Konsep Dasar Marketing Management Ini Yang Anda Harus Ketahui

Konsep Dasar Marketing Management Dimulai Dari Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Pengawasan Program Untuk Pencapaian Tujuan Organisasi.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

marketing Management

Marketing management adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi (dengan mempertimbangkan sumber daya internal dan peluang pasar), perencanaan, dan pelaksanaan aktivititas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan kearah pencapaiannya. (Wikipedia)

Menurut Philip Kotler, Marketing Management adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang diinginkan dengan pasar sasaran untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.

Untuk pencapaian tujuan organisasi, Marketing Management sering menghadapi hal-hal yang berhubungan dengan permintaan, yaitu :

1. Permintaan negatif, yaitu produk yang ditawarkan tidak disukai oleh pasar atau sebagian pasar.

2. Tidak ada permintaan, yaitu konsumen tidak tertarik produk yang ditawarkan .

3. Permintaan tersembunyi, yaitu situasi dimana barang yang diminta oleh pasar atau sebagian pasar, tetapi barang tidak tersedia di pasar tersebut.

4. Permintaan kurang sehat, yaitu permintaan akan barang tidak seperti yang diinginkan karena lemahnya pemasaran.

5. Permintaan tidak teratur, yaitu kondisi dimana permintaan barang hanya pada waktu tertentu saja dan tidak sesuai dengan jadwal pemasaran.

6. Permintaan penuh, yaitu kondisi dimana permintaan barang sesuai dengan yang diharapkan.

7. Permintaan berlebihan, yaitu kondisi dimana permintaan pasar melebihi kemampuan perusahaan.

Fungsi Marketing Management


a. Fungsi Pertukaran, yaitu proses pengalihan kepemilikan barang dari pihak satu ke pihak lainnya dalam suatu sistem pemasaran. Fungsi pertukaran terdiri dari fungsi Pembelian dan Penjualan.

Fungsi pembelian sebagai proses timbal balik dari aktivitas penjualan, untuk itu diperlukan strategi khusus terutama pemahaman mengenai kegiatan yang dapat menarik konsumen untuk membeli.

Fungsi penjualan untuk mempertemukan penjual dan pembeli yang dilakukan secara langsung maupun melalui perantara.

b. Fungsi Fisis, yaitu Pengangkutan, Pergudangan, Pemrosesan produk.

c. Fungsi Penyediaan Sarana, yaitu informasi pasar, penanggulangan resiko, komunikasi, pembiayaan, pengumpulan, standarisasi, dan penyortiran.

Tujuan Maketing Management


1. Membangun permintaan akan produk atau layanan.

2. Mendapatkan pasar atau konsumen baru dan mempertahankan pelanggan lama.

3. Membangun Kepuasan Konsumen.  dengan cara memahami kebutuhan
dan keinginan konsumen, serta cara memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut.

 4. Mendapatkan Market Share

5. Mampu bersaing dengan perusahaan pesaing.

6. Memperoleh laba.


Ruang Lingkup Marketing Management

a. Produk dan Layanan, yaitu elemen yang terkait dengan sifat, jenis desain, kualitas, perencanaan dan pengembangan produk.

b. Riset Pemasaran, yaitu elemen yang menyangkut analisis sifat, sikap dan jenis pelanggan, perilaku pembeli, dan faktor-faktor pelanggan dan pasar lainnya.

c. Saluran Distribusi,
Saluran distribusi mencakup perantara, grosir, pengecer, pedagang besar, dan pemilihan saluran distribusi yang akan digunakan.

d. Distribusi Fisik, yaitu proses pemindahan barang dari produsen ke  konsumen mencakup transportasi, pergudangan, inventory, pemrosesan pesanan, dan sebagainya.

e. Keputusan Promosi, yaitu memberi informasi kepada pasar tentang ketersediaan produk dan menciptakan permintaan akan barang atau produk.

f. Keputusan Penetapan Harga, yaitu kebijakan dan strategi yang berkaitan dengan penentuan harga, diskon, potongan harga, komisi, dan sebagainya.

g. Analisis Lingkungan Pemasaran, yaitu analisis yang mencakup ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, lingkungan sosial, teknologi, dan sebagainya.

h. Umpan Balik Pelanggan, yaitu upaya untuk mengetahui keinginan dan tingkat kepuasan pelanggan untuk melakukan perbaikan produk atau layanan.

Konsep Dasar Marketing Management


Menurut Stanton Konsep Marketing Management diartikan sebagai falsafah bisnis dimana pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan ketahanan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memberi kepuasan terhadap apa yang diinginkan konsumen.

1. Konsep Produksi
Konsep ini menyatakan bahwa konsumen menyukai barang atau produk yang mudah dijangkau. Untuk itu manajemen harus meningkatkan produksi dan meningkatkan distribusi. Konsep produksi fokus pada harga barang atau produk.

2. Konsep Produk
Konsep ini menyatakan bahwa konsumen menginginkan kualitas, desain, dan bentuk barang atau produk yang baik, untuk itu manajemen harus mengembangkan produknya. Konsep produk fokus pada kualitas barang atau produk.

3. Konsep Penjualan
Konsep ini menyatakan konsumen perlu diberi informasi dan dibujuk untuk membeli, untuk itu manajemen harus melakukan penjualan dan promosi yang lebih baik. Konsep penjualan menitikberatkan pada aspek penjualan barang atau produk.

4. Konsep Pemasaran
Konsep ini menyatakan bahwa pencapaian tujuan organisasi yaitu penentuan kebutuhan pasar yang dituju dan usaha untuk memenuhinya, agar lebih baik dari perusahaan pesaing. Konsep pemasaran berkonsentrasi pada bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

5. Konsep Pemasaran Sosial
Konsep ini menyatakan bahwa pelaksanaan konsep pemasaran harus mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat. Konsep pemasaran sosial yaitu strategi pemasaran dengan melibatkan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Elemen penting dalam Marketing management adalah :

1. Orientasi pada konsumen, yaitu semua upaya pemasaran berorientasi pada pasar atau konsumen dengan penawaran, produk, layanan, dan promosi yang prioritas utamanya adalah konsumen.

2. Perencanaan Pemasaran, yaitu semua kegiatan pemasaran, dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan, dan evaluasi yang terkait dengan pemasaran disusun secara terperinci.

3. Kepuasan Konsumen, yaitu menjadikan kepuasan konsumen menjadi unsur utama dan unsur paling penting dalam pemasaran. Kepuasan konsumen diukur dari kualitas produk dan juga dari strategi pemasaran yang dilakukan.

Diolah dari beberapa sumber.


0 Response to "Konsep Dasar Marketing Management Ini Yang Anda Harus Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...