Marketing Research Dengan Menggunakan Tools Gratis ini

Marketing Research Tools atau Alat Riset Pemasaran Untuk memudahkan Pengambilan Keputusan Riset Anda.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

Tools

Marketing Research atau riset pemasaran adalah proses atau serangkaian proses yang menghubungkan produsen, pelanggan, dan pengguna akhir dengan pemasar melalui informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan, memperbaiki, dan mengevaluasi tindakan pemasaran, memantau kinerja pemasaran, dan meningkatkan memahami pemasaran sebagai suatu proses.

Marketing Research atau riset pemasaran menentukan informasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini, merancang metode untuk mengumpulkan informasi, mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data, menganalisis hasil, mengkomukasikan temuan dan implikasinya. (Wikipedia)

Marketing Research atau riset pemasaran menurut Philips Kotler adalah perencanaan, pengumpulan, analisis serta pelaporan yang telah disusun secara sistematis berdasarkan data atau aneka penemuan yang sesuai dengan situasi pemasaran tertentu.

Dari definisi-definisi diatas dapat dikatakan bahwa Marketing Research atau riset pemasaran merupakan suatu proses yang sifatnya praktis, digunakan oleh Manajemen untuk mengambil keputusan.

Bagi perusahaan, Marketing Research atau riset pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting, untuk membantu mencapai tujuan dan keberhasilan perusahaan.

Di era digital sekarang ini, Marketing Research atau riset pemasaran dapat dilakukan lebih mudah lagi dengan menggunakan Marketing Research Tools, seperti :

1. Google Trends
Alat pencarian online ini dapat membantu anda mengetahui seberapa sering sebuah kata kunci, subjek, dan frasa tertentu telah dicari orang selama periode waktu tertentu.

Alat ini mempunyai fungsi dan menganalisis sebagian pencarian Google untuk menghitung berapa banyak pencarian yang telah dilakukan untuk istilah tersebut, relatif terhadap jumlah total pencarian yang dilakukan Google selama waktu yang sama.

Google trends


2. Statista
Alat statistik online ini juga alat riset pasar dan intelijen bisnis yang menyediakan akses ke data dari lembaga riset pasar dan opini, serta data dari organisasi bisnis dan lembaga pemerintah dalam pilihan empat bahasa.

Alat ini mempunyai sejumlah besar grafik dari berbagai pasar dan wilayah. Layanan premiumnya memiliki banyak alat dan layanan untuk melakukan riset pasar.

Statista


3. Tableau
Tableau adalah platform analisis end to end yang paling kuat, aman, dan fleksibel untuk data anda. Dirancang untuk individu tetapi ditingkatkan untuk perusahaan, dan merupakan platform intelijen bisnis yang mengubah data anda menjadi wawasan yang mendorong tindakan.

Visualisasi data alat ini memiliki banyak pilihan berbeda, termasuk bar, pai, grafik air terjun untuk mengeksplorasi hubungan antar variabel, dan untuk menyajikan trend ke tim yang berbeda.

Tableau


4. Site Profiler
Alat analisis situs web ini mengumpulkan semua situs web pesaing anda di satu tempat.

Alat ini sederhana dan mudah digunakan dengan hanya memasukkan URL situs web untuk mendapatkan statistik yang anda butuhkan beserta ceruknya.

Alat ini mempunyai banyak fitur :

- Ikhtisar semua data tentang domain tertentu, Domain Authority, Page Authority, Alexa rank, dan lainnya.

- Backlink, menampilkan semua tautan balik yang diarahkan ke situs.

- Konten trend teratas, menunjukkan kepada anda semua konten dengan perincian dari mana asal lalu-lintas mereka.

- Audiens, anda dapat mengetahui pengunjung website berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan lainnya.

- Pesaing, menampilkan lansekap situs web dengan kata kunci atau subjek yang relevan.

Site profiler


5. Statcounter
Statcounter adalah alat layanan analisis web. Kode pelacakannya dipasang di lebih dari dua juta situs di seluruh dunia.

Alat ini menganalisis resolusi browser, sistem operasi, layar yang digunakan dan menetapkan apakah tampilan halaman berasal dari perangkat seluler.

Alat gratis ini adalah yang terbaik untuk menganalisis pengunjung situs web, informasi tentang lokasi, browser dan waktu.

Statcounter


Diolah dari beberapa sumber.

0 Response to "Marketing Research Dengan Menggunakan Tools Gratis ini "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...