Marketing Research Tools, dan Marketing Information System - Jati882

Marketing Research Tools, dan Marketing Information System

Marketing Research atau riset pemasaran berkaitan erat dengan Marketing Information System atau Sistem Informasi Pemasaran. 



Market Research

Marketing Research atau riset pemasaran adalah proses atau serangkaian proses yang menghubungkan pelanggan, dan pengguna akhir dengan pemasar melalui informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan, memperbaiki, dan mengevaluasi tindakan pemasaran, memantau kinerja pemasaran, dan meningkatkan memahami pemasaran sebagai suatu proses.

Marketing Research atau riset pemasaran menentukan informasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini, merancang metode untuk mengumpulkan informasi, mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data, menganalisis hasil, dan mengomunikasikan temuan dan implikasinya. (Wikipedia)

Marketing Research menurut Walter B. Wentz adalah
Pengumpulan dan penganalisaan informasi untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan di bidang pemasaran.

Marketing Research atau riset pemasaran merupakan suatu proses yang sifatnya praktis. Manajemen menggunakan riset pemasaran untuk memudahkan pengambilan keputusan, bukan untuk diri sendiri.

Marketing Research atau riset pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting, sebab sangat membantu dalam mencapai tujuan dan keberhasilan suatu bisnis.

Marketing Research atau riset pemasaran biasanya bagian tersendiri dalam suatu bisnis seperti Departemen atau Bagian Riset Pemasaran.

Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam Marketing Research antara lain adalah :

A. Riset Pasar dan Penjualan
  • Mengukur potensi pasar 
  • Analisis luas pasar yang dikuasai 
  • Karakteristik pasar 
  • Analisis penjualan 
  • Perkiraan permintaan barang baru
  • Perkiraan penjualan 
  • Area penjualan 
  • Penilaian metode penjualan 
  • Analisis tenaga sales dan kompensasi 
  • Saluran distribusi 

B. Riset Barang 
  • Meneliti barang pesaing 
  • Menyelidiki barang yang ada
  • Penilaian dan pengujian barang baru 
  • Kemasan 
  • Product mix

C. Riset Ekonomi Perusahaan
  • Perkiraan jangka pendek
  • Perkiraan jangka panjang 
  • Perkembangan bisnis perusahaan 
  • Kebijaksanaan harga 
  • Lokasi gudang dan pabrik 
  • Ekspor 
  • Karyawan 

D. Periklanan 
  • Penelitian motivasi 
  • Media Advertisements
  • Efektifititas advertising 
  • Periklanan dan penjualan pesaing 
E. Lingkungan 
  • Menyelidiki akibat-akibat lingkungan 
  • Kebijaksanaan dan nilai sosial 
  • Batasan hukum periklanan dan promosi 

Proses Marketing Research 
Proses riset pemasaran meliputi 
beberapa tahapan, yaitu :
  • Identifikasi masalah 
  • Menentukan sumber informasi 
  • Formulir pengumpulan data 
  • Sampel
  • Informasi lapangan 
  • Perbaikan, tabulasi, dan analisa data 
  • Laporan penelitian 

Marketing Information System 


Sistem informasi pemasaran terdiri dari orang-orang, peralatan, dan prosedur-prosedur untuk mengumpulkan, menyortir, menganalisis, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang tepat waktu, akurat, dan dibutuhkan oleh para pembuat keputusan pemasaran.

Sistem informasi pemasaran didefinisikan oleh Richard H. Brien dan James E. Stafford sebagai :

Sebuah struktur, interaksi yang kompleks antar manusia, mesin, dan prosedur yang dimaksudkan untuk menciptakan arus informasi yang berkaitan secara rapi, dikumpulkan dari sumber-sumber intern dan ekstern, untuk digunakan sebagai dasar bagi pengambilan keputusan dalam tanggung jawab khusus dari riset pemasaran. 

Sistem Informasi Pemasaran bekerja secara kontinyu untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber, baik dari dalam maupun sumber dari luar organisasi, lalu mengolah data, dan menghasilkan informasi untuk digunakan organisasi khususnya bagian pemasaran.

Empat Komponen Utama Sistem Informasi Pemasaran


1. Catatan internal
Catatan internal memberikan informasi terkini tentang penjualan, biaya, arus kas, persediaan, hutang dan piutang.

2. Kecerdasan Pemasaran
Kegiatan mengumpulkan informasi dari dari sumber eksternal seperti lingkungan pemasaran terkini dan perubahan pasar.

Informasi didapat dari sumber eksternal seperti majalah, Jurnal perdagangan, Pers, dsb. Akan tetapi informasi ini tidak dapat langsung digunakan dan harus dievaluasi dahulu sebelum digunakan untuk mengambil keputusan.

3. Marketing Research
Sudah dibahas dengan lengkap diawal tulisan ini.

4. Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran
Yang termasuk ke dalam komponen ke empat ini adalah Hardware dan Software komputer.
Marketing Research Tools

Beberapa alat untuk membantu anda dalam melakukan Marketing Research atau riset pemasaran.


1. SurveyMonkey

Surveymonkey

Alat ini dapat membantu anda melakukan survei online secara gratis, mencakup analisis data, pemilihan sampel, penghapusan bias, dan representasi data.

SurveyMonkey juga menawarkan layanan seperti manajemen merk dan pemasaran yang berfokus pada konsumen untuk usaha kecil,  serta dapat menangkap suara dan pendapat orang-orang yang paling berarti bagi anda dan mengubah prospek menjadi pelanggan.

2. Typeform

Typeform

Perangkat lunak berbasis cloud ini berspesialisasi dalam pembuatan formulir online dan survei.

Perangkat lunak ini menawarkan desain survei, konfigurasi, distribusi dan analitik dalam suatu rangkaian.

Formulir dapat disematkan pada situs web, menggunakan pop-up, pemberitahuan push ditempat atau diakses melalui link atau URL

3. Hotjar

Hotjar

Hotjar adalah alat analisis dan umpan balik. Alat ini membantu pengguna meningkatkan kinerja situs web mereka, dan meningkatkan konversi.

Alat ini memungkinkan anda mengamati dan mengukur perilaku pengguna saat mereka mengunjungi situs anda, dan mengetahui pendapat mereka tentang produk anda.

Anda juga mendapat wawasan terperinci tentang area pengunjung menghabiskan waktu dan menangkap sesi pengunjung saat mereka mengunjungi situs web.

Kesimpulan 

Marketing Research atau riset pemasaran dan Marketing Information System saling berkaitan satu dengan yang lainnya, dan berguna untuk membantu pengambil keputusan dalam bidang pemasaran. 

Diolah dari beberapa sumber.


0 Response to "Marketing Research Tools, dan Marketing Information System "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...