Meski Tidak Mudik, Tetap Silaturahmi Idul Fitri Via Video Call - Jati882

Meski Tidak Mudik, Tetap Silaturahmi Idul Fitri Via Video Call

Ditengah Pandemi Virus Corona Meski Tidak Mudik, Silaturahmi Idul Fitri Via online conference video Tetap Dapat Dilakukan.



online conference video
Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id
Ummat Islam di seluruh dunia beberapa hari lagi akan merayakan Idul Fitri 1441H, ditengah pandemi virus Corona yang telah merenggut ribuan nyawa di berbagai negara.

Sebelum merayakan Idul Fitri 1441 H, ummat Islam melakukan puasa selama satu bulan penuh, yaitu puasa bulan Ramadhan, kemudian membayar zakat fitrah dengan untuk mensucikan jiwa dan menyempurnakan puasa mereka.

Ada sebuah tradisi ummat Islam di Indonesia yang sudah mengakar sejak dahulu, yaitu pulang kampung atau mudik untuk merayakan Idhul Fitri bersama sanak saudara di kampung masing-masing.

Biasanya tujuh hari menjelang Idul Fitri 1441 H, mereka mulai meninggalkan kota Jakarta, untuk pulang ke kampung menggunakan Kereta api, Bus, Pesawat udara, Kapal laut, Kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua, dan sebagainya.

Perjalanan menuju kampung halaman mereka memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan hari biasa, dikarenakan mereka pergi hampir pada saat yang bersamaan, sehingga volume kendaraan menjadi begitu padat, sehingga terjadi kemacetan lalu lintas walaupun di jalan tol.

Sebaliknya, jalan-jalan di kota Jakarta menjadi sepi dari kendaraan yang berlalu lalang, dan di perkampungan, di perumahan penduduk, banyak rumah yang kosong ditinggal penghuninya pulang kampung.

Menyikapi kebijaksanaan Pemerintah DKI Jakarta yang masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, dimana warga Jakarta dilarang meninggalkan Jakarta untuk pulang kampung, ada jalan keluar untuk tetap dapat bersilaturahim atau berkomunikasi dengan sanak keluarga di kampung dengan menggunakan aplikasi video conference, audio dan video call.

Berikut Adalah 8 Aplikasi Untuk Silaturahmi Idul Fitri 1441H Via Video Call Yang Dapat Anda Gunakan : 


1. Whatsapp
Aplikasi ini dapat sudah begitu populer dan mudah penggunaannya untuk melakukan video call dan video conference dengan hanya menggunakan smartphone.

2. Zoom
Aplikasi menjadi sangat populer semenjak merebaknya pandemi Corona yang menyebabkan sekolah diliburkan, pusat perbelanjaan ditutup, dan karyawan kantor diperintahkan bekerja dari rumah atau work from home.

Aplikasi ini dapat digunakan selama empat puluh menit untuk versi gratis, dan dapat melayani jumlah peserta video conference mencapai seratus orang, Aplikas ini juga dapat digunakan untuk melakukan merekam pertemuan, melakukan audio conference, dan live chat.

3. Free Conference
Aplikasi mempunyai dua versi yaitu versi web dan versi seluler. Untuk versi web cukup dengan menggunakan browser anda sudah dapat menggunakan aplikasi ini, dan untuk versi seluler anda harus mendownload dahulu aplikasi ini.

4. Google Meet
Aplikasi ini sebelumnya bernama Google Hangouts yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan video.

5. Google Duo
Aplikasi ini dapat digunakan maksimal untuk dua belas orang saja. Aplikasi ini dirilis tahun 2016 dan dapat diakses dengan menggunakan smartphone, tablet,website ,d an iOS.

6. Skype
Aplikasi dapat digunakan untuk pertemuan online berbasis audio dan video, dengan jumlah peserta maksimal dua puluh lima orang, dengan menggunakan smartphone, tablet, dan komputer, dan televisi.

Skype juga menyediakan fitur lain yaitu panggilan suara, pesan singkat, dan video call lintas platform.

7. Cisco Webex
Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan video conference dengan jumlah peserta hingga seratus orang tanpa ada batasan waktu penggunaan.

Awalnya aplikasi ini merupakan aplikasi bisnis dan digunakan untuk kalangan profesional untuk bekerja dari rumah.

8. Jitsi Meet
Aplikasi berbasis open source ini dapat digunakan untuk video conference dengan jumlah peserta 75 orang. Untuk menggunakan aplikasi anda tidak dipungut bayaran alias gratis.

Selamat menyambut Idul Fitri 1441 H.









0 Response to "Meski Tidak Mudik, Tetap Silaturahmi Idul Fitri Via Video Call"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...