Beginilah Strategi Penetapan Harga Jual, Produk atau Barang - Jati882

Beginilah Strategi Penetapan Harga Jual, Produk atau Barang

Strategi Penetapan Harga Jual, Untuk Produk atau Barang, Tujuan, dan Prosedurnya Dalam Marketing Mix. 



strategi penetapan Harga jual

Harga adalah salah satu Bauran Pemasaran atau Marketing Mix yang dikenal dengan istilah 4P dan kemudian ditambah lagi dengan tiga komponen menjadi 7P untuk perusahaan jasa atau layanan.

Penetapan Harga Jual produk, Barang, merupakan seni menerjemahkan nilai produk ke dalam istilah-istilah kuantitatif (uang) kepada pembeli pada suatu saat.

Untuk menetapkan tingkat harga suatu produk biasanya dilakukan dengan uji coba pasarnya, apakah pasar menerima atau menolak.

Apabila konsumen menerima, berarti harga yang ditetapkan sudah layak. Akan tetapi jika konsumen menolak maka akan dilakukan perubahan harga secepatnya.

Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah barang beserta pelayanannya.

Harga suatu produk atau layanan merupakan penentu bagi permintaan pasarnya, posisi persaingan, dan market sharenya.

Harga pasar suatu produk dapat memengaruhi tingkat upah, sewa, dan laba perusahaan.

Harga produk atau layanan sebagian ditentukan oleh seberapa banyak produk atau layanan itu tersedia dan siapa yang ingin membelinya.

Adapun tujuan Penetapan atau Penentuan Harga adalah :

  • Memperoleh laba yang maksimal untuk kelangsungan hidup perusahaan 
  • Pengembalian investasi 
  • Mengurangi persaingan 
  • Mempertahankan market share 

Prosedur Untuk Penetapan Atau Penentuan Harga


Langkah berikutnya yang dilakukan manajemen adalah membuat prosedur penetapan harga, yaitu :
  1. Membuat estimasi permintaan produk secara total dengan cara menentukan harga yang diharapkan dan mengestimasi volume penjualan pada beberapa tingkatan harga. 
  2. Mencari tahu produk pesaing seperti barang sejenis, barang pengganti, dan barang atau produk lainnya. 
  3. Membuat estimasi market share, karena dapat mempengaruhi kapasitas produksi, biaya ekspansi, dan mempermudah memasuki persaingan. 
  4. Memilih strategi untuk pencapaian target 
  5. Membuat kebijakan pemasaran 
  6. Menetapkan harga 

Strategi Penetapan Harga Jual Produk atau Barang 


1. Skimming pricing atau penetapan harga yang setinggi-tingginya untuk menutupi biaya-biaya dikeluarkan seperti biaya penelitian, pengembangan, dan promosi. 

Strategi ini digunakan untuk barang atau produk baru, dengan pertimbangan :
  • Permintaan barang atau produk masih inelastis, saingan masih sedikit. 
  • Mentargetkan segmen pasar berpenghasilan tinggi. 
  • Untuk antisipasi kekeliruan penetapan harga. 
  • Mendapatkan penghasilan dan laba yang tinggi. 
  • Membatasi kapasitas produksi. 

2. Penetration Pricing atau penetapan harga yang serendah-rendahnya dengan tujuan untuk mencapai volume penjualan setinggi-tingginya dalam waktu singkat. 

Metode Penentuan Harga 


1. Berdasarkan permintaan, kemampuan, dan keinginan konsumen untuk membeli barang atau produk, mendapatkan manfaat dari barang atau produk, dan perilaku konsumen secara umum.

Price Sensitivity Meter (PSM), yaitu penentuan harga yang didasari persepsi konsumen terhadap nilai produk yang dibeli.
Diskriminasi Harga, yaitu membedakan harga untuk satu jenis produk yang sama dalam segmen pasar yang sama berdasarkan faktor demografi, kualitas, waktu, konsumen, dan sebagainya.

2. Berdasarkan biaya produksi dan biaya pemasaran, serta biaya lainnya agar dapat menutupi biaya langsung, biaya overhead, dan laba, dengan menggunakan metode :

  • Cost Plus Pricing Method, yaitu Harga Jual=biaya total + laba. 
  • Mark up Pricing, yaitu Harga Jual= harga beli + laba / mark up
  • Fix Fee Pricing, yaitu Jumlah Biaya yang dikeluarkan Produksen + fee yang sudah disepakati. 
  • Target Pricing, yaitu berdasarkan pada tingkat pengembalian investasi atau ROI. 


3. Berdasarkan laba dengan menggunakan pendekatan profit pricing, target return on sales pricing, dan return on investment pricing.

4. Berdasarkan persaingan yaitu dengan mengikuti apa yang dilakukan oleh pesaing dengan pendekatan :
  • Penentuan harga dibawah harga pesaing. 
  • Penentuan harga yang sama dengan harga pesaing. 
  • Penentuan Harga yang lebih tinggi dari pesaing. 
  • Perceived Value Fixing atau harga jual rata-rata produk sejenis 
  • Sealed Bid Pricing atau berdasarkan penawaran yang diajukan pesaing. 



Artikel Strategi Penetapan Harga Jual Produk ini diolah dari beberapa sumber.

0 Response to "Beginilah Strategi Penetapan Harga Jual, Produk atau Barang"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...