Pengertian, Tujuan, Unsur, Brand Identity, Dan Contoh Branding - Jati882

Pengertian, Tujuan, Unsur, Brand Identity, Dan Contoh Branding

Untuk Meningkatkan Reputasi Sebuah Bisnis Di Pasar Tertentu Dengan Menggunakan Branding.



Branding

Branding menurut Philips Kotler adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikan (membedakan) dari barang atau jasa pesaing. 

Proses memberi makna pada organisasi, perusahaan, produk atau layanan tertentu atau Branding, dilakukan dengan menciptakan dan membentuk merek di benak konsumen. 

Kesan pertama pertama bisnis kepada prospek dan kombinasi elemen-elemen pemasaran dan periklanan yang membentuk snapshot kohesif bisnis atau perusahaan adalah Branding. 

Branding merupakan strategi yang dirancang organisasi untuk membantu orang mengidentifikasi merek mereka dengan cepat, dan memberi mereka alasan untuk memilih produk mereka daripada produk pesaing. 

Tujuan Branding adalah untuk menarik dan mempertahankan Pelanggan setia dan pemangku kepentingan lainnya dengan memberikan produk yang selaras dengan apa yang dijanjikan merk. 

Merek adalah serangkaian persepsi yang dimiliki oleh orang tentang perusahaan anda, sedangkan Branding adalah serangkaian tindakan yang anda lakukan untuk membangun merek itu. 

Jika anda ingin membangun merek yang sukses maka anda harus dikenali dengan pencitraan merek, untuk meningkatkan pengakuan merek anda di pasar. 

Bagi konsumen merek adalah sebagai jalan pintas pengambilan keputusan ketika ragu tentang suatu produk yang sama dari perusahaan lain. 

Tujuan utama memiliki merek yang hebat. 

  • Membentuk ikatan pelanggan yang kuat 
  • Membuat karyawan menjadi advokat bagi perusahaan 
  • Mendukung upaya pemasaran dan periklanan 
  • Menggerakkan titik harga ke tingkat yang lebih tinggi 
  • Membangun basis pelanggan loyal 

Selain itu, strategi Branding yang sukses akan menambah reputasi perusahaan termasuk karyawan, pemegang saham, dan pihak ketiga. 

Branding membantu anda memilih cara membuat anda berbeda, istimewa dan unik, untuk menunjukkan kepada pelanggan anda mengapa mereka harus memilih perusahaan anda. 

Brand Identity 


Bran identity atau identitas Brand adalah semua elemen yang membentuk persepsi banyak orang terhadap Bran tersebut. 

Brand identity atau identitas Brand terdiri dari berbagai jenis elemen. 

1. Logo
Logo adalah wajah perusahaan anda. Mendesain logo sangat penting untuk bisnis anda. Pikirkan siapa anda sebagai sebuah merk dan bagaimana anda ingin dimengerti  dan dirasakan oleh pelanggan anda. 

2. Bentuk tampilan yang menarik. 
Bentuk tampilan seperti kemasan, display produk, website, dan interior ruangan dapat menjadi keputusan konsumen memilih untuk membeli produk anda. 

3. Warna 
Warna dapat mencerminkan merk anda. Warna produk yang menonjol dari yang lain lebih mudah dikenali konsumen. 

4. Bahasa 
Gunakan bahasa yang sesuai dengan merk anda, gunakan untuk semua elemen bisnis anda. 

5. Template 
Gunakan template yang profesional pada email bisnis anda. 

6. Konsistensi 
Konsistensi dibutuhkan untuk semua elemen pembentuk identitas seperti logo, warna, bahasa, template, dan lainnya. 

7. Fleksibilitas 
Fleksibilitas dalam penyesuaian dapat dilakukan untuk promosi, slogan, identitas, untuk menarik konsumen. 

8. Dokumen 
Membuat panduan untuk membantu pemasar membangun identitas merk agar semua sesuai dengan identitas yang sudah ditentukan. 

9. Membangun hubungan emosional dengan pelanggan untuk jangka panjang. 

10. Promosi
Salah satu bauran marketing mix adalah promosi. Promosikan merk anda agar dikenal pasar. 

Unsur-Unsur Branding terdiri dari :

  • Nama merek 
  • Emblem, meliputi tipe emblem, monogram, bendera, dan sebagainya.
  • Tampilan kasat mata seperti desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain.
  • Juru bicara, seperti co-founder, maskot, duta perusahaan
  • Suara, seperti ikon bunyi, nada, lagu
  • Kalimat seperti slogan, tagline, jingle

Contoh Branding 

Pada saat ini begitu banyak produsen air minum dalam kemasan, baik dalam bentuk kemasan gelas maupun botol, dan dalam berbagai volume. 

Dimanapun di seluruh dunia ini air sama saja, yaitu benda cair, bening, mengandung mineral, dan sebagainya. 

Akan tetapi setelah melalui proses Branding, air minum dalam kemasan banyak tersedia di pasaran dalam berbagai merk, berbagai bentuk tampilan kemasan, berbagai harga, dan sebagainya. 

Ada merk air dalam kemasan yang merknya sudah begitu terkenal dan menguasai pangsa pasar yang besar. 
Itu semua melalui proses Branding yang dilakukan masing-masing produsen. 

Semoga artikel tentang Branding bermanfaat... 
Diolah dari berbagai sumber. 





0 Response to "Pengertian, Tujuan, Unsur, Brand Identity, Dan Contoh Branding "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...