Cara Menggunakan Google Market Finder, Untuk Pemula - Jati882

Cara Menggunakan Google Market Finder, Untuk Pemula

Google Market Finder Tool Untuk Membantu Memasarkan Produk Anda Ke Pasar Internasional.



market finder

Sebelum adanya internet dunia ini terasa begitu luas. Untuk memasarkan suatu produk atau layanan dari satu negara ke negara lain tidak mudah.

Akan tetapi setelah teknologi internet berkembang begitu pesat, jarak bukanlah masalah bagi suatu bisnis untuk melakukan perluasan pasar globalnya di manca negara.

Google sangat mengerti akan kebutuhan suatu bisnis yang akan melakukan ekspor ke pasar global, dengan menciptakan suatu alat atau tool yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut yaitu Market Finder. 

Google Market Finder dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan bisnis atau penggunanya menemukan pasar potensial internasional untuk produk atau layanannya di negara lain. 

Alat ini juga memberikan panduan bagaimana cara menentukan Negara, Kota, Bahasa, dan sebagainya, yang cocok dengan bisnis atau layanan ditawarkan, dan langkah-langkah persiapan mencari pasar potensial, mencari vendor, dan sebagainya.

Secara garis besar, Google Market Finder dirancang untuk :

1. Memberikan rekomendasi pasar ekspor internasional potensial mana yang terbaik untuk bisnis atau produk anda di negara lain.

2. Mengarahkan bisnis anda di pasar lokal pada negara yang dituju, dengan dukungan data-data yang diperlukan, vendor, metode pembayaran, dukungan logistik, dan sebagainya.

3. Menjangkau konsumen di pasar internasional yang baru, dengan melakukan pemasaran produk di negara tujuan target, melakukan kegiatan periklanan dengan menggunakan budaya dan bahasa lokal, dan dengan menggunakan platform tertentu.


Untuk bahan atau contoh tutorial ini saya menggunakan blog saya https://jati82.my.id, yaitu blog tentang budidaya tanaman obat herbal dengan target pasar internasional yaitu USA.

Langkah-langkah menggunakan Google Market Finder

1. Kunjungi website Market Finder di link https://marketfinder.thinkwithgoogle.com/intl/en/
2. Pilih tampilan website atau mobile
3. Masukkan url situs, website, atau blog anda > Klik kotak privacy policy > tekan enter

market finder

Dashboard Market Finder dengan menu utama :
  • Find a new opportunities
  • Plan your operations
  • Market your business

4. Masukkan url dari situs, website, atau blog anda di kotak pencarian > tambahkan kategori jika perlu > tekan tombol Confirm Categories


market finder 1

Kemudian muncul rekomendasi pasar internasional untuk website saya, yaitu :
  • United State
  • Germany
  • United Kingdom

5. Klik negara tujuan yaitu United State

market finder 2

5. Lalu lengkapi data profil, yaitu :
  • Nama Lengkap
  • Pasar Domestik negara bagian USA
  • Email Update jika anda menginginkan
  • Tekan tombol Sign up with Google

market finder 3

Ternyata Hasil dari Suggested market opporunities teratas untuk website saya negara bagian Texas, USA

  • Klik tombol More Detail disebelah kanan kotak negara bagian Texas untuk mendapatkan informasi lebih lengkap 

market finder 5

Berikut adalah tampilan data-data negara bagian Texas, yaitu :
  • Monthly Searches Across Categories
  • Google Ads Competitiveness
  • Consumer spending per capita

Anda juga dapat memperoleh data-data lainnya yang berhubungan dengan negara bagian Texas seperti :
  • State Profile, seperti jumlah populasi, Bahasa-bahasa yang digunakan, Rata-rata usia penduduk
  • Economic Profile, seperti GDP per capita, Unemployment rate, Small business policy index
  • Online Profile, seperti Monthly searches across categories, Google ads competitiveness

market finder 6

Anda dapat juga memilih atau menambahkan negara bagian lainnya seperti New York, Florida, North Carolina, Pensilvania, dan lainnya ke dalam daftar pasar domestik anda di USA, dengan cara > menekan tombol + Add market.

Setelah berhasil mencapai audiens di pasar global yang baru, anda harus segera terhubung dengan mereka.

Untuk melakukan hal ini, pastikan pendekatan lokalisasi yang anda ambil peka terhadap nuansa teknis dan budaya pelanggan multikultural di USA.

Apabila diperlukan melokalisasi saat menangani konsumen multikultural di AS, tujuan anda haruslah untuk mengidentifikasi dan mengelola vendor yang akan memberikan layanan terjemahan khusus untuk situs web anda.

Hal ini akan membantu memastikan anda berbicara kepada pelanggan baru anda dalam bahasa mereka.

Demikian, semoga bermanfaat... 

0 Response to "Cara Menggunakan Google Market Finder, Untuk Pemula"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...