Marketing Communication Tools Untuk Membantu Membangun Brand Anda - Jati882

Marketing Communication Tools Untuk Membantu Membangun Brand Anda

Pengenalan Marketing Communication Tools untuk Pemula. 



Tools

Marketing Communication atau Komunikasi pemasaran adalah sarana dimana perusahaan menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung tentang sesuatu produk dan merek yang dijual. (Wikipedia)

Marketing Communication atau Komunikasi pemasaran adalah bagian mendasar dan kompleks dari upaya pemasaran perusahaan, dapat digambarkan sebagai semua pesan dan media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pasar.

Marketing Communication atau Komunikasi pemasaran meliputi pemasaran langsung, branding, periklanan, kehadiran online, materi cetak, presentasi penjualan, humas, sponsor, pameran dagang, dsb.

Marketing Communication atau Komunikasi pemasaran mempunyai dua tujuan, yaitu :

1. Preferensi
Menciptakan preferensi merupakan upaya jangka panjang untuk yang bertujuan menggunakan alat komunikasi untuk membantu memposisikan suatu produk atau perusahaan anda di benak pelanggan target.

Penentuan posisi dan pembangunan merek memerlukan waktu dan konsistensi dalam hal elemen inti dari produk, harga, dan distribusi, yang berdampak pada pangsa pasar, profotabilitas, sehingga memberikan nilai jangka panjang bagi perusahaan.

2. Memperpendek siklus penjualan.
Siklus penjualan adalah urutan kegiatan sejak diterimanya pesanan dari pembelian, pengiriman barang, pembuatan faktur penagihan, dan pencatatan penjualan.

Memperpendek siklus penjualan berarti membantu penjualan anda dan mitra, memahami proses pembelian pelanggan, dan tentang bagaimana seseorang dapat memperpendek siklus penjualan.

Secara umum, teknik komunikasi yang digunakan untuk mempersingkat siklus penjualan pada dasarnya lebih taktis daripada yang digunakan untuk membangun merek.

Pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang membantu dalam menjual produk atau layanan, dan membangun hubungan dengan klien dan agensi, dengan menentukan kebutuhan yang diharapkan dimasa depan, dan menyusun strategi kondisi untuk membantu penjualan.

Tujuan pemasaran adalah untuk menjual atau mempromosikan atau menyebarkan kesadaran tentang suatu produk atau layanan.

Pemasaran dapat diistilahkan sebagai memasarkan atau mengkomunikasikan suatu produk, layanan, atau merek diantara segmen orang atau area, dimana perusahaan dapat memperoleh keuntungan maksimum.

Pemasaran menciptakan strategi dan kesadaran dalam kondisi yang berbeda, dengan berkomunikasi yang dalam istilah modern mengiklankan nilai dan manfaat produk atau layanan, ke segmen pelanggan dan pasar tertentu.

Beberapa strategi dan teknik untuk mengukur pasar adalah pasar sasaran, segmentasi pasar, dan perilaku konsumen.

Target market


Pasar sasaran adalah sekelompok pembeli atau konsumen yang mempunyai sifat-sifat yang sama, yang dapat membuat pasar berdiri sendiri.

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda, yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. (Wikipedia)


Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan layanan demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari keputusan pembelian konsumen.

Marketing Communication Tools

1. Advertising atau Iklan

Advertising atau iklan terdiri dari :
  • Komunikasi massa melalui surat kabar, majalah, radio, televisi, billboards, internet, dsb. 
  • Iklan langsung, biasa disebut juga sebagai pemasaran berbasis data base. 

2. Direct marketing atau pemasaran langsung.

Pemasaran langsung merupakan cara promosi yang menggunakan media yang dapat menghubungkan secara langsung pemasar dan konsumen, seperti direct mail, katalog, telepon, sehingga respon dari konsumen dapat langsung diterima.

3. Online Marketing atau Pemasaran online.

Online marketing atau pemasaran online atau pemasaran elektronik, e-marketing, atau online marketing adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet dan menggunakan Internet marketing tool. 

Tujuan Online marketing atau pemasaran online adalah untuk menjual barang, jasa atau iklan melalui Internet, membangun merk, atau melakukan penelitian dengan menggunakan Internet marketing tool. 


Internet marketing atau pemasaran online menjadi cara yang efektif untuk mengidentifikasi target pasar dan menemukan keinginan dan kebutuhan segmen pasar.

4. Sales Promotion

Sales promotion merupakan cara promosi lebih menekankan pada kegiatan penjualan kepada sasaran, baik itu konsumen atau distributor agar tercipta penjualan yang langsung dan peningkatan penjualan.

Sales promotion menggunakan insentif sebagai kekuatan penjualan, yang diharapkan mampu mempersuasi distributor maupun konsumen agar melakukan pembelian, dengan memberikan diskon, contoh produk, kupon, undian, dsb.

5. Personal Selling

Penjualan persoalan merupakan bentuk komunikasi antar individu, dengan cara tatap muka, berinteraksi langsung dengan konsumen, dimana tenaga penjualan memberikan informasi, melakukan persuasi kepada calon pembeli untuk membeli produk atau layanan perusahaan.

6. Public Relation

Public relation adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik, yang memengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.

Public relation berperan sebagai salah satu tools dalam mengkomunikan dan memasarkan suatu brand, serta memerankan fungsi manajemen dengan merencanakan dan melaksanakan program aksi dalam rangka mendapatkan pemahaman dan penerimaan publik atas produk atau layanan perusahaan yang ditawarkan.

Semoga bermanfaat..... 

0 Response to "Marketing Communication Tools Untuk Membantu Membangun Brand Anda"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...