Cara Membuat Newsletter Terbaik di Google Docs - Jati882

Cara Membuat Newsletter Terbaik di Google Docs

Google Docs Adalah Aplikasi Untuk Membuat Newsletter dan Berbagai Dokumen Yang Mudah Digunakan.



img

Newsletter atau Buletin merupakan alat komunikasi yang digunakan seorang atau sekelompok humas dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik yang menyangkut produk yang dihasilkan, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu publiknya dalam berhubungan dengan bisnisnya. (Wikipedia)

Newsletter atau Buletin biasanya dikirim melalui email oleh suatu bisnis kepada pelanggan mereka atau kepada pelanggan potensial seperti informasi tentang produk baru atau promosi menarik.

Newsletter atau Buletin memiliki kelebihan untuk membidik orang yang tertarik dengan bisnis anda, dikarenakan memberi tingkat pengembalian investasi (ROI) yang lebih baik dari pada alat pemasaran lainnya.

Langkah-langkah Persiapan Membuat Newsletter.


1. Membuat daftar alamat email yang akan anda kirimi Newsletter atau Buletin.

2. Menentukan tujuan membuat Newsletter atau Buletin seperti pemberitahuan produk baru, promosi, dan sebagainya yang membawa manfaat bagi orang yang menerima Newsletter atau Buletin.

3. Membuat teks dengan dimulai dengan membuat subject email  anda dengan kalimat yang menarik pelanggan agar mereka ingin segera membuka Newsletter atau Buletin.
Kemudian tulis konten Newsletter atau Buletin anda.

4. Menambahkan visual atau gambar-gambar yang menarik terutama jika anda ingin menjual sesuatu kepada mereka. Gunakan font dan warna yang relevan dengan brand anda.

5. Tentukan waktu yang tepat untuk mengirim Newsletter atau Buletin yang anda buat dengan memperhatikan jam kesibukan calon penerima email anda. Biasanya waktu terbaik pada jam kerja di hari Selasa, Rabu, dan Kamis.

6. Analisis hasil pengiriman email untuk siapa saja pelanggan anda yang membuka email, siapa saja yang tidak membuka email, dan siapa saja yang membaca email anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi seperti Mailchimp.

Cara Membuat Newsletter atau Buletin Dengan Menggunakan Google Docs.


1. Kunjungi atau download situs Google Docs di link ini https://docs.google.com/document/u/0/?ftv=1


2. Pilih Blank Document jika anda ingin membuat sendiri desain Newsletter, atau pilih template yang tersedia dan dapat dimodifikasi, dan pada tutorial ini saya memilih jenis template Newsletter Ceria

template


3. Dashboard Aplikasi Google Docs pada Menu Utama yang terdapat pada baris pertama bagian atas layar, dan baris kedua terdapat pilihan fitur-fitur editing dokumen seperti terlihat pada gambar dibawah ini :


dashboard



4. Menulis konten
Sebelum menulis konten, anda dapat mengganti logo Newsletter bergambar hati merah yang terdapat pada bagian atas dan bagian bawah template dengan cara :

  • klik gambar logo bergambar hati merah > delete > lalu ganti dengan logo atau foto anda dengan cara > klik tombol insert pada menu utama > image > upload
  • klik tulisan "HearthWorks" dibawah logo, > ganti dengan nama anda sebagai penulis
  • klik Judul Newsletter "We have a surprise!" > lalu ganti dengan judul konten yang akan anda tulis
  • klik foto utama dibawah judul Newsletter, lalu ganti dengan foto yang relevan dengan konten anda dengan cara > klik tombol insert > image
  • Scroll ke bawah foto utama konten, ganti nama penulis dan tanggal konten dengan nama anda
  • Tulis konten anda hingga selesai

dashboard1
dashboard2

5. Menulis fitur konten tambahan dibawah konten utama anda yaitu "THIS WEEK'S  TOP STORIES", yang berguna untuk memberitahukan pelanggan anda tentang konten lain yang sedang banyak dibaca orang di minggu ini.

Cara membuatnya sama dengan diatas, scroll kebawah > ganti foto, nama, dan konten. 
Akan tetapi jika anda tidak ingin membuatnya, maka hapus semua komponen seperti foto, nama, dan lainnya pada fitur tersebut.


dashboard3

dashboard5

6. Ganti logo dan alamat yang ada pada bagian paling bawah template dengan logo dan alamat bisnis anda.

Jika sudah selesai, konten dapat anda share atau anda download ke dalam beberapa format dengan cara pilih menu utama File > Download > pilih format file > Epub

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat dokumen-dokumen lainnya seperti, resume, letter, newsletter, project proposal, business letter, meeting note, recipe, brochure, onboarding notes, dan lainnya. 

Bagaimana ....., mudah kan?! Selamat mencoba

0 Response to "Cara Membuat Newsletter Terbaik di Google Docs "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...