Apa yang dimaksud dengan CRM atau manajemen hubungan pelanggan

Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) untuk membina dan mempertahankan Pelanggan Bisnis Anda.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

CRM

Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang dapat digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi.

Manajamen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM)  melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (teknikal support) dan layanan lapangan (field service).
Wikipedia.

Manajamen Hubungan Pelanggan Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi untuk membantu menarik prospek penjualan, mengkonversi mereka menjadi pelanggan, serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Manajamen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) mengacu pada prinsip, praktik, dan pedoman interaksi organisasi dengan pelanggan, seperti penjualan, layanan, peramalan, analisis tren, dan perilaku pelanggan.

Pada era digital sekarang ini, masyarakat dapat dengan mudah mendapat berbagai informasi tentang bermacam-macam produk di pasaran.

Keputusan pembelian konsumen lebih banyak kepada fungsi dan kebutuhan, dan mengharuskan perusahaan menemukan apa yang dicari dan disukai konsumen, mengetahui metode pembelian, dan interaksi yang diinginkan.

Pengalaman konsumen ketika berinteraksi dengan suatu produk atau brand tertentu menjadi tolok ukur keberhasilan.

Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan menjangkau banyak bidang seperti penjualan, layanan pelanggan, dan pemasaran.

Customer Relationship Management atau Manajemen Hubungan Pelanggan bertujuan mengetahui kebutuhan dan perilaku pelanggan, memberikan pelayanan yang optimal, dan mempertahankan hubungan yang sudah terjalin selama ini.

Pada saat ini proses bisnis tradisional yang lebih berfokus pada produk dan profit sudah banyak ditinggalkan, dan perusahaan lebih mengutamakan konsumen, dan lebih fokus pada aspek-aspek yang memberi pelanggan pengalaman terbaik.

Perusahaan menempatkan konsumen pada pusat perhatian bisnis mereka, mengevaluasi umpan balik mereka tentang produk, untuk membuat strategi pemasaran yang lebih tepat.

Perusahaan harus mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau brand, agar mereka melakukan pembelian ulang, dengan mengolah data untuk mengetahui hubungan yang diinginkan pelanggan dan bagaimana cara mencapainya.

Untuk membantu anda melakukan pekerjaan manajemen hubungan pelanggan, ada beberapa alat Customer Relationship Management (CRM), diantaranya :


1. Hubspot
Hubspot adalah produsen perangkat lunak digital marketing. Fokus utama produk-produk mereka adalah desain web dan optimisasi mesin pencari.

Perusahaan ini memiliki produk Customer Relationship Management untuk melacak dan mengelola interaksi perusahaan dan pelanggan serta prospeknya.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan peramalan pendapatan, mengukur produktivitas tim penjualan, dan melaporkan sumber pendapatan.

Hubspot


2. Pipedrive
Pipedrive adalah alat Customer Relationship Management yang dirancang untuk membantu tim penjualan kecil mengelola proses penjualan yang panjang dan rumit.

Dengan databox, Key Performance indicator atau KPI Pipedrive diubah menjadi wawasan bermakna dan dikirim ke ponsel, dsb. Salah satu manfaat dari databox adalah kemampuan untuk menggabungkan beberapa sumber data.


Pipedrive

3. Salesforce
Alat Customer Relationship Management ini memiliki fitur utama aplikasi seluler yang memungkinkan tim penjualan untuk mengkoordinasikan upayanya saat berada di lapangan.

Alat Customer Relationship Management ini berbasis data kontak pelanggan. Alat ini sudah terintegrasi dengan sistem cloud seperti Sales cloud, Service cloud, Marketing cloud, Salesforce Platform and App Exchange, Sales force Chatter

Salesforce

4. Zoho
Zoho Customer Relationship Management lebih fokus pada konversi timbal daripada dukungan pelanggan. Alat ini ramah seluler untuk mendukung tim penjualan saat di kantor atau saat bepergian.

Zoho

Diolah dari beberapa sumber.

0 Response to "Apa yang dimaksud dengan CRM atau manajemen hubungan pelanggan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...