Marketing Mix 4P, Konsep Dan Strategi Product Mix - Jati882

Marketing Mix 4P, Konsep Dan Strategi Product Mix

Marketing Mix 4P, Definisi dari Product mix atau Bauran Produk dan Strategi yang sering digunakan dalam suatu Bisnis.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id
Product mix


Product mix atau Bauran produk adalah kombinasi berbagai jenis produk yang dijual kepada masyarakat konsumen oleh sebuah perusahaan atau sebuah unit usaha.

Untuk menemukan Product mix atau Bauran produk yang tepat untuk suatu produk, perlu dipelajari perilaku kelompok-kelompok dalam masyarakat yaitu konsumen, penyalur, pesaing, dan pemerintah.(Wikipedia)

Product mix atau Bauran produk juga dikenal dengan berbagai macam produk, mengacu pada jumlah total product line atau lini produk, yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen.

Product mix atau Bauran produk adalah seluruh barang-barang atau produk yang dijual oleh sebuah perusahaan atau suatu bisnis, misalnya Super market.

Jika anda pergi berbelanja ke super market, anda akan melihat begitu banyak barang atau produk yang dijual, seperti pakaian dengan berbagai macam model, sepatu dengan berbagai model dan merk, tas dengan bermacam-macam model dan merk dan model, barang elektronik, jam tangan pria dan wanita, dan produk lainnya yang dijual disana, itulah yang dimaksud dengan Product line.

Product line adalah barang-barang atau produk yang dikelompokkan berdasarkan karakteritis yang hampir sama satu dengan lainnya, dan memiliki tujuan penggunaan yang hampir sama, sedangkan Product item adalah satu jenis barang atau produk dari keseluruhan product line, misalnya sepatu.

Dalam sebuah Product mix atau Bauran produk terdapat empat dimensi dalam susunannya, yaitu :

1. Dimensi Product Mix pertama adalah lebar
Dimensi lebar diukur dengan banyaknya atau jumlah product line yang dijual oleh perusahaan.

2. Dimensi  Product Mix kedua adalah Kedalaman Produk
Kedalaman produk berkaitan dengan jumlah total variasi untuk setiap produk. Dimensi kedalaman diukur dengan pemisahan seperti ukuran, model, dan warna yang ditawarkan dalam tiap-tiap product line.

3. Dimensi Product Mix ketiga Panjang
Panjang Product mix atau Bauran produk adalah jumlah total barang atau produk dalam product mix suatu perusahaan.

4. Konsistensi Product Mix
Konsistensi Product mix atau Bauran produk adalah gambaran seberapa dekat product line yang terkait satu dengan yang lain dalam hal penggunaan, produksi, dan distribusi.

Product Line Strategi 

Strategi Product mix atau Bauran produk menetapkan untuk memilih strategi yang akan dilakukan, yaitu :

a. Perluasan Product Mix
Perusahaan melakukan perluasan product mix dengan menambah product line, atau menambah product item, baik dengan produk yang masih ada kaitannya dengan Product line yang ada maupun tidak.

b. Penyempitan Produk.
Perusahaan melakukan pengurangan product line atau melakukan pengurangan product item demi efisiensi dan mengurangi biaya yang kurang manfaatnya.

c. Perubahan Produk
Perusahaan melakukan perubahan produk dengan tujuan menyesuaikan trend pasar, dan mengurangi resiko tidak laku, dan tujuan menambah keuntungan, seperti :

  • Mendesain ulang produk agar lebih baik, lebih mudah digunakan, dan menurunkan ongkos produksi. 
  • Mengganti kemasan. 
  • Menggunakan bahan baru untuk menyesuaikan dengan teknologi baru misalnya.

d. Pengembangan Produk yang ada dengan maksud memperpanjang siklus hidup produk, dan meningkatkan volume penjualan dan laba bagi perusahaan.

e. Product Positioning untuk menentukan posisi produknya di pasar. Product positioning adalah menempatkan suatu produk di antara produk-produk lainnya yang berada di pasaran. Perusahaan harus mengenal produk-produk  pesaing dan juga produk lain yang mempunyai peluang mengambil pangsa pasarnya. 

f. Trading up 
Perusahaan melakukan trading up yaitu menambah barang atau produk baru yang berharga tinggi pada product line, agar supaya barang yang berharga lebih murah akan meningkat volume penjualannya.

g. Trading down
Perusahaan melakukan trading down yaitu menambah barang atau produk baru yang lebih murah harganya pada product line, disamping barang yang sudah ada dan mahal harganya, agar konsumen yang tidak dapat membeli barang yang mahal dapat membeli yang murah harganya.

h. Diferensiasi Barang atau Produk.
Diferensiasi produk (product differentiation) adalah proses pembedaan suatu produk atau jasa untuk membuatnya lebih menarik terhadap suatu pasar sasaran tertentu. 

Pembedaan tersebut dilakukan baik terhadap produk kompetitor maupun terhadap produk lain dari produsen produk itu sendiri. (Wikipedia) 

Perusahaan melakukan kegiatan promosi dengan penekanan bahwa barang  atau produk yang ditawarkan berbeda dengan barang atau produk pesaing, dan produk sendiri yang lainnya.

i. Segmentasi Pasar
Perusahaan melakukan segmentasi pasar yang bersifat heterogen kedalam segmen pasar yang lebih kecil dan bersifat homogen.

Diolah dari beberapa sumber. 

0 Response to "Marketing Mix 4P, Konsep Dan Strategi Product Mix"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...