafik dan konversi. 

Twitter


Seperti di fans page Facebok, link artikel blog saya di Twitter dan Kompasiana muncul di halaman Google Serp. 

Twitter


3. Membuat akun di Pinterest. 

Saya menggunakan Pinterest untuk membuat pin dan membagikan konten, mendapat pengikut, dan mendapatkan trafik kunjungan ke website anda. 

Pinterest adalah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Misalnya kategori 'food and drink' di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman. (Wikipedia) 


Pinterest


4. Membuat akun di platform LinkedIn. 

LinkedIn adalah sebuah platform jaringan sosial yang banyak digunakan para profesional untuk membangun koneksi, mencari peluang bisnis, dan lowongan kerja.

Saya menggunakan LinkedIn untuk membagikan artikel blog, untuk membangun relasi bisnis atau koneksi, dan untuk mendapatkan trafik dengan cara menempatkan link blog saya saja.

Linkedin


5. Membuat akun di Medium untuk memposting artikel dan membagikan link artikel blog.

Medium adalah platform online publishing yang dirilis pada tanggal 15 Agustus 2012 oleh Co-Founder Twitter, Evan Williams. 

Medium adalah platform untuk membuat artikel atau tulisan dan untuk membaca berbagai macam artikel atau tulisan yang hampir seluruhnya ditulis dalam bahasa Inggris. 

Di platform Medium orang dapat membaca berbagai artikel yang ditulis oleh orang dari berbagai belahan dunia secara berbayar tanpa terganggu oleh iklan. 

Medium


Selain membagikan link artikel blog, saya juga memposting ulang artikel blog saya di akun Medium saya, agar supaya mendapatkan follower, trafik, dan backlink yang menuju ke blog saya. 


Medium


6. Membuat akun di blog Kompasiana. 

Saya juga menggunakan Kompasiana untuk memposting artikel atau tulisan dan untuk mendapatkan poin, like, trafik dan follower. 

Kompasiana merupakan platform blog terbuka untuk umum milik Kompas grup, yang dapat digunakan para penulis untuk mempublikasikan artikel atau tulisannya.

Untuk dapat menulis artikel di Kompasiana, anda harus melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu sebagai syarat untuk bisa menulis di di platform tersebut. 
 

Keuntungan lain dengan memposting artikel di Kompasiana, artikel anda dapat muncul di halaman Google Serp. 


Kompasiana



7. Membuat akun di Quora.

Quora adalah platform Tanya Jawab dan berbagi pengetahuan, untuk membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh member. 

Jawablah pertanyaan yang diajukan oleh member Quora dengan jawaban yang relevan dengan pertanyaan, dan sisipkan link artikel atau link blog anda pada jawaban yang anda tulis. 

Quora


8. Membuat akun di YouTube. 

YouTube merupakan sebuah situs web yang dirancang untuk berbagi video. Jutaan pengguna dari seluruh dunia telah membuat akun youtube sehingga mereka bisa mulai upload video agar dapat ditonton pengguna di seluruh dunia.

Bahkan data bulan mei 2019 setiap menitnya jumlah durasi video yang diupload di situs tersebut sekitar 500 jam. (Wikipedia) 

Dengan membuat akun channel di YouTube saya dapat memposting konten blog saya dalam format video dan memiliki tautan di YouTube.

Akun atau channel YouTube yang aktif akan membantu website anda mendapatkan trafik dan dikunjungi atau di rayapi oleh mesin pencari Google. 

YouTube


Kedelapan platform tersebut diatas semua memiliki Domain Authority yang tinggi, sehingga backlink yang berasal dari delapan website atau platform tersebut merupakan backlink yang berkualitas. 

Selain dari delapan platform tersebut diatas, saya juga membagikan dan menautkan link atau memposting artikel blog di Tumbler, Mix, Google Bookmark, dan Instagram. 

Untuk memposting artikel maupun membagikan link artikel blog anda ke media tersebut diatas dan ke media sosial lainnya, terlebih dahulu anda perhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Artikel blog anda sudah diindeks oleh Google 
  • Artikel sudah mempunyai page view yang cukup banyak, setidaknya 100
  • Artikel blog anda sudah menempati posisi halaman 1, 2, atau 3 Google Serp. 
  • Tuliskan link blog anda di setiap artikel. 

9. Membuat akun di platform about.me 

Saya menggunakan platform about.me untuk membuat profil pribadi, dengan menambahkan informasi seperti minat, hobi, tujuan membuat akun about.me, dan sebagainya, dan menempatkan link blog saya. 

Kemudian link akun about.me yang sudah tertaut ke blog saya tersebut saya share ke media sosial seperti Facebok, grup Whatsapp, dan sebagainya untuk mendapat trafik menuju blog saya. 

About.me adalah platform online yang memungkinkan pengguna membuat halaman yang dikurasi untuk tujuan ekspresi diri.

Anda dapat juga menggunakan versi Pro agar dapat menggunakan fitur-fitur lainnya seperti mengupload foto dan video, menautkan link web bisnis anda, dan lainnya. 


about.me


10. Membuat beberapa blog lainnya sebagai blog pendukung (dummy), untuk mendukung dan dijadikan sumber trafik atau backlink yang menuju ke blog utama. 

Menurut pengalaman saya, sebelum anda membuat blog utama sebaiknya anda membuat blog pendukung terlebih dahulu agar Domain Authority cukup tinggi untuk menjadi blog sumber yang memberikan backling. 

Sumber Backlink lainnya berasal dari beberapa situs web yang menautkan link blog saya di dalam konten yang mereka buat, dan ada pula yang berasal dari blog orang lain yang memposting ulang artikel saya. 

Dan hanya menggunakan backlink atau tautan balik seperti teknik atau cara diatas dan seo on-page, artikel ini bisa menempati posisi halaman utama Google SERP. 


Seo off-page

Seo off-page

Demikian artikel dengan judul Seo Off page Blogspot, Cara Mendapat Backlink Gratis Berkualitas Dan Trafik ini saya buat berdasarkan pengalaman, dan pengetahuan saya tentang backlink yang masih terbatas.

Semoga artikel ini bermanfaat.... 

0 Response to "Seo Off page Blogspot, Cara Mendapat Backlink Gratis Berkualitas Dan Trafik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...