Non Profit Marketing Tools, Untuk Organisasi Sosial Anda - Jati882

Non Profit Marketing Tools, Untuk Organisasi Sosial Anda

Penerapan Non Profit Marketing Pada Organisasi Sosial Yang Berguna Untuk Penggalangan Dana.



non profit marketing tools


Non Profit Marketing untuk organisasi yang bergerak di bidang kegiatan Sosial saat ini sudah banyak dilakukan di dunia maya dengan menggunakan teknologi digital. 

Tujuan Organisasi nirlaba melakukan pemasaran bukan untuk tujuan mencari laba atau Non Profit Marketing, akan tetapi untuk menghimpun dana dari donatur dan masyarakat agar dapat melakukan program kegiatan sosial mereka. 

Beberapa organisasi nirlaba sudah berhasil menghimpun dana-dana dari donatur dan masyarakat dalam jumlah besar dan mendistribusikan dan yang mereka himpun melalui Non profit marketing. 

Organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang memiliki sasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal di dalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak komersial, tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba (moneter).

Organisasi nirlaba meliputi gereja, sekolah negeri, derma publik, rumah sakit dan klinik publik, organisasi politik, bantuan masyarakat dalam hal perundang-undangan, organisasi jasa sukarelawan, serikat buruh, asosiasi profesional, institut riset, museum, dan beberapa para petugas pemerintah. (Wikipedia)

Konsep inti dari Marketing adalah pertukaran yang melibatkan dua pihak atau lebih, dilakukan dengan sukarela dan sepakat untuk memasuki persetujuan dagang, yang menghasilkan transaksi pasar dan transaksi non pasar.

Konsep, prinsip, strategi, dan fungsi Marketing, serta kegiatan manajemen organisasi profit pada dasarnya dapat juga digunakan untuk non profit marketing organisasi nirlaba dalam menjalankan segala kegiatannya.

Akan tetapi, terkadang mengelola suatu organisasi nirlaba dan menjalankan non profit marketing relatif lebih sulit jika dibandingkan dengan mengelola suatu organisasi profit.

Hal ini umumnya dikarenakan untuk melakukan pekerjaan sosial adalah panggilan hati nurani, dan tidak semua orang terpanggil untuk melakukan pekerjaan ini.

Organisasi profit jelas struktur organisasi, susunan pemegang sahamnya, dewan direksi, manajer dan staf operasi yang menjalankan roda perusahaan, jelas sumber pendapatannya, standar gaji, jam kerja, jaminan sosial, peraturan ketenagakerjaan, dan sebagainya.

Sebaliknya organisasi non profit biasanya tidak jelas struktur organisasi siapa pemiliknya, sumber penghasilannya, siapa pelaksananya, bagaimana cara kerjanya, dan sebagainya.

Non Profit Marketing tidak bertujuan mencari laba, akan tetapi mempunyai tujuan melakukan perbaikan sosial, meningkatkan mutu dan kualitas hidup menuju tingkat kehidupan yang lebih baik, berupaya mengurangi kesenjangan sosial, dan mengkampanyekan lingkungan hidup yang sehat, atau sering juga disebut juga dengan Marketing Sosial.

Menurut Philip Kotler, Marketing Sosial adalah desain, implementasi, dan pengendalian program untuk dapat pengakuan dari kelompok yang dituju tentang ide, masalah, atau praktek sosial.

Non profit marketing memerlukan keahlian seperti organisasi profit, yaitu melakukan fungsi-fungsi Manajemen pemasaran, komunikasi pemasaran, analisa pasar, segmentasi pasar, diferensiasi produk, penetapan harga, dan sebagainya.

Dalam menjalankan fungsi-fungsi Marketing, organisasi non profit juga harus menyesuaikan perkembangan zaman dengan menggunakan digital marketing untuk menyampaikan pesan kepada audiensnya, dalam hal ini para donatur.

Pesan-pesan yang akan disampaikan kepada audiens atau kepada para donatur juga harus menggunakan strategi digital marketing seperti :

A. Menggunakan website atau Landing page untuk memudahkan calon donatur mengetahui pengurus lembaga amal atau kegiatan sosial yang anda naungi, apa saja program yang sedang  dilakukan, berapa besar kebutuhan dana yang diperlukan, kontak yang dapat dihubungi, nomor telepon organisasi, alamat organisasi, nomor rekening bank, dan sebagainya.

B. Menggunakan email autoresponder untuk melakukan pemasaran sosial dengan target audiens yang sudah ada dalam daftar email anda, agar anda tidak dianggap menyebarkan spam jika mengirim email dalam jumlah besar oleh platform email seperti Google, Yahoo, dan lainnya.

C. Menggunakan platform media sosial seperti Grup Facebook, Grup Whatsapp, Instagram, Twitter, dan sebagainya, untuk kampanye penggalangan dana dan menjaring calon donatur baru.

Anda juga dapat membuat fans page di Facebook untuk mempromosikan lembaga amal, Yayasan, Komunitas sosial, atau kegiatan bakti sosial, untuk mendapatkan dukungan dari teman dan pengguna Facebook lainnya.

D. Menggunakan Google Bisnisku dan Google map untuk memudahkan para donatur menemukan lokasi anda ketika melakukan pencarian di Internet, dan mendapatkan informasi tentang lembaga amal, Yayasan, Komunitas sosial, atau kegiatan bakti sosial,  dan sebagainya.

Tentukan titik lokasi dan berikan keterangan lokasi, dan tambahkan foto, video, alamat, kontak person, serta nomor telepon yang dapat dihubungi oleh masyarakat dan para calon donatur.

E. Menggunakan iklan online untuk mempromosikan organisasi non profit seperti anda Yayasan, Komunitas sosial, agar dapat menjangkau audiens atau donatur lebih luas lagi.

Google ads. menawarkan akun Iklan dengan batasan bantuan bulanan $ 10.000 untuk semua organisasi nirlaba yang memenuhi syarat tanpa biaya.

Anda dapat memanfaatkan penawaran Google Ads. ini untuk melakukan Search engine marketing dengan menggunakan keyword tertentu agar situs lembaga amal sosial anda muncul di halaman satu Google SERP.

Non Profit Marketing Tools. 

1. Mailchimp
Aplikasi email autoresponder Mailchimp ini dapat digunakan untuk mengirim email dalam jumlah besar dalam waktu yang bersamaan untuk menjangkau audiens yang sudah masuk dalam daftar email anda.

Jika daftar email anda kurang dari 2.000 anda tidak dipungut bayaran alias gratis.

mailchimp


2. Hootsuite
Hootsuite terintegrasi dengan semua saluran media sosial besar, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Instagram. Anda dapat menautkan tiga akun media sosial melalui setiap paket gratis.

hootsuite


3. Facebook
Alat Penggalangan Dana Facebook dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam strategi penggalangan dana media sosial.

Aplikasi Penggalang dana Facebook untuk membantu anda dengan membuat penggalangan dana dengan halaman mereka sendiri mencari donasi.

Gunakan template Penggalangan Dana Facebook ini untuk memberi tahu pendukung anda cara mengaturnya dan menyediakan beberapa sumber daya untuk membantu mereka.

facebook


4. G Suite
G Suite untuk Organisasi Nirlaba menyediakan akses gratis untuk organisasi nirlaba untuk menggunakan domain situs web nirlaba anda termasuk Gmail, Documents, Kalender, dan Hangouts Meet untuk panggilan video, serta Google Drive, yang memungkinkan tim anda menulis, berbagi, mengedit, dan meninggalkan komentar atau umpan balik dalam dokumen, spreadsheet, presentasi dan file lain.

g suite


5. Sales Force
 The Salesforce Nirlaba Sukses Pack adalah aplikasi gratis manajemen hubungan pelanggan (CRM) untuk organisasi nirlaba.

Aplikasi ini  memiliki alat bawaan untuk membantu anda mengelola program, sumbangan, sukarelawan, dan pendukung di satu lokasi. Plus, itu terintegrasi dengan banyak alat lain, seperti situs web atau layanan email anda.

sales  force


Apabila organisasi non profit anda tidak mempunyai sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dalam melakukan digital marketing, anda dapat menggunakan situs-situs penggalangan dana seperti Kitabisa.com

kitabisa

Situs kitabisa.com ini sudah banyak digunakan untuk penggalangan dana, memberi donasi, dan untuk membayar zakat anda.

Untuk melakukan kampanye penggalangan dana dengan menggunakan situs ini anda harus mendaftarkan diri dan membuat akun di kitabisa.com

Berikut adalah langkah membuat halaman penggalangan dana untuk biaya pengobatan.


1. Login di akun kitabisa.com
2. Klik tombol Galang Dana
3. Pilih Bantuan Medis & Pengobatan
4. Isi data yang diminta sistem seperti
  • Untuk siapa penggalangan dana anda
  • Judul penggalangan dana
  • Link halaman penggalangan dana
  • Untuk apa dana tersebut akan digunakan 
  • Sampai kapan penggalangan dana akan berlangsung 
  • Nomor handphone yang dapat dihubungi 
  • Upload foto utama untuk penggalangan dana
  • Membuat deskripsi halaman penggalangan dana dengan menyebutkan nama, latar belakang dan hubungan anda dengan yang dibantu, kondisi orang tersebut, rencana penggunaan dana, ajakan donasi, dan email serta nomor kontak yang dapat dihubungi. 

Demikian artikel tentang Non Profit Marketing untuk Organisasi nirlaba, semoga bermanfaat...





0 Response to "Non Profit Marketing Tools, Untuk Organisasi Sosial Anda"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...