Manfaat Bauran Pemasaran 7P

Bauran Pemasaran atau Marketing Mix Yang Digunakan Perusahaan Untuk Sukseskan Bisnis.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

Marketing mix

Bauran Pemasaran atau Marketing Mix menurut Kotler dan Amstrong adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam target pasar.

Menurut Wikipedia Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah model dasar untuk bisnis, secara historis berpusat sekitar produk, harga, tempat, dan promosi (juga dikenal dengan 4P).

Bauran Pemasaran atau Marketing Mix telah didefinisikan sebagai seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mengejar tujuan pemasarannya di pasar sasarannya.

Praktek pemasaran telah terjadi ribuan tahun, tetapi teori pemasaran baru muncul pada awal abad ke dua puluh.

Bauran pemasaran kontemporer atau 4P yang telah menjadi kerangka kerja dominan untuk keputusan manajemen pemasaran, pertama kali diterbitkan pada tahun 1960.

Dalam pemasaran jasa, Bauran Pemasaran atau Marketing Mix diperluas penggunaannya dengan ditambah tiga poin lagi yaitu 3P atau Process (Proses) , People (Orang) , dan Physical Evidence (Bukti Fisik).


1. Produk (Product)


Produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk kemasan, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

Produk adalah sesuatu yang dijual dalam bisnis berupa barang atau layanan yang mempunyai nilai guna dan dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Tahap-tahap Pengembangan Produk Baru.

Ada beberapa tahap yang harus dilalui untuk pengembangan produk baru, yaitu :

  • Mendapatkan ide produk 
  • Ide membuat produk baru dapat diperoleh dari lembaga penelitian, survey, asosiasi dagang, pemerintah, pesaing, dan sebagainya. 
  • Menyeleksi ide produk
  • Menganalisis ide produk yang dipilih, seperti bentuk produk, perkiraan pasar, pengembangan produk, dan sebagainya.
  • Pengembangan produk
  • Pembuatan produk contoh dan melakukan uji laboratorium, uji teknis, dan lainnya untuk melanjutkan pembuatan produk tersebut. 
  • Tes Pasar 
  • Produksi massal. 

2. Harga (Price)


Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah barang beserta pelayanannya.

Harga suatu produk atau layanan merupakan penentu bagi permintaan pasarnya, posisi persaingan, dan market sharenya.

Harga pasar suatu produk dapat memengaruhi tingkat upah, sewa, dan laba perusahaan.

Penetapan Harga merupakan seni menerjemahkan nilai produk ke dalam istilah-istilah kuantitatif (uang) kepada pembeli pada suatu saat.

Untuk menetapkan tingkat harga suatu produk biasanya dilakukan dengan uji coba pasarnya, apakah pasar menerima atau menolak.

Apabila konsumen menerima, berarti harga yang ditetapkan sudah layak. Akan tetapi jika konsumen menolak maka akan dilakukan perubahan harga secepatnya.

Harga produk atau layanan sebagian ditentukan oleh seberapa banyak produk atau layanan itu tersedia dan siapa yang ingin membelinya.

Adapun tujuan penetapan harga adalah :
  • Memperoleh laba
  • Pengembalian investasi 
  • Mengurangi persaingan 
  • Mempertahankan market share 

Strategi Harga
  • Menetapkan harga produk baru setinggi-tingginya untuk menutupi biaya penelitian, pengembangan, dan promosi.
  • Menetapkan harga serendah-rendahnya dengan tujuan mencapai volume penjualan setinggi-tingginya dalam waktu singkat.

3. Tempat (Place)


Yang dimaksud tempat disini adalah saluran distribusi, yaitu saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk dari produsen ke konsumen.

Produsen sering menggunakan perantara sebagai penyalurnya. Perantara merupakan kegiatan yang berdiri sendiri yang berada antara produsen dan konsumen akhir atau konsumen industri.

Perantara digolongkan menjadi dua, yaitu :

  • Perantara  yang bertanggung jawab kepada pemilik produk atau barang yang dipasarkannya seperti Pedagang besar dan Pengecer. 
  • Perantara agen tidak mempunyai hak atas barang atau produk yang mereka tangani, contohnya Agen penunjang dan Agen pelengkap. 


4. Promosi (Promotion)


Promosi merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran sebagai proses yang berlanjut.

Promosi adalah bentuk komunikasi perusahaan kepada konsumen tentang produk atau layanan yang akan ditawarkan agar diketahui oleh konsumen dan untuk mempengaruhi konsumen untuk membelinya.

Promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah, yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

Sedangkan komunikasi pemasaran adalah pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak yang terlibat pemasaran.

Komunikasi pemasaran dapat membantu mempertemukan penjual dan pembeli untuk menciptakan arus informasi dan untuk mencapai persetujuan pertukaran yang memuaskan kedua belah pihak.

Pada saat ini orang lebih banyak menggunakan istilah kampanye daripada promosi.

Kampanye adalah suatu rangkaian usaha promosi yang terkoordinir dengan suatu tema, dan direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu.

5. Proses (Process)


Proses merupakan suatu metode, prosedur, atau urutan kegiatan penyampaian layanan kepada konsumen, seperti Standar Operating Procedure (SOP.

Proses dapat memengaruhi kinerja layanan yang anda berikan, yang melibatkan pengiriman produk ke konsumen.

Dengan memastikan bisnis anda mempunyai proses yang baik dan efisien akan menghemat waktu dan uang dan menjaga reputasi merk, serta loyalitas pelanggan.

6. Bukti Fisik (Physical Evidence)


Bukti fisik merupakan upaya yang diberikan penyedia layanan untuk meyakinkan konsumen seperti kwitansi atau faktur penjualan, materi cetak, kantor, gedung, website, dan sebagainya.

7. Orang (People)


Orang disini adalah karyawan atau petugas yang memberikan pelayanan, dan seberapa baik mereka memberikan pelayanan kepada konsumen atau pelanggan.

Perusahaan sangat bergantung kepada orang-orang yang menjalankan bisnisnya, dari mulai staf penjualan terdepan hingga Direktur pemasaran.

Memilih dan menempatkan orang yang tepat merupakan suatu keharusan untuk produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

Diolah dari beberapa sumber. 

0 Response to "Manfaat Bauran Pemasaran 7P"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...