Strategi Pemasaran Jasa Agar Bisnis Anda Tetap Berjalan Lancar

Pemasaran Jasa adalah Pemasaran Produk Tidak Berwujud, Heterogen, Tidak dapat dipisahkan, dan Tidak tahan lama. 

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

service marketing

Definisi Jasa atau Service menurut Philip Kotler adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan salah satu pihak kepada pihak lainnya yang secara prinsip intangible dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa terkait dan dan juga bisa tidak terkait pada suatu produk fisik.

Adapun menurut Adrian Payne, Jasa atau Service adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangible yang berkaitan dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menyebabkan transfer kepemilikan. 

Perubahan dalam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.

Karakteritis Jasa atau Service

1. Tidak Berwujud (Intangibility).
Service atau Jasa bersifat abstrak dan tidak berwujud.
Jasa merupakan produk yang tidak dapat dilihat, dipegang, dan dirasakan seperti sebuah barang atau produk, sebelum jasa tersebut dibeli oleh konsumennya. Sebagai contoh seseorang yang pergi ke Salon Kecantikan baru akan merasakan jasa yang diberikan setelah dia datang dan menggunakan jasa pelayanan salon tersebut.

2. Heterogen (Variabilility)
Service atau Jasa merupakan variabel non standar dan sangat bervariasi.
Service atau Jasa merupakan unjuk kerja, layanan yang diberikan pegawai Salon Kecantikan tersebut berbeda satu dengan yang lainnya. Bisa jadi pelanggan tertentu hanya mau dilayani oleh pegawai tertentu yang menurutnya mengerti akan apa yang diinginkannya.

3.Tidak dapat dipisahkan (Insparability)
Service atau Jasa umumnya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat bersamaan, dengan partisipasi konsumen dalam proses tesebut.

Dari contoh Salon Kecantikan diatas konsumen atau pelanggan harus datang dan menjalani terapi atau layanan kecantikan yang dia inginkan di Salon Kecantikan tersebut. 

4. Tidak tahan lama (Perishabilily)
Service atau Jasa tidak mungkin disimpan dalam persediaan seperti suatu barang atau produk, dan tidak dapat didistribusikan ke tempat lain. 

Produk Jasa selalu selalu berubah seiring dengan perubahan zaman, musim, trends, teknologi, dan sebagainya.

Jasa atau Service digolongkan menjadi :


a. Jasa Industri, contoh jasa Konsultan, Teknik, Asuransi, Kredit, Pendidikan, dan sebagainya.
b. Jasa Konsumen, 
  • Jasa konvenien, yaitu jasa pembelian yang sering dilakukan oleh masyarakat seperti jasa Penjahit, Cukur rambut, Jasa Reparasi, dan sebagainya.
  • Jasa shopping, yaitu jasa yang dibeli masyarakat setelah melakukan perbandingan sebelum memutuskan Jasa mana yang akan dibeli. contoh membeli Polis Asuransi
  • Jasa spesial, yaitu jasa tertentu yang untuk mendapatkannya atau membelinya memerlukan biaya yang besar. Contoh jasa Advokat, Akuntan, Dokter Spesialis, dan sebagainya.

Kemudian yang dimaksud dengan Service Marketing adalah sebuah proses yang dilakukan oleh suatu bisnis yang menawarkan service atau jasa dengan cara tertentu untuk menarik perhatian konsumen dan mempertahankan pelanggan yang ada.

Pada saat ini konsumen mendapat begitu banyak informasi tentang suatu bisnis yang menawarkan service atau jasa, sehingga persaingan begitu ketat dan memerlukan strategi yang tepat untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan.

Strategi Pemasaran Jasa Yang Harus Dilakukan Agar Bisnis Anda Berjalan Lancar. 


Dengan begitu banyaknya bisnis yang menawarkan Service atau Jasa, diperlukan suatu strategi untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk membuat konsumen atau pelanggan puas. Apabila konsumen atau pelanggan merasa puas dengan Service atau Jasa yang diberikan, mereka akan menjadi pelanggan setia anda.

Berikut adalah Strategi yang harus dilakukan :

1. Pelayanan Terbaik
Kunci sukses bisnis Service atau Jasa adalah pelayanan terbaik yang diberikan kepada konsumen atau pelanggan. Sering kali konsumen atau pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan akan mengajak atau memberitahukan, merekomenedasikan orang lain agar mengunakan Service atau Jasa yang dia gunakan.

2. Mengutamakan Mutu atau Kualitas yang sebanding dengan harga Service atau Jasa yang diberikan.
Harga yang ditawarkan harus sebanding dengan Service atau Jasa yang diberikan kepada konsumen atau pelanggan.

3. Sumber Daya Manusia yang profesional. Pastikan bahwa Service atau Jasa yang anda berikan dikerjakan atau dilakukan oleh orang-orang profesional yang memenuhi persyaratan tertentu untuk melakukan pekerjaannya.

4. Mengikuti perkembangan zaman, trend, dan teknologi.
Seringkali suatu Service atau Jasa berubah seiring dengan perkembangan zaman, perubahan trend di masyarakat, dan dengan adanya teknologi baru.

Diolah dari beberapa sumber. 

0 Response to "Strategi Pemasaran Jasa Agar Bisnis Anda Tetap Berjalan Lancar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...