Buyers Journey Atau Perjalanan Pembeli, Contoh Sales Funnel - Jati882

Buyers Journey Atau Perjalanan Pembeli, Contoh Sales Funnel

Berikut Ini Adalah Perbedaan antara Buyers Journey dan Sales Funnel Dalam Digital Marketing.



Buyers Journey

Buyers Journey

Buyers Journey atau perjalanan pembeli dari mulai tidak mengenal produk anda hingga menjadi pelanggan setia anda.

Buyers Journey adalah suatu proses pemikiran dan perilaku yang dilewati calon pembeli atau pembeli, melalui riset pengambilan keputusan untuk membeli, atau tahap-tahap yang dilalui setiap orang saat mereka ingin membeli sesuatu atau berfikir membeli sesuatu.

Sales funnel

Sales Funnel

Sales Funnel atau corong penjualan adalah konsep dalam proses penjualan yang menggambarkan bagaimana seseorang atau konsumen mengenal suatu produk, lalu bagaimana produk itu menarik perhatiannya, hingga dia memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Apa Persamaan dan Perbedaan antara Buyers Journey dan Sales Funnel?


Buyers Journey dan Sales Funnel sama-sama menjelaskan proses seseorang dari tidak mengenal brand anda, lalu mengenal, menimbang-nimbang, melakukan pembelian, menilai produk, hingga menjadi pelanggan setia.

Buyers Journey atau perjalanan pembeli adalah semua tentang menarik audiens yang tepat, pada waktu yang tepat, dan memastikan bahwa organisasi anda memiliki semua jawaban yang dicari oleh pembeli ketika mereka tengah
meneliti masalah dan kemungkinan solusi.

Sales Funnel atau corong penjualan memberikan penekanan pada pemasaran keluar, memberi tahu tim penjualan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan.

Buyers Journey atau perjalanan pembeli digunakan dalam perencanaan penjualan dan pemasaran untuk Business-to-Business (B2B), sedangkan Sales Funnel atau corong penjualan digunakan untuk Business-to-Consumer (B2C).

Buyers Journey atau perjalanan pembeli adalah jumlah total dari semua pengalaman yang dimiliki pengguna biasa selama pertemuan mereka dengan brand anda.

Sebaliknya siklus hidup pembeli adalah kerangka kerja anda untuk memahami perkembangan khas dari pelanggan yang sudah ada.

Tahapan Buyers Journey 

1. Awareness
Pada tahap awal ini pembeli menyadari mereka memiliki masalah yang harus dipecahkan, dan mencari solusi.

2. Consideration
Tahap ini merupakan saat pembeli mengeksplorasi solusi yang berbeda, tetapi yang terbaik untuk mereka untuk mengatasi masalahnya.

3. Decision
Dalam tahap ini ini pembeli memeriksa solusi yang sudah mereka identifikasi, dan mencoba membenarkan alasan pembelian. Apabila semua berjalan baik, mereka membuat pilihan. Tetapi jika tidak, mereka kembali ke tahap pertimbangan untuk mencari alternatif lain.

4. Purchase 
Pada tahap ini konsumen sudah siap untuk membeli. Berikan mereka konten-konten yang membuktikan brand anda lebih baik, dengan menampilkan kelebihan dan nilai konten anda.

Tahapan Sales Funnel 

1. Awareness
Pada tahap ini konsumen sudah menyadari masalah yang harus mereka selesaikan. Iklan adalah salah satu metode yang dapat anda gunakan agar mereka sadar akan produk anda.

2. Discovery
Pada tahap ini konsumen menyadari inilah saatnya mereka menemukan solusi, dan mulai mencari informasi tentang produk anda.

3. Evaluation
Pada tahap ini konsumen mempersempit jangkauan solusi yang potensial untuk masalah mereka, dengan meminta informasi lebih lanjut melalui Website atau bagian penjualan.

4. Intent
Pada tahap ini konsumen mempertimbangkan produk anda, dan mengajukan pertanyaan yang lebih detil. 

5. Purchase
Pada tahap konsumen telah memutuskan produk mana yang akan dibeli secara online.

Siklus Hidup Pembeli

Siklus hidup pembeli atau pelanggan adalah serangkaian kategorisasi berurutan dan umum, dimana anda sebagai pengecer menerapkan pada pelanggan, untuk tujuan pemasaran dan penjualan.

Semoga bermanfaat.... 

0 Response to "Buyers Journey Atau Perjalanan Pembeli, Contoh Sales Funnel"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...