Marketing Tools Analysis, Untuk Dorong Bisnis Anda

Kegiatan Mengumpulkan Dan Mengukur Data Menggunakan Marketing Tools Analysis Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Anda.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

Marketing tools Analysis

Data pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 95,2 juta orang, dan pada tahun 2019 diproyeksikan sebanyak 107,2 orang. (Sumber : databoks.katadata.co.id)

Pengguna internet di Indonesia menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang, dan 95% dari jumlah tersebut  menggunakan Internet untuk mengakses jejaring media sosial seperti Facebok dan Twitter.

Data dari Webershandwick Indonesia menunjukkan sebagai berikut :
  • Pengguna Facebook aktif ada sekitar 65 juta orang. 
  • Pengguna Facebook aktif per harinya ada sebanyak 33 juta orang. 
  • Pengguna aktif yang menggunakan perangkat mobile ada 55 juta orang per bulannya. 
  • Pengguna aktif yang menggunakan perangkat mobile ada 28 juta orang per hari nya. 

Adapun pengguna Twitter di Indonesia berdasarkan data dari PT. Bakrie Telecom ada sebanyak 19,5 juta orang dari 500 juta pengguna Twitter di seluruh dunia. (Sumber : Kominfo.go.id)

Begitu besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia, sehingga peluang pebisnis untuk memasarkan produk atau layanan sangat terbuka luas, dan dengan dukungan data yang ada sebagai sumber informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Data adalah darah segar bagi para pebisnis dan pemasar untuk mengidentifikasi apa saja yang berfungsi dengan baik dalam kampanye pemasaran, mendiagnosis masalah potensial, dan memutuskan bidang mana yang menjadi fokus.

Untuk membantu para pebisnis dan pemasar menjalankan kampanye pemasaran yang lebih efektif, ada beberapa Marketing Tools Analysis yang dapat digunakan, seperti :

1. Google Analytics

Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. (Wikipedia) 

Alat analisis besutan Google ini dapat membantu anda para pemilik website memantau kinerja website anda dengan menyediakan data yang cukup lengkap dan mendetail.

Beberapa istilah yang terdapat dalam Google Analytics.
  1. Organisasi, yaitu pengelompokan beberapa produk dan metrik untuk diukur dalam satu folder.
  2. Akun, anda harus membuat minimal satu akun untuk dapat menggunakan data metrik Google Analytics.
  3. Properti, yaitu sebutan untuk objek yang dipantau oleh Google Analytics metriknya seperti website, aplikasi seluler atau perangkat, dan diberi tracking ID.
  4. Views, yaitu sebutan untuk data spesifik seperti trafik website, trafik iklan Google Ads. 
  5. Session, yaitu interaksi antara pengguna dengan halaman website anda dalam jangka waktu selama 30 menit.
  6. Bounce rate atau rasio pentalan yaitu jumlah pengunjung yang meninggalkan website anda dan hanya melihat satu halaman saja.

Dengan menggunakan alat gratis dari Google ini, anda dapat mengetahui tentang berbagai informasi tentang pengunjung situs web anda, seperti :
  • Jumlah pengunjung aktif pada sekarang atau real time dengan rinciannya. 
  • Lokasi pengunjung seperti kota dan negara dari seluruh belahan dunia. 
  • Perilaku pengunjung website anda, 
  • Bahasa-bahasa yang digunakan pengunjung website anda. 
  • Usia, Jenis kelamin, dan minat mereka. 
  • Keterlibatan sosial seperti dari mana datangnya dan bagaimana mereka berinteraksi dengan website anda. 
  • Teknologi yang pengunjung website anda gunakan seperti browser, sistem operasi, dan jaringan yang digunakan. 
  • Informasi pengunjung website anda yang menggunakan teknologi seluler. 
  • Sumber trafik seperti website, mesin pencari, kata kunci, dan perujuk lain yang mengirimkan trafik ke website anda. 
  • Kecepatan website anda. 
  • Konten teratas website anda. 
  • Pengunjung  website anda yang menyelesaikan konversi seperti membeli produk atau mendaftarkan diri  ke millis anda. 
  • Melihat jalur yang ditempuh pengguna anda menuju konversi sasaran. 
  • Ecommerce, yaitu menganalisis aktivitas pembelian di situs website atau aplikasi anda.
  • Corong Multisaluran
  • Pelaporan Real-Time
  • Pelaporan Alur pengunjung menelusuri situs website anda. 
  • Dan masih banyak lagi

Google Analytics

2. Google Ads Grader

Google Ads Grader adalah alat gratis dari Google untuk membantu pengiklan memahami kinerja kampanye iklan PPC mereka, dengan menggunakan bantuan algoritma pemeringkat, data pengeluaran iklan, angka mutu, peringkat, tayangan, dan variabel lainnya.

Alat analisis pemasaran ini membantu anda melakukan evaluasi akun iklan Google anda dengan menyajikan laporan terperinci yang menggambarkan kekuatan dan kelemahan akun anda berdasarkan sepuluh metrik utama, yaitu :
  1. Penggunaan kata kunci negatif yang menyebabkan pengeluaran yang terbuang.
  2. Angka mutu atau skor kualitas kampanye iklan anda.
  3. Pangsa tayangan iklan anda seperti seberapa sering iklan anda muncul.
  4. Rasio Klik Tayang atau RKT, yaitu ukuran seberapa bertarget iklan anda untuk bersaing.
  5. Aktivitas akun, yaitu seberapa sering anda memeriksa kinerja kampanye iklan.
  6.  Penggunaan kata kunci ekor panjang untuk mendapat peluang memperoleh trafik dengan biaya rendah.
  7. Pengoptimalan Teks Iklan anda. 
  8. Optimasi Halaman Arahan.
  9. Penggunaan Iklan Seluler seperti ekstensi panggilan, tautan situs, dan iklan teks untuk seluler.
  10. Iklan Pay Per Click atau PPC anda

 Fitur-fitur terbaru Google Ads Grader
  • Pelacak kerja otomatis yang dapat melacak dan menganalisis akun anda setiap tiga puluh hari untuk membantu anda melihat kinerja keseluruhan anda, metrik kunci trend dari waktu ke waktu.
  • Nilai kesiapan dan optimasi iklan PPC seluler anda. 
  • Benchmark baru dan peningkatan tolok ukur kompetitif untuk iklan PPC, sehingga skor kualitas, rasio klik tayang, aktivitas akun, dan pengeluaran yang terbuang ditampilkan lebih terkini. 

Google ads grader

Sumber : WordStream.com

3. Facebook Analytics

Alat ini dapat digunakan untuk mengetahui pengguna Facebook berinteraksi dengan situs web, Halaman Facebook, aplikasi, seluler, bot, dan lainnya.

Untuk dapat menggunakan Facebook analytics anda harus menjadi admin terlebih dahulu. Alat ini dapat membantu anda mendapatkan informasi untuk melacak dan mengukur hasil, sehingga anda dapat memperbaiki strategi dan mengukur laba.

Ada dua macam wawasan yang dapat membantu anda memahami metrik yang penting untuk anda yaitu:
  • Wawasan Halaman Facebook yang berguna untuk melacak apa yang berhasil dan mempelajari bagaimana pengunjung berinteraksi dengan konten anda.
  • Wawasan Pemirsa Facebook yang membantu anda memahami audiens anda untuk menargetkan iklan dan membuat konten yang lebih relevan.

Fitur-fitur Facebook Analytics
  • Artificial Intelligence atau AI untuk menampilkan wawasan penting seperti pengunjung mana yang paling sering terlibat atau melakukan konversi pada konten anda.
  • Analisis saluran Omni untuk melihat pengunjung yang melompat dari aplikasi Facebook ke aplikasi anda, ke situs web anda, dan kembali ke Facebook sebelum melakukan konversi.
  • Dashboard khusus untuk melihat data penting secara sekilas.
  • Kemampuan untuk membangun pemirsa khusus berdasarkan Wawasan Omni Channel.
  • Kemampuan membuat grup acara dari dashboard untuk melakukan segmentasi dan menargetkan ulang pengunjung yang mengikuti jalur acara tertentu.

Dengan alat ini anda dapat melihat data selama 28 hari terakhir (default, anda dapat merubahnya), data hari ini, dan data hari sebelumnya.
  • Mengukur keterlibatan, yaitu mengacu pada pengunjung yang merespon, membagikan, mengklik, mengomentari postingan anda.
  • Jumlah Likes, yaitu ukuran pencapaian anda di Facebook dalam rentang waktu tertentu, total Likes dari berbagai sumber, seperti iklan, pages, pencarian, dan sebagainya.
  • Jumlah kunjungan, untuk mengetahui berapa kali Halaman anda dikunjungi orang.
  • Post, untuk membantu anda memecah setiap postingan dan potongan konten untuk memahami konten mana yang disukai pengunjung.


Facebook analytics

sumber : socialmediaexaminer.com

4. Crowdbooster

Platform analisis media sosial ini dapat membantu anda melihat seberapa baik kinerja kampanye media sosial anda, dengan fitur real time untuk melihat data terkini tentang siapa saja yang terlibat dengan konten media sosial anda.

Crowdbooster juga dapat membantu anda mengidentifikasi penggemar dan pengikut anda yang paling aktif dan memberi rekomendasi cara menjangkau mereka lebih banyak lagi, serta cara meningkatkan konten pembaruan sosial anda, dan juga menawarkan fungsi penjadwalan dan otomatisisasi.

Alat sangat membantu pekerjaan para profesional media sosial yang bertanggung jawab mengelola akun-akun media sosial suatu bisnis. 

Crowdbooster


5. Moz Open Site Explorer

Alat analisis ini membantu memeriksa profil tautan dari URL pengguna.

Selain itu anda dapat memeriksa banyak data tentang profil tautan situs anda seperti Otoritas Domain dan Otoritas Halaman, jumlah total tautan yang masuk, Halaman teratas, Teks jangkar, dan sebagainya.

Alat ini sangat membantu untuk meningkatkan Visibilitas situs web, melakukan analisis spam perangkat lunak, identifikasi peluang tautan, dan alat optimisasi teks jangkar.

Moz open site explorer



Diolah dari beberapa sumber, semoga bermanfaat...











0 Response to "Marketing Tools Analysis, Untuk Dorong Bisnis Anda "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...