Inilah Place Strategi, Marketing Mix Dan Tingkatannya

Diantara Bauran Pemasaran atau Marketing Mix 4P adalah Place, yang Mengacu pada Penempatan atau Distribusi.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

Place strategi

Place atau Distribusi adalah proses dan metode  yang digunakan suatu bisnis untuk membawa produk dan layanannya kepada pelanggan atau konsumen.

Place atau Distribusi adalah metode dan lokasi yang digunakan agar produk dan layanannya suatu bisnis mudah diakses oleh pelanggan atau konsumen.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam saluran distribusi adalah :

1. Produsen
2. Perantara (pedagang dan agen)
3. Konsumen akhir atau pemakai industri.

Saluran distribusi ini adalah suatu struktur yang menunjukkan alternatif saluran yang dapat dipilih dan menunjukkan situasi yang berbeda oleh berbagai macam perusahaan seperti Produsen, Pedagang besar, dan Pengecer.

Produsen sering kali menggunakan Perantara atau Midleman sebagai saluran distribusinya.

Perusahaan yang memproduksi suatu barang atau produk, pada umumnya menjual barang atau produknya melalui Distributor atau Pengecer. Sedangkan toko peritel menjual langsung ke konsumen.

Perantara adalah suatu kegiatan usaha yang berdiri sendiri, dan berada di antara produsen dan konsumen akhir atau pemakai industri.

Perantara melakukan kegiatan pelayanan dalam urusan pembelian dan penjualan barang atau produk dari produsen kepada konsumen.

Perantara dibedakan berdasarkan barang yang dipasarkannya menjadi dua, yaitu :

1. Perantara Pedagang (Merchant Midleman).

Perantara ini bertanggung jawab atas semua barang yang dipasarkannya, dan dibagi lagi ke dalam dua kelompok, yaitu :

a. Pedagang Besar atau Wholesale dimana barang yang dibeli dari produsen dalam jumlah besar dan menyimpannya di gudang untuk dijual kembali.

b. Pengecer atau Retailer, yaitu yang menjual barang atau produk ke pengguna akhir.

c. Agen
Agen adalah entitas Independent yang bertindak sebagai kepanjangan dari produsen dengan mewakili mereka kepada konsumen.

d. Distributor
Perantara jenis ini hanya menjual satu barang atau produk dari satu merk suatu perusahaan.

Terkadang produsen juga merangkap sekaligus sebagai pedagang dengan memproduksi barang dan sekaligus menjualnya.

2. Perantara Agen

Perantara ini tidak memiliki hak atas  barang-barang yang mereka tangani.
Perantara ini digolongkan lagi menjadi dua golongan, yaitu :

a. Agen penunjang yang secara aktif ikut terlibat dalam suatu proses pemindahan barang dari produsen kepada konsumen.

b. Agen pelengkap yang ikut membantu dan memperlancar proses pemindahan tersebut seperti Bank dan Asuransi.

Pengecer atau Retailer

Pengecer atau toko Pengecer adalah sebuah unit usaha yang menjual barang kepada konsumen akhir untuk keperluannya sendiri dan bukan untuk dijual lagi.

Produsen menggunakan pengecer untuk melakukan fungsinya dalam hal perencanaan barang, penetapan harga, distribusi, dan promosi.

Fungsi pengecer adalah memberikan pelayanan kepada konsumen agar pembelian yang mereka lakukan menjadi mudah, untuk mendapatkan barang yang baik dan harga yang layak. Adapun fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pengecer diantaranya:
  • Pengangkutan 
  • Penyimpanan 
  • Pembelanjaan

Pengecer digolongkan berdasarkan kepada :


a. Ukuran toko
Untuk dapat mengetahui ukuran toko dapat dilihat dari volume penjualan toko tersebut, dan dibagi menjadi dua golongan, yaitu :
  • Pengecer besar 
  • Pengecer kecil

b. Product line

Berdasarkan banyaknya product line pengecer dibagi lagi menjadi tiga golongan, yaitu :
  • General Merchandide Store, yaitu toko yang menjual berbagai macam product line seperti Super Market.
  • Single Line Store yaitu pengecer yang hanya menjual satu macam product line.
  • Specialty Store, yaitu pengecer dengan barang yang dijualnya lebih terbatas, hanya sebagian dari product line saja

c. Lokasi Geografis
Berdasarkan lokasi geografis pengecer dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu :
  • Pengecer yang ada di kota
  • Pengecer yang ada di desa

d. Kepemilikan
Berdasarkan kepemilikan pengecer dibagi lagi menjadi dua golongan, yaitu :
  • Corporate Chain Store atau beberapa toko yang pemiliknya sama. 
  • Independent Store, yaitu toko yang dimiliki oleh satu orang. 

e. Metode Operasi
Berdasarkan metode operasinya pengecer dibagi lagi menjadi dua golongan, yaitu :
  • In Store Retailing atau penjualan eceran di dalam toko, misalnya Super Market. 
  • Non Store Retailing atau penjualan eceran tanpa toko, misalnya melalui salesman keliling. 

Kelebihan menggunakan pengecer adalah perusahaan memiliki saluran distribusi yang luas untuk produknya, mengurangi tekanan dalam dalam menjalankan sistem distribusi, dan mengurangi ruang untuk menyimpan stock barang atau produk.

Place Strategi atau Strategi Distribusi


Place Strategi atau Strategi Distribusi merupakan hal yang mendasar dalam Marketing mix atau bauran pemasaran suatu produk atau layanan suatu bisnis atau perusahaan.

Strategi Distribusi menguraikan bagaimana dan dimana suatu bisnis atau perusahaan akan menempatkan produk dan layanannya, untuk mendapatkan pangsa pasar dan konsumen.

Untuk menetukan Strategi Distribusi perusahaan harus mengetahui dan memahami kebutuhan konsumen dan menentukan jalan terbaik untuk mengantarkan barang atau produk ke pelanggan atau kosnsumennya.

Jenis-Jenis Strategi Distribusi 


1. Distribusi intensif, digunakan untuk mendistribusikan barang-barang yang harganya lebih murah, dan mungkin merupakan pembelian impulsif.

2. Distribusi selelektif, digunakan untuk mendistribusikan barang-barang berharga lebih mahal dan hanya dijual di beberapa toko tertentu saja.

3. Distribusi Eksklusif, digunakan untuk mendistribusikan barang-barang yang berharga tinggi seperti mobil.


Faktor-faktor lainnya yang juga harus dipertimbangkan dalam memilih saluran distribusi adalah volume penjualan barang atau produk dan karakteristiknya, biaya, dan kemudahan memperoleh peroleh bahan baku.

Segmentasi Saluran Distribusi 


Segmentasi ini bertujuan untuk menangani kebutuhan dan persyaratan khusus sebagai saluran distribusi untuk membina hubungan yang lebih kuat dengan pengecer.

Adapun manfaat Segmentasi Distribusi adalah :
  • Mengurangi biaya stock yang tidak relevan dan pengaturan logistik yang tidak perlu. 
  • Diferensiasi harga lokal barang
  • Efisiensi dalam operasi 


Diolah dari beberapa sumber.









0 Response to "Inilah Place Strategi, Marketing Mix Dan Tingkatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...