Cara Cepat Membuat Ebook Dengan Google Docs Untuk Pemula - Jati882

Cara Cepat Membuat Ebook Dengan Google Docs Untuk Pemula

Manfaat lain dari Google Docs adalah dapat digunakan untuk membuat Ebook.



ebook

Ebook atau Buku Elektronik adalah versi digital dari sebuah buku, yang memungkinkan kita dapat mengunduh dan membacanya di layar komputer, laptop, tablet, dan handphone.

Pada prinsipnya Ebook atau Buku Elektronik dibuat seperti Buku manual atau cetakan, terdiri dari kata-kata dan gambar yang disusun secara sistematis agar mudah dibaca dan dimengerti oleh pembacanya.

Ebook atau Buku Elektronik biasanya digunakan sebagai alat pemasaran digital marketing  dan ada pula yang  dibagikan secara gratis maupun berbayar.

Seperti buku manual atau cetakan, Ebook digunakan untuk menulis apa saja, dari mulai karangan bebas, skripsi, tutorial, buku pelajaran, dan sebagainya.

Jika anda pernah membuat skripsi dimasa kuliah dulu, tentunya sudah paham dan mengetahui cara membuat buku atau skripsi secara manual.

Jika anda adalah seorang Blogger, tentu saja anda sudah banyak menulis dan mempunyai banyak artikel, dan artikel-artikel yang sama topiknya dapat anda satukan menjadi sebuah Ebook atau Buku Elektronik.

Setelah selesai membuat Ebook atau Buku Elektronik, anda dapat mempublikasikannya di internet, atau membagikan Ebook tersebut secara gratis untuk pengunjung website atau blog anda, atau menjualnya ke situs atau website yang menerima Ebook untuk dijual.

Kelebihan Ebook atau Buku Elektronik adalah anda dapat menjangkau banyak audiens dari seluruh dunia dengan mempublikasikannya di internet tanpa anda harus repot mencetak buku, mengirim buku, dan sebagainya.

Ebook atau Buku Elektronik yang anda buat dapat pula anda jual ke website tertentu seperti Webself, untuk mendapatkan income dari penjualan Ebook tersebut.

Selain itu anda dapat menggunakan Ebook atau Buku Elektronik ini untuk mendapatkan alamat email pengunjung website atau blog anda, dengan cara meminta alamat email mereka untuk mendapatkan Ebook gratis via email.

Sebelum membuat Ebook atau Buku Elektronik, ada baiknya mempelajari dulu cara membuat buku secara manual atau cetakan, yang pada prinsipnya tidak jauh berbeda.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Ebook


1. Menentukan nieche atau topik apa yang akan anda tulis untuk dijadikan buku. Untuk menentukan topik apa yang sedang banyak dicari dan dibaca orang anda dapat menggunakan Google Trends.

2. Mengumpulkan bahan tulisan sesuai dengan topik yang anda pilih dari berbagai sumber, dan jangan lupa mencatat sumber bacaan atau websitenya.

3. Membuat kerangka buku agar tulisan anda lebih sistematis agar isi dari buku atau Ebook anda mudah diketahui oleh pembacanya.

4. Mulai menulis draft buku dari mulai Judul buku, Kata Pengantar, Daftar isi, materi utama, Kesimpulan, Referensi, Daftar Pustaka, dan Penutup,

5. Melakukan review draft buku yang sudah anda tulis untuk mengetahui apakah dalam draft buku atau Ebook tersebut masih terdapat kesalahan, kekurangan, dan sebagainya.

6. Melakukan editing untuk memperbaiki kesalahan tulis, kesalahan kata, menambahkan gambar atau ilustrasi, referensi, daftar pustaka, dan sebagainya.

7. Membuat Cover buku atau Ebook yang menarik dan relevan dengan isi buku agar menarik perhatian orang untuk membacanya.

8. Melakukan penjilidan dan mencetak buku jika anda membuat buku cetakan atau manual ke penerbit atau ke percetakan.


Langkah ke satu hingga langkah ke tujuh diatas dapat anda gunakan dalam pembuatan Ebook atau Buku Elektronik, sedangkan langkah ke delapan tidak perlu.

1. Kunjungi atau download situs Google Docs di link ini https://docs.google.com/document/u/0/?ftv=1

2. Pilih Blank Document
Pada dashboard Google Docs terlihat menu utama dan fitur-fitur yang tersedia untuk mengolah kata.



3. Menulis Buku sesuai ke tujuh langkah diatas hingga selesai, usahakan panjang tulisan minimal 5.000 kata.

4. Langkah selanjutnya adalah mempublikasikan Ebook yang anda buat, atau mendownloadnya ke dalam format EPUB publication (.epub) agar dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, dan handphone audiens anda.

SELAMAT MENCOBA...












0 Response to "Cara Cepat Membuat Ebook Dengan Google Docs Untuk Pemula"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...