Cara Membuat desain Kartu Idhul Ucapan Fitri Kreasi Sendiri

Aplikasi Untuk Membuat Sendiri Desain Kartu Ucapan Idhul Fitri

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

Canva

Idhul Fitri 1441H atau bertepatan dengan tanggal 24 Mei 2020 tinggal menunggu hari. Setelah satu bulan berpuasa, kemudian membayar zakat fitrah, lalu dilanjutkan dengan melantunkan Takbir pada malam minggu waktu Indonesia.

Malam takbiran seperti biasanya diisi dengan melantunkan takbir di mushola, masjid, di panggung, dan bahkan takbir keliling kota dengan kendaraan.

Akan tetapi malam takbiran tahun ini diperkirakan tidak semeriah tahun lalu, karena masih diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (social distancing) di kota Jakata.

Idhul Fitri merupakan hari kemenangan bagi ummat Islam yang menjalankan puasa Ramadhan satu bulan penuh, ditambah dengan ibadah-ibadah sunnah lainnya seperti sholat taraweh, sholat tahajjud, membaca Al-Qur'an, dan sebagainya.

Puncak dari rangkaian semua ibadah tersebut adalah melakukan sholat Idhul Fitri tanggal 1 syawal 1441H bertepatan dengan tanggal 24 Mei 2020 hari minggu nanti.

Pemerintah DKI Jakarta mengimbau sholat Idhul Fitri tahun ini dilaksanakan oleh warga di rumah masing-masing, dan tidak di masjid-masjid, apalagi di jalan raya untuk menghindari kerumunan massa.

Akan tetapi sepertinya himbauan ini sulit untuk dilaksanakan, sebab salah satu bagian dari sholat Idhul Fitri adalah khutbah Idhul Fitri yang tidak semua orang dapat melakukannya.

Selesai melaksanakan sholat Idhul Fitri, biasanya ummat Islam saling bersalam-salaman, berpelukan satu dengan yang lainnya dan saling bermaafan.

Kemudian kembali ke rumah masing-masing, lalu kembali saling bersalaman dan saling bermaafan dengan semua anggota keluarga, dilanjutkan saling berkunjung ke rumah tetangga, kerabat, dan lainnya.

Akankah semuanya itu akan terlaksana seperti tahun-tahun sebelumnya?, entahlah.

Ada satu tradisi yang sudah berlangsung sejak lama dalam menyambut Idhul Fitri yaitu saling berkirim kartu ucapan Idhul Fitri.

Bedanya adalah kartu ucapan Idhul Fitri sekarang ini dalam bentuk digital, sehingga anda tidak harus membelinya dan mengirimnya melalui kantor pos seperti dahulu.

Sekarang anda dapat membuat sendiri kartu digital ucapan Idhul Fitri dengan menggunakan aplikasi.

Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan adalah Canva, yang dapat anda download di Play store.

Aplikasi Canva ini ibarat sebuah supermarket desain grafis. Ribuan desain grafis untuk berbagai kebutuhan dapat anda gunakan dengan cara yang sangat mudah.

Anda dapat mendesain sendiri kartu ucapan Idhul Fitri, dan juga dapat menggunakan template siap pakai tersedia di aplikasi ini.

Langkah-langkah Membuat Kartu Ucapan Idhul Fitri

  • Buka aplikasi Canva
  • Pilih atau ketik "Idul fitr greeting card" pada kotak pencarian. 
  • Pilih salah satu desain template yang tersedia dengan melakukan scroll ke bawah layar. 
canva 

Aplikasi ini menyediakan cukup banyak desain template kartu lebaran yang dapat anda edit atau modifikasi sesuai dengan keinginan anda. 

Untuk contoh menggunakan aplikasi ini saya memilih template ini :
  • Klik tombol Edit
canva

Kemudian tampilan layar akan terlihat seperti dibawah ini :
Klik bagian tertentu dari teks atau tulisan yang ada pada template ini :

canva

Setelah anda mengklik bagian dari tulisan template, lalu muncul garis putus-putus yang mengelilingi masing-masing tulisan pada template.

Teks atau tulisan-tulisan tersebut dapat anda edit satu persatu dengan cara mengklik kotak bergaris putus-putus yang mengelilingi tulisan-tulisan tersebut satu persatu.

Anda dapat mengganti jenis huruf atau font dengan cara mengklik tombol panah kebawah pada kotak pilihan font.

canva

Anda juga dapat mengganti ukuran huruf atau font yang anda gunakan dengan cara menggeser mistar ukuran huruf atau font ke arah kanan untuk memperbesar ukuran font, dan ke arah kiri untuk memperkecil ukuran font.

canva

Selain dapat mengganti jenis huruf atau font dan ukurannya, anda dapat juga mengganti warna font yang anda gunakan.

canva

Anda dapat juga mengatur teks atau tulisan seperti :
  • Rata kiri
  • Rata tengah 
  • Rata kanan
  • Menebalkan teks
  • Memiringkan teks
  • Mengatur spasi

canva

Sekarang coba anda klik bagian foto dari template ini.

Anda dapat mengganti gambar atau foto background template dengan cara mengklik tombol "Gambar", lalu ganti dengan pilihan gambar background yang tersedia pada aplikasi ini.

canva

Anda juga dapat menggunakan foto koleksi pribadi dengan cara mengklik tombol "Galeri"

canva

Anda juga dapat melakukan filter foto untuk mendapat tampilan yang agak berbeda untuk gambar atau foto background template.
canva

Anda juga dapat menggunakan background polos tanpa foto, dengan cara mengklik tombol "Warna" > klik tombol "+" > pilih warna background.

canva

Anda juga dapat mengatur posisi teks atau tulisan dengan menempatkan teks diatas foto background atau dibelakang foto background dan mengatur tingkat transparansi foto dengan cara :


  • Klik tombol bundar berisi titik-titik yang ada dibagian kanan atas layar
  • Pilih tombol disebelah kirinya yang bertanda panah ke atas atau panah ke bawah. 
  • Klik tombol bergambar kotak-kotak kecil untuk mengatur tingkat transparansi foto background. 

canva
Dan yang terakhir anda dapat juga menggunakan tombol  "+" menambahkan ke desain template kartu Idhul Fitri yang anda buat dengan :

  • Teks
  • Gambar
  • Video 
  • Sticker
  • Ilustrasi
  • Template 
  • Logo
  • Halaman


Canva

Canva

Jika sudah selesai melakukan editing, jangan lupa klik tombol centang untuk menyimpan file kartu Idhul Fitri yang baru saja anda buat.

Kemudian anda dapat membagikan kartu Idhul Fitri anda kepada keluarga, sahabat, teman dan handai taulan, dengan cara :

1. Membagikan link kartu anda
2. Mengklik tombol download
3. Mengklik tombol share.

Mudah bukan?!

"Selamat Idhul Fitri 1441 H."

0 Response to "Cara Membuat desain Kartu Idhul Ucapan Fitri Kreasi Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...