Seo On Page, Cara Optimasi Artikel di Blogger Untuk Tingkat Lanjutan

Pembahasan Lanjutan Panduan SEO on Page Dalam Menulis Artikel Di Blogger Agar Mudah Dirayapi Mesin Pencari.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

seo on-page

Langkah-langkah Persiapan Membuat Artikel dengan Seo On Page


1. Yang pertama kali saya lakukan adalah riset sederhana mencari keyword target dengan menggunakan Google Search.

Pada pembuatan artikel ini saya mencari Long Tail Keyword untuk dijadikan judul artikel, dengan tujuan mencari ceruk keyword dengan tingkat persaingan yang tidak tinggi.

Hasil pencarian Google Search :
Keyword : seo on page untuk blogger lanjutan
Hasil Google Serp : 36.000

riset keyword

2. Membuat Heading (H1) atau judul artikel dengan menggunakan long tail keyword tadi.

Judul artikel adalah setara dengan Headline pada Surat kabar. Judul ini yang akan pertama kali akan muncul di halaman mesin pencari.

Jadi buatlah judul semenarik mungkin untuk menarik perhatian pengguna internet agar mengunjungi blog anda.

3. Membuat Sub Heading (H2) dengan menyisipkan keyword yang anda bidik. 

4. Membuat Minor Heading (H3) dengan menyisipkan keyword yang anda bidik. 

5. Membuat Label Artikel, saya memilih SEO dan anda boleh saja memberi label Seo On Page. 

6. Membuat Permalink atau URL artikel dengan cara manual, dan saya juga menyisipkan keyword pada URL.

7. Membuat Search Description atau meta diskripsi dengan menyisipkan keyword yang relevan dengan konten. 

Deskripsi meta akan muncul sebagai kutipan di bawah judul artikel pada saat blog anda muncul di halaman mesin pencari atau SERP. 

pra artikel


8. Membuat Alt Text atau Teks Alternatif dengan tujuan agar memungkinkan anda menambahkan deskripsi ke suatu foto atau gambar, dikarenakan crawler mesin pencari tidak dapat membaca gambar atau foto yang anda sisipkan di artikel, tetapi hanya bergantung pada atribut teks alternatif yang anda berikan, untuk menentukan relevansi dengan permintaan pencarian.

Alt Text atau Teks alternatif juga membantu membuat foto atau gambar lebih mungkin muncul dalam pencarian foto atau gambar di Google search, dan digunakan oleh pembaca layar untuk memberikan konteks bagi pengguna yang menyandang tunanetra.

Cara membuat Alt Text untuk semua gambar atau foto-foto yang tampilkan pada artikel dengan cara :


  • Klik gambar  atau foto yang anda masukkan ke artikel
  • Pilih Large untuk memperbesar gambar atau foto
  • Pilih Properties untuk membuat Alt text gambar atau foto
  • Ketik Judul artikel pada kotak Title Text
  • Ketik nama gambar atau foto pada kota Alt Text (nama yang relevan dengan foto)
  • Klik OK

alt text foto


Google menggunakan meta data situs anda, termasuk tag judul dan deskripsi meta, untuk mencari tahu bagaimana mengklasifikasikan situs web anda dan kemudian memberi tahu pengguna tentang hal itu.


9. Menulis Artikel
Ada istilah Konten adalah Raja (Bill Gate, 1996) yang maksudnya adalah pengguna mesin pencari akan senang jika menemukan konten terbaik yang dia cari.

Sebaik apapun SEO yang anda lakukan tidak akan berarti tanpa konten yang baik dan berguna untuk pengguna, dengan jumlah kata antara 1.000 hingga 2000 karakter termasuk spasi kosong. 

Apa yang saya jelas diatas adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan sebagai jalan menuju pekerjaan utama yaitu membuat artikel dengan menerapkan Seo On Page.

Artikel yang akan anda tulis tentu saja harus relevan dengan nieche dan judul blog anda. Jangan sekali-kali membuat judul artikel yang tidak relevan antara judul dan konten, misalnya judul artikel cara membuat tahu, tetapi konten yang anda tulis tentang cara membuat tempe.

Yang perlu diperhatikan adalah pada 100 kata pertama atau dalam 3-5 paragraf awal artikel, sebaiknya anda sisipkan keyword yang relevan dengan konten anda, dan dalam tutorial ini yang saya sisipkan adalah keyword Seo On Page.

Adapun konten yang anda buat harus memenuhi beberapa syarat, yaitu :


a. Konten Berkualitas.
Kualitas suatu konten tentu saja harus memenuhi syarat agar mudah dirayapi dan diindeks oleh mesin pencari dan berguna bagi pembaca atau pengguna.

Jika konten anda tidak berkualitas dampaknya adalah pengguna akan pergi meninggalkan blog anda untuk mencari konten yang sama di blog lain yang lebih berkualitas kontennya, sehingga akan menaikkan tingkat pentalan situs web atau blog anda. 

b. Kesegaran Konten
Menulis konten memerlukan waktu khusus. Anda dapat melakukannya setiap hari, atau seminggu sekali, dua seminggu sekali, atau sebulan sekali jika anda sudah menulis banyak artikel di blog anda.

Tujuannya adalah agar situs anda terlihat segar dan aktif di mata mesin pencari. Jadi jangan berhenti menulis konten atau perbaharui konten lama anda jika anda sedang tidak mendapat ide menulis konten.

c. Konten yang Unik
Konten atau artikel yang anda tulis menurut saya sebaiknya langsung anda tulis di dashboard blogspot, dan bukan di tulis pada platform lain, lalu di copy paste ke dashboard blogspot.

Salah satu tolok ukur agar blog anda dapat diterima oleh Google AdSense berdasarkan pengalaman saya adalah minimal 70% artikel anda unik di mata mesin pencari Google, 20% artikel yang sudah umum ditulis di internet, dan 10% dari copy Paste. 

Setelah selesai menulis artikel, lakukan Preview untuk mencari kesalahan teks, kesalahan penulisan pada artikel, dan lakukan editing pada tulisan yang salah ketik, dan sebagainya.

Kemudian lakukan audit artikel dengan menggunakan Seoquake tools seperti yang saya gunakan untuk memeriksa artikel ini, untuk mengetahui seberapa jauh Seo on Page yang sudah saya terapkan pada artikel ini.

Dan yang terakhir saya mengirimkan URL artikel ke Google console untuk melakukan :
  • URL inspection
  • Melakukan indeks artikel
  • Mengupdate sitemap
  • Melakukan speed test situs 
  • Mobile usability


google console


Tips melakukan indeks

1. Pastikan bahwa URL artikel yang anda buat sudah tidak akan anda rubah, sebab URL artikel sudah tersimpan di dalam sistem dashboard blogspot dan tidak dapat anda rubah lagi.

2. Sebelum mengindeks artikel, cek dulu statistik blog anda pada dashboard blogspot apakah pada saat itu sedang ramai visitornya.

Jika blog anda sedang ramai pengunjung segera lakukan indeks, dan berdasarkan pengalaman saya artikel akan lebih cepat diindeks oleh Google dalam hitungan detik atau menit saja. 

3. Mengirim ulang Sitemap atau peta situs blog anda ke Google Search Console agar Sitemap blog anda juga diindeks ulang dan akan terupdate.

Peta situs itu sama seperti mainframe situs anda, untuk membantu mesin pencari menavigasi situs web anda, disetiap halaman, dan setiap konten.

Sitemap menunjukkan struktur setiap bagian dari situs anda, dan berfungsi sebagai panduan untuk setiap mesin pencari yang ingin berinteraksi dengan halaman web anda.

Tujuan lainnya mengirim peta situs anda adalah memberi tahu mesin pencari, halaman web mana yang harus diindeks dan mana yang tidak diindeks.

Setelah semua langkah optimasi seo on-page anda lakukan, ada baiknya anda melakukan test kecepatan loading situs web atau blog anda ke Google Search Console > Menu utama > Data Web inti > pilih Mobile/Desktop > Coba Pagespeeds insights

Test speed


Kecepatan loading sebuah situs web atau blog dapat mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan trafik kunjungan.

Jika kecepatan loading situs web atau blog anda lambat, kemungkinan besar pengunjung akan batal mengunjungi situs web atau blog dan beralih ke yang situs web lain. Kecepatan loading yang baik berkisar antara 1 - 3 detik. 

Dengan teknik atau cara optimasi Seo on-page yang sama seperti yang sudah saya uraikan diatas, artikel ini saya buat dan berhasil menembus halaman utama Google SERP. 

Seo on page


Semoga artikel ini bermanfaat, Selamat mencoba...

0 Response to "Seo On Page, Cara Optimasi Artikel di Blogger Untuk Tingkat Lanjutan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...