Marketing Management, untuk menunjang online Marketing Bisnis anda

Marketing Management, Pengantar manajemen pemasaran untuk Pemula. 

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

Marketing Management

Marketing Management atau manajemen pemasaran adalah proses penetapan tujuan-tujuan pemasaran bagi suatu organisasi, perencanaan, dan pelaksanaan aktivitas untuk memenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur kemajuan ke arah pencapaiannya.

Globalisasi telah mendorong beberapa perusahaan untuk memasarkan di luar negara asal mereka. (Wikipedia)

Marketing Management atau manajemen pemasaran adalah serangkaian proses menganalisa, merencanakan, menjalankan, mengawasi, dan mengevaluasi program pemasaran yang meliputi product, price, placement, dan promotion.

Marketing Management atau manajemen pemasaran telah berkembang melalui empat tahap yaitu :
  • Orientasi produksi 
  • Orientasi penjualan 
  • Orientasi pemasaran 
  • Orientasi kemanusiaan dan tanggung jawab sosial 

Pengantar Marketing Management atau manajemen pemasaran ini untuk menambah wawasan anda yang belum mengetahui tentang manajemen pemasaran dan untuk menunjang online marketing anda.

Marketing atau Pemasaran 

Pemasaran dimulai sejak manusia melakukan pertukaran secara sederhana yang disebut dengan barter.

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Pemasaran mempunyai peran sebagai jembatan antara titik produksi dengan titik konsumsi, agar tujuan produksi dan tujuan konsumsi dapat tercapai.

Market atau Pasar adalah suatu tempat atau kegiatan yang terdiri dari produsen barang atau jasa dan pelanggan potensial, yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan tersebut.

Menurut William J. Stanton, pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.

Pasar digolongkan menjadi :
  • Pasar konsumen 
  • Pasar produsen 
  • Pasar penjual 
  • Pasar Pemerintah 
  • Pasar internasional 


Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Tujuan perusahaan yang paling universal adalah mencari laba, disamping melayani masyarakat, prestise, dan keamanan.

Konsep pemasaran mempunyai tiga dimensi, yaitu :

1. Seluruh perencanaan dan kegiatan perusahaan berorientasi pada konsumen atau pasar.

2. Volume penjualan yang menguntungkan adalah tujuan perusahaan.

3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasional.

Sistem Pemasaran

Sistem pemasaran terjadi sejak adanya hubungan bisnis antara perusahaan dengan pasar yang dituju.

Sistem pemasaran bersifat kompleks, meliputi banyak lembaga dan aspek seperti barang, jasa, ide, dan orang. Lembaga dan aspek tersebut membentuk dan mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasar.

Komponen utama dalam sistem pemasaran meliputi lingkungan mikro dan makro ekstern, lingkungan intern non pemasaran, dan marketing mix.

1. Lingkungan makro ektern
Faktor-faktor yang termasuk lingkungan ini pada umumnya tidak dapat dikontrol perusahaan, yaitu:
  • Faktor-faktor seperti Peraturan Pemerintah, kondisi perekonomian, Sosial dan kebudayaan, Demografi, Politik dan Hukum, Teknologi, dan Persaingan. 
  • Faktor-faktor mikro seperti pemasok, perantara pemasaran, dan pembeli atau pasar. 

2. Lingkungan intern non Pemasaran
Faktor-faktor ini dapat dikontrol perusahaan yaitu :
  • Sumber-sumber non pemasaran perusahaan 
  • Komponen marketing mix, yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi. 


Marketing Mix 4P 

Marketing Mix 4P atau Bauran Pemasaran merupakan inti dari sistem pemasaran yang mencakup empat elemen yang tak dapat dipisahkan, yang dikenal dengan 4P yaitu :

1. Product
Dalam pengelolaan produk termasuk perencanaan dan pengembangan produk dan layanan yang dipasarkan perusahaan, seperti menambah produk baru, merk, kemasan, warna, bentuk, dsb.

2. Price
Perusahaan menentukan harga dasar produk, potongan harga, ongkos kirim, dan lainnya yang berhubungan dengan harga.

3. Placement
Memilih perantara yang digunakan untuk saluran distribusi, dan mengembangkan sistem distribusi, agar produk dapat mencapai pasar yang dituju tepat waktu.

4. Promotion
Promosi merupakan komponen yang digunakan untuk memberitahukan dan memengaruhi pasar bagi produk perusahaan seperti periklanan, personal selling, promosi penjualan, public relation, dan publikasi.


Product Life Cycle atau Siklus Hidup Produk. 

Produk atau Barang dalam arti sempit adalah kumpulan atribut dan sifat kimia yang secara fisik dapat dipegang atau diraba dalam bentuk nyatanya. 

Sedangkan dalam arti luas Produk atau Barang adalah suatu sifat yang kompleks baik yang bisa dipegang atau diraba mupun tidak, termasuk kemasan, warna, harga, pelayanan, dan sebagainya. 

Beberapa kegiatan yang berhubungan dengan Produk atau Barang :
  • Perencanaan Barang
  • Pengembangan Barang 
  • Perdagangan 
  • Penggolongan Barang 
Ada empat tahap siklus hidup produk yang harus diketahui oleh produsen maupun penjual, yaitu :

1. Introduction atau Pengenalan 
Pada tahap ini produk atau layanan baru saja diluncurkan oleh perusahaan diperkenalkan kepada masyarakat dengan promosi pemasaran untuk menarik perhatian masyarakat, penjualan dan profit masih sedikit. 

2. Growth atau Pertumbuhan 
Pada tahap ini produk atau layanan sudah mulai dikenal masyarakat dan menarik minat konsumen, penjualan mulai meningkat, profit mulai meningkat. 

3. Maturity atau Kematangan 
Pada tahap ini penjualan produk atau layanan sudah dalam keadaan stabil di pasar, begitu juga dengan arus distribusi yang sudah lancar jaya, penjualan dan profit sudah mencapai target bahkan mungkin melebihi target. 

4. Decline atau Penurunan
Pada tahap ini penjualan produk atau layanan mengalami penurunan. Hal ini disebabkan antara oleh produk pesaing, perubahan trend, perubahan teknologi, dsb.

Pricing atau Penentuan Harga 

Harga adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu produk atau jasa, dan termasuk pelayanannya.

Harga pasar suatu produk dapat mempengaruhi tingkat upah, bunga, sewa, dan laba. Bagi perusahaan harga dapat menentukan permintaan produk dan penghasilan perusahaan.

Penetapan harga pasar

  • Harga sama dengan harga pesaing
  • Harga dibawah harga pesaing
  • Harga diatas harga pesaing 


Strategi Penetapan Harga 

  • Quantity discount atau potongan kuantitas 
  • Trade discount atau potongan dagang 
  • Cash discount atau potongan tunai 
  • Seasonal discount atau potongan musiman
  • Promotional allowance atau penghargaan promosional
  • Brokerage discount atau penghargaan komisi 
  • Product allowance atau penghargaan barang
Strategi Penetapan Harga lainnya 
  • Kebijakan satu harga 
  • Kebijakan harga variabel 
  • Penetapan Harga per Unit 
  • Penetapan Harga pada Beberapa macam Barang 
  • Price lining atau tingkatan harga pada semua barang 
  • Harga penjualan ulang
  • Harga Perkenalan 
  • Garansi dan Penurunan harga 
  • Penetapan harga Psikologis. 

Place

Place atau Distribusi adalah metode dan lokasi yang digunakan agar produk dan layanannya suatu bisnis mudah diakses oleh pelanggan atau konsumen.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam saluran distribusi adalah :

1. Produsen
2. Perantara (pedagang dan agen)
3. Konsumen akhir atau pemakai industri.

Place atau Distribusi adalah metode dan lokasi yang digunakan agar produk dan layanannya suatu bisnis mudah diakses oleh pelanggan atau konsumen.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam saluran distribusi adalah :

1. Produsen
2. Perantara (pedagang dan agen)
3. Konsumen akhir atau pemakai industri.

Saluran distribusi ini adalah suatu struktur yang menunjukkan alternatif saluran yang dapat dipilih dan menunjukkan situasi yang berbeda oleh berbagai macam perusahaan seperti Produsen, Pedagang besar, dan Pengecer.


Promotion 

Promosi yang dilakukan oleh suatu bisnis atau perusahaan pada prinsipnya ada empat macam, yaitu :
  • Advertising 
  • Personal Selling
  • Sales Promotion 
  • Public Relation & Publication

Marketing Mix 4C  

1.  Company Resources
Besarnya sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

2. Context
Hal-hal yang berhubungan dengan situasi sekitar seperti kondisi ekonomi, sosial, dan teknologi.

3. Customer
Kebutuhan, keinginan, dan karakteristik pelanggan yang harus diketahui perusahaan.

4. Competitor
Kelebihan dan kelemahan kompetitornya harus dapat dikenali perusahaan.


Segmentasi pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk atau layanan ke dalam segmen pasar yang bersifat homogen.

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda, yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan 
antara pembeli di pasar. 

Semoga bermanfaat...

Diolah dari beberapa sumber

0 Response to "Marketing Management, untuk menunjang online Marketing Bisnis anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...