e-Wallet Dan e-Money Yang Anda Butuhkan Untuk Pembayaran Non Cash - Jati882

e-Wallet Dan e-Money Yang Anda Butuhkan Untuk Pembayaran Non Cash

e-Wallet Dompet Digital Sebagai Alat Pembayaran Non Cash Elektronik Yang Mulai Menjamur.



e-wallet

e-Wallet atau Dompet Digital belum begitu banyak diketahui oleh sebagian masyarakat dikarenakan masih termasuk baru kehadirannya di Indonesia.

e-Wallet mulai banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pembayaran transaksi non tunai seperti belanja online, belanja di merchant, membayar ongkos taksi online, pembelian pulsa telepon, bayar parkir, bayar token listrik, bayar iura TV berlangganan, dan sebagainya.

Perbedaan antara e-Wallet atau Dompet digital dengan e-Money adalah, e-Wallet tidak menggunakan kartu dan chip, akan tetapi menggunakan akun yang disimpan di server dan menggunakan jaringan internet.

Baik e-Wallet atau Dompet Digital maupun e-Money mempunyai kelebihan, yaitu kita tidak usah repot membawa uang cash dan uang receh untuk berbelanja, untuk membayar transaksi, sehingga menghemat waktu dan panjangnya antrian pada saat melakukan pembayaran suatu transaksi.

Keuntungan menggunakan e-Wallet atau Dompet Digital, yaitu :

1. Kemudahan dalam melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang tunai, kartu debit, dan kartu kredit.

2. Riwayat Transaksi, anda tidak harus pusing-pusing mengingat-ingat apa saja transaksi yang anda lakukan, sebab semua trasaksi yang menggunakan Ewallet anda akan mendapat riwayat transaksi-transaksi yang anda lakukan.

3. Menghemat waktu. Anda tidak perlu repot menyiapkan uang Cash, menyimpan uang kembalian, dan menyimpan struk pembayaran.

4. Terhindar dari kehilangan uang Cash, terhindar dari kekurangan uang kembalian seperti tidak adanya uang recehan saat melakukan pembayaran.

5. Promo menarik seperti Cash back, diskon jika menggunakan Ewallet tertentu untuk melakukan pembayaran suatu transaksi non Cash dengan menggunakan Ewallet.

Namun penggunaan e-Wallet atau Dompet Digital bukan berarti tanpa kelemahan dan tanpa kendala. Berikut adalah beberapa contoh kelemahan dari e-Wallet.

1. e-Wallet adalah aplikasi online berbasis Web dengan menggunakan jaringan internet. Dikarenakan menggunakan jaringan internet dan Handphone, kendala yang sering terjadi seperti gangguan jaringan, blank spot, lowbat, dan handphone hilang atau tertinggal sehingga pengguna tidak melakukan transaksi.

2. Layanan yang menggunakan e-Wallet masih terbatas, sebab hanya dapat digunakan pada merchant tertentu yang sudah menjadi mitranya.

3. Tidak ada imbal jasa atau bunga seperti jika kita menabung untuk uang kita yang mengendap di akun e-Wallet.

Daftar e-Wallet yang ada di Indonesia


  • Gopay, aplikasi Ewallet dengan pengguna aktif terbanyak di Indonesia, dan merupakan metode pembayaran utama Go-food. 
  • Ovo, dapat digunakan untuk transaksi offline di Lippo mall dan Matahari Departemen Store. Dan untuk yang online dapat digunakan untuk pembayaran Grab dan Tokopedia, Lion air, Wings air, dan Batik air. 
  • Dana, aplikasi ini digunakan untuk kirim uang, pembelian pulsa, bayar tagihan, dan transaksi di ecommerce. 
  • Link aja, aplikasi E-Wallet gabungan beberapa BUMN, yaitu T-cash, e-cash, Unikqu, T-money, dan T-bank. 
  • Jenius, merupakan bagian dari PT. Bank BTPN Tbk., dapat digunakan untuk mengirim permintaan uang. 
  • Go mobile By CIMB
  • i.saku, dapat digunakan untuk belanja di indomaret 
  • Sakuku, dapat digunakan untuk pembayaran belanja, isi pulsa, voucher game, transaksi perbankan. 
  • Doku, dapat digunakan untuk belanja di banyak merchant. 

0 Response to "e-Wallet Dan e-Money Yang Anda Butuhkan Untuk Pembayaran Non Cash "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...