Strategi Pemasaran Yang Dibutuhkan Pada Saat Krisis Global Pandemi Covid19

Strategi Pemasaran Yang Dibutuhkan Pada Saat Krisis Global Pandemi covid19 2020, Agar Bisnis anda tetap Bertahan. 

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

marketing strategy

Strategi Pemasaran adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh suatu bisnis atau perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Strategi Pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk atau layanan, dengan menggunakan rencana dan taktik tertentu untuk meningkatkan volume penjualan.

Strategi Pemasaran menurut Kurtz adalah keseluruhan program pemasaran perusahaan dalam menentukan target pasar dan memasarkan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari bauran pemasaran yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi.

Strategi Pemasaran suatu bisnis atau perusahaan biasanya dibuat untuk periode tahun berikutnya, seperti periode tahun 2020 ini telah disusun pada tahun 2019.

Trend Pemasaran 2020


Media sosial akan tetatp eksis di tahun 2020 terutama Facebook dan Instagram dikarenakan pengguna kedua platform begitu besar dan masih besar peluang anda untuk memasarkan produk dan layanan di kedua platform ini.

Selain Facebook dan Instagram, Youtube juga masih menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk memasarkan konten dalam bentuk video.

Strategi Pemasaran tahun 2020


1. Influencer Marketing
2. Affiliate Marketing
3. Social Media Marketing
4. Membuat uat Blog
5. Awareness Partnership
6. Alway on Marketing
7. B2B Marketing


Pada umumnya perusahaan optimis pada tahun 2020 bisnis mereka ini akan berjalan baik sesuai prediksi, situasi dan kondisi perekonomian yang akan semakin baik.

Akan tetapi semua itu harus sirna akibat mewabahnya covid19 pandemic yang sudah menjadi kejadian luar biasa di banyak negara, sehingga memaksa pemerintahnya melakukan sosial distancing, work from home, lockdown, bahkan pemberlakuan sosial distancing berskala besar.

Dampak yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia akibat Covid19 pandemic ini, diantaranya :

1. Menurut Menteri Perindustrian Republik Indonesia Bapak Agus Gumiwang, 60% sektor Industri kecil, menengah dan besar terpukul terkena dampak Covid19 pandemic, dan hanya 40% yang mengalami permintaan yang tinggi. (liputan6.com, 22 April 2020)

2. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebut berbagai sektor industri di dalam negeri terdampak oleh Corona pandemic, dan pukulan terbesar dialami sektor pariwisata dan turunnya.

Menurut laporan yang diterima Kadin, sebanyak 1.650 Hotel tutup, ada sebuah franchise yang sudah menutup 300 dari 700 outlate yang dimilikinya. (Katadata.co.id, 22-04-20)

3. Menurut Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani, empat sektor yang paling tertekan akibat wabah virus Covid19 yaitu rumah tangga, UMKM, Korporasi, dan Keuangan. (mediaindonesia.com, 01 April 2020).

Strategi Pemasaran Yang Dibutuhkan Pada Saat Krisis Global Pandemi covid19 2020, yaitu :


1. Perkuat hubungan anda dengan Pelanggan, terus berkomunikasi dengan pelanggan setia anda. Katakan bahwa anda akan tetap melakukan hal yang terbaik untuk bisnis anda dan selalu siap memberikan layanan terbaik kepada pelanggan selama krisis pandemi covid19 ini.

2. Promosi Penjualan yang tepat dan sesuaikan budget, agar tidak terjadi pemborosan biaya promosi.

Pada saat pemberlakuan social distancing, promosi atau kampanye pemasaran lebih fokus melalui sosial media dengan menggunakan iklan Pay Per Click, yaitu anda hanya membayar biaya iklan jika ada pengunjung internet melakukan klik untuk melihat iklan anda.

3. Taktik dan Strategi Pemasaran yang kreatif dengan menggunakan cara baik online maupun off-line, seperti menggunakan strategi pemasaran dari mulut ke mulut, memberikan kupon potongan harga, memberikan gratis ongkos kirim, dan sebagainya.

4. Terus Menjual dan jangan berhenti menjual, dengan mencari peluang usaha yang sedang boom pada saat krisis global pandemi covid19 tahun 2020 ini.

Ada istilah berkah dibalik musibah, sebab hidup harus tetap berjalan, orang harus tetap makan, orang harus tetap bekerja dan berusaha, selalu ada jalan untuk keluar dari krisis yang terjadi pada saat ini.

5. Gunakan aplikasi video conference gratis seperti Zoom, untuk rapat online dengan rekan bisnis, pemasok, dan stake holder lainnya.

6. Gunakan otomatisasi email dengan aplikasi email autoresponder gratis seperti Mailchimp. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis jika jumlah daftar email pelanggan anda maksimal 2.000 email.

7. Gunakan layanan antar dengan armada sendiri atau bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa kurir servis yang terbaik di kota anda.

8. Pivot bisnis atau banting stir lakukan bisnis lainnya yang masih dapat mendatangkan profit. Sebagai contoh, sebuah pabrik garment yang tadinya hanya memproduksi pakaian berganti memproduksi Alat Pelindung Diri untuk tenaga medis.


Demikian artikel yang berjudul Strategi Pemasaran Pada Saat Krisis Global Pandemi Covid19 ovid19 tahun 2020 ini, Semoga musibah ini segera berakhir, Aamiin....

0 Response to "Strategi Pemasaran Yang Dibutuhkan Pada Saat Krisis Global Pandemi Covid19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...