Advertising, Ketahuilah Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Contoh iklan - Jati882

Advertising, Ketahuilah Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Contoh iklan

Advertising Era Digital Marketing Untuk Berkomunikasi Dengan Konsumennya.



Advertising

Menurut Wikipedia Advertising atau periklanan merupakan bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca, atau pendengar) untuk mengambil beberapa tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau layanan.

Tujuan dari disampaikannya iklan tersebut adalah mengarahkan perilaku konsumen terhadap suatu penawaran komersial ataupun mempersuasi seseorang dalam melakukan sesuatu (seperti iklan politik / layanan masyarakat yang non komersial).

Menurut William G. Nickels Advertising atau periklanan adalah komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non profit, serta individu-individu.

Peranan Advertising atau periklanan dalam pemasaran suatu produk adalah untuk membangun kesadaran terhadap keberadaan produk yang ditawarkan agar diketahui oleh konsumen, dengan membujuk konsumen untuk membeli produk tersebut.

Fungsi dari Advertisnig atau Periklanan


1. Memberikan Informasi tentang suatu barang atau produk, apa merknya, berapa harganya, bagaimana cara penggunaannya, dan informasi lainnya yang berguna bagi konsumen.

2. Mempengaruhi konsumen atau pembeli potensial agar membeli produknya dengan alasan produknya lebih baik dari produk lainnya, misalnya iklan di televisi, radio, dan Surat kabar yang terkadang menimbulkan kesan yang kurang baik.

3. Menciptakan kesan atau image tertentu tentang produk yang diiklankan dengan menggunakan format iklan yang menarik, dengan desain, warna, dan tampilan yang menarik untuk memberikan kesan kepada konsumen bahwa produknya berbeda dengan produk lainnya.

4. Sebagai Alat komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli agar keinginan mereka dapat terpenuhi dengan cara yang efektif dan efisien.

Jenis-jenis Advertising atau Periklanan

1. Product Advertising atau Periklanan Barang atau produk, yaitu pemasangan iklan bertujuan memberitahukan kepada pasar tentang produk yang ditawarkannya.
Periklanan barang dibagi menjadi dua, yaitu :
  • Primary Demand Advertising atau Periklanan yang digunakan untuk mendorong permintaan suatu produk secara keseluruhan tanpa menyebut merk. 
  • Selective Demand Advertising yaitu Periklanan yang digunakan untuk mendorong permintaan suatu produk secara keseluruhan dengan menyebut merk.
  • Direct Advertising, yaitu penjual atau produsen menggunakan iklan untuk segera mendapatkan respon konsumen atas iklannya. 
  • Indirect Advertising untuk mendorong permintaan suatu produk untuk jangka waktu yang lebih lama. 

2. Corporate Image Advertising, yaitu Periklanan dengan tujuan untuk menciptakan nama baik bagi perusahaan, terdiri dari :
  • Petronage Advertising 
  • Public Relation Advertising
  • Public Service Advertising 

3. Periklanan Nasional, Regional, dan Lokal 

4. Periklanan Pasar, berdasarkan pada jenis pasarnya dan target atau sasaran yang dituju yaitu :
  • Consumer Advertising 
  • Trade Advertising 
  • Industrial Advertising 

Tujuan Advertising atau Periklanan

  • Mendukung program personal selling
  • Mencapai konsumen yang tidak terjangkau oleh tenaga penjualan. 
  • Memperkenalkan produk baru
  • Membangun Branding
  • Mencari konsumen baru
  • Mencegah barang atau produk palsu

Media Advertising atau Periklanan 

Pemilihan media yang akan digunakan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
  • Tujuan Periklanan, misalnya kecepatan iklan menjangkau konsumen. 
  • Keperluan Berita, misalnya iklan menggunakan tulisan, gambar, suara, dan video. 
  • Karakteritis Media
  • Biaya iklan

Beberapa media yang dapat digunakan untuk Advertising atau Periklanan, yaitu :
  • Media cetak seperti Koran, Majalah, Brosur
  • Televisi 
  • Radio
  • Direct mail
  • Outdoor seperti Billboard, spanduk, Baliho
  • Iklan digital di internet seperti Email, Website, Blog, Google Ads, Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, Marketplace, Online Shop mandiri, dan sebagainya. 

Jenis-jenis Iklan Digital

Iklan Digital secara garis besar dibagi menjadi lima kategori, yaitu :

1. Direct Advertising, yaitu pengiklan berhubungan langsung dengan publisher seperti Blogger dan sepakat untuk mengiklankan produk atau layanan tertentu, dengan menggunakan gambar dan tulisan, banner, dan artikel yang di posting pada suatu website atau blog publisher yang mempunyai trafik tinggi, dan kontennya relevan dengan nieche atau topik dari website atau blog tersebit.

Advertising

2. Self Service Advertising, yaitu Pengiklan membuat sendiri materi iklan, mengatur penempatan iklan, dan menentukan sendiri Budget iklannya di platform tertentu seperti Google Ads dengan sistem Pay Per Click yaitu hanya membayar jika ada visitor yang mengklik iklannya.

Advertising

3. Ad Networks, yaitu pihak yang mempertemukan Advertiser dan Publisher, mengelola pemasangan iklan, menerima dan membayar iklan yang sudah ditayangkan. Beberapa Ads Network yang menyediakan jasa ini diantaranya :
  • MGID
  • PropellerAds
  • Adnow
  • Adcash
  • Revenue Hit
  • Pop cash
  • dan lainnya.
Advertising

4. Contextual Advertising, yaitu iklan yang ditargetkan pada suatu konten, dan oleh sistem akan disesuaikan dengan iklan yang relevan dengan konten tersebut, misalnya Google Adsense.

Advertising


5. Facebook Ads
Salah satu kelebihan dari Facebook adalah jumlah penggunanya yang begitu besar, sehingga peluang untuk mendapatkan konversi dengan memasang iklan di Facebook semakin besar. Apalagi Facebook dan Instagram telah bergabung menjadi satu sehingga iklan yang ditayangkan di Facebook dapat ditayangkan di Instagram secara otomatis.

Advertising

6. Twitter Ads.
Iklan di Twitter merupakan iklan pendek terdiri dari beberapa kata, yaitu cuitan dari si pemasang iklan yang berisi petunjuk, link, atau keyword tertentu yang menerangkan tentang suatu produk atau merk tertentu yang dia tawarkan.

Advertising

7. Iklan Mandiri, yaitu iklan yang dipasang pada toko online milik sendiri, situs web, atau blog milik sendiri.

Advertising



Diolah dari berbagai sumber.

0 Response to "Advertising, Ketahuilah Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, dan Contoh iklan"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...