Panduan Digital Marketing Terlengkap Untuk Edisi Tahun 2020 Bagi Pemula

Hal-hal yang berhubungan dengan Digital Marketing atau pemasaran digital yang harus diketahui dan dilakukan oleh Digital marketer. 

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id 

Panduan digital marketing


Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. (Wikipedia) 
Pada tahun 1896 orang Italia bernama Guglielmo Marconi membuat sebuat alat elektronik yang gunanya untuk mentransmisikan sinyal kode morse tanpa kabel. 

Beberapa tahun kemudian orang menciptakan radio dengan prinsip kerja yang sama dengan alat buatan marconi. Kemudian radio digunakan para pemasar untuk mempromosikan dan memasarkan produk dan jasanya. Sejak itulah era Digital Marketing atau pemasaran digital dimulai.

Digital marketing atau Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merk baik barang maupun jasa, dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan sasaran.

Digital marketing atau Pemasaran digital adalah istilah umum yang digunakan untuk mengggambarkan segala jenis pemasaran online termasuk Search engine optimization, PPC, Pemasaran Media sosial dan Pemasaran email.

Jadi digital marketing atau Pemasaran digital adalah bidang yang sangat luas.

Digital marketing atau Pemasaran digital mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk menjangkau begitu banyak orang, baik orang-orang yang berada didalam area bisnis anda maupun yang berada diluar area bisnis anda.

Dalam banyak hal, digital marketing atau pemasaran digital tidak berbeda dengan pemasaran tradisional, yaitu membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan prospek dan pelanggan.

Akan tetapi digital marketing atau pemasaran digital telah menggantikan  sebagaian besar taktik pemasaran tradisional, karena dirancang untuk menjangkau konsumen saat ini.

Hal-hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis anda dalam digital marketing. 

  • Situs anda harus ramah seluler, hal ini dikarenakan lebih dari 50% lalu lintas web berasal dari penelusuran seluler.
  • Gunakan pemasaran video, hal ini dikarenakan tingkat keberhasilan iklan video mencapai 75%. Iklan video sudah begitu mudah diakses dan orang cenderung suka melihat video daripada membaca narasi iklan yang panjang. 
  • Tingkatkan penggunaan Media sosial, tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial sekarang ini mempunyai banyak kelebihan untuk memasarkan produk maupun jasa yang anda tawarkan.
  • Pemasaran email, jika cara ini dilakukan dengan benar anda akan mendapatkan tingkat konversi yang tinggi.

Panduan Belajar Digital Marketing Terlengkap Tahun 2020 


Menurut Neil Patel ada 7 kategori besar pemasaran online, yaitu:
  • Optimisasi mesin pencari (SEO)
  • Pemasaran mesin pencari (SEM)
  • Pemasaran Content
  • Pemasaran Media Sosial (SMM)
  • Iklan bayar per klik (PPC)
  • Pemasaran afiliasi
  • Email Pemasaran

1. Optimasi mesin pencari atau SEO sudah dibahas dalam artikel saya yang berjudul Panduan SEO 2020 Optimasi seo on-page Blogspot dan SEO Tools Gratis untuk pemula. SEO adalah proses mengoptimalkan konten online anda sehingga mesin pencari suka menampilkannya, sebagai hasil teratas untuk pencarian kata kunci tertentu.

Jika anda ingin meningkatkan peringkat website anda Google SERP, halaman anda harus cocok dengan apa yang banyak orang cari. Ketika anda melakukannya, Google akan menampilkan situs anda kepada lebih banyak orang.

Itulah sebabnya dengan memberi Google apa yang diinginkannya adalah dasar dari strategi Search Engine Optimization yang baik. 

2. SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google SERP. (Wikipedia).

Untuk menggunakan SEM, anda harus membayar kepada pemilik mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan yang lainnya, untuk menampilkan iklan anda di halaman SERP atau di hasil pencarian. 


seo-sem

Sumber gambar : T3cnologi.com


3. Pemasaran konten menurut Random House Dictionary adalah pemasaran yang mencoba menarik pelanggan dengan membagikan konten informasi berpotensi bermanfaat bagi khalayak sasaran, bukan dengan mengiklankan produk dan layanan dengan cara tradisional.

Pemasaran konten adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer, dengan tujuan menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda.

4. Pemasaran media sosial adalah penggunaan platform media sosial dan situs web untuk mempromosikan produk atau layanan.

Meskipun istilah e-marketing dan pemasaran digital masih dominan di dunia akademis, pemasaran media sosial menjadi lebih populer bagi para praktisi dan peneliti.

Sebagian besar platform media sosial memiliki alat analisis data bawaan, yang memungkinkan perusahaan melacak kemajuan, keberhasilan, dan keterlibatan kampanye iklan.

Perusahaan menangani berbagai pemangku kepentingan melalui pemasaran media sosial, termasuk pelanggan saat ini dan yang potensial, karyawan saat ini dan yang potensial, jurnalis , blogger, dan masyarakat umum.

Pada tingkat strategis, pemasaran media sosial mencakup pengelolaan kampanye pemasaran, tata kelola, pengaturan ruang lingkup (misalnya penggunaan yang lebih aktif atau pasif) dan pembentukan "budaya" dan "nada" media sosial yang diinginkan perusahaan.

Saat menggunakan pemasaran media sosial, perusahaan dapat memungkinkan pelanggan dan pengguna Internet untuk memposting konten yang dibuat pengguna (misalnya, komentar online, ulasan produk, dll.), Juga dikenal sebagai " media yang diterima," daripada menggunakan salinan iklan yang disiapkan oleh pemasar. (Wikipedia).

5. PPC atau Pay Per Click, yaitu jenis iklan pemasaran digital dimana bisnis hanya membayar jika iklan mereka di klik. Dengan kata lain PPC adalah cara membeli trafik untuk web atau blog anda, bukan untuk mencari organik trafik. PPC ada beberapa macam diantaranya Search Advertising, Sosial Advertasing, Remarketing, Display Advertising, Google shopping.


ppc
Sumber gambar : business2community.com

6. Pemasaran Afiliasi, adalah jenis pemasaran berbasis kinerja di mana bisnis menghargai satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh upaya pemasaran afiliasi sendiri.

Pemasaran afiliasi merupakan salah satu bentuk pemasaran tertua, dimana anda merujuk seseorang pada produk online tertentu dan ketika orang tersebut membeli produk melalui anda, anda akan mendapat komisi.


7. Pemasaran email, adalah tindakan mengirim pesan komersial, kepada sekelompok orang atau ke pelanggan potensial dengan menggunakan email. Pemasaran email dapat dikatakan penargetan konsumen melalui email yang dilakukan oleh pelaku bisnis online.


Manfaat Digital Marketing 

Dengan menggunakan pemasaran digital anda mendapat banyak manfaat seperti:

  • Membantu menciptakan kesadaran dan keterlibatan baik sebelum dan sesudah penjualan.
  • Mengubah pembeli baru menjadi penggemar fanatik
  • Mempersingkat perjalanan pembeli dengan menghadirkan penawaran dan waktu yang tepat.

Istilah-istilah dalam pemasaran digital

  1. KPI - Key Perfomance indicator, digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran suatu bisnis. KPI dapat berupa jenis analitik seperti Rasio klik Tayang, Rasio Pentalan, Rasio Keterlibatan.
  2. CPA - Cost Per Acquisition atau biaya per akuisisi, adalah metrik yang digunakan untuk menentukan berapa biaya untuk mendapatkan satu pelanggan.
  3. Lookalike Audiences atau pemirsa serupa, adalah cara menargetkan pengguna yang mirip dengan yang sudah anda miliki.
  4. A/B Split Testing atau pengujian split A/B, membantu anda menargetkan audiens dengan lebih baik, dengan menunjukkkan iklan mana yang lebih disukai orang.
  5. CPI - Cost Per Impression atau biaya per tayang. CPI mengukur berapa kali iklan anda muncul di situs. Apakah pengguan benar-benar melihat atau berinteraksi dengan iklan anda.
  6. Lead Generation / Lead Magnet / Lead Nurturing. Ketiga istilah pemasaran ini berjalan seiring. Biasanya bisnis memelihara prospek mereka melalui saluran penjualan dalam mengirim email, menargetkan ulang pelangggan potensial anda.
  7. CTR - Click Through Rate. Saat menjalankan kampanye iklan di media sosial, CTR menunjukkan berapa kali iklan anda diklik oleh pengguna dengan mengambil berapa total klik yang diterima dibagi dengan berapa kali iklan ditayangkan.
  8. Engagement Rate atau tingkat keterlibatan, adalah seberapa banyak pengguna berinteraksi dengan merk anda, berapa banyak komentar, berapa banyak share yang diterima blog, posting Facebook, Tweet, dan Foto Instagram anda.
  9. Remarketing atau pemasaran ulang, adalah taktik yang digunakan untuk mendapatkan pelanggan yang tidak melakukan pembelian, sehingga kembali mengunjungi situs anda.
  10. Relevancy Score & Quality Score, adalah skor yang diterima saat menjalankan kampanye iklan di Facebook, untuk memutuskan seberapa relevan iklan anda dan membandingkannya dengan iklan serupa lainnya.
  11. B2B dan B2C, adalah dua istilah pemasaran yang menggambarkan dengan siapa bisnis berinteraksi, apakah anda memasarkan produk ke bisnis lain atau ke konsumen.
  12. CTA - Call To Action, adalah panggilan untuk bertindak dan biasanya berupa tombol tertentu yang digunakan untuk menarik perhatian pelanggan anda, agar supaya mereka mengklik, membeli, mendaftar, mengisi alamat email, atau tindakan lain yang anda inginkan.
  13. Buyer Persona atau persona pembeli, adalah sesuatu yang anda atau tim pemasaran anda ciptakan, yang akan memberi gambaran yang lebih baik tentang calon pembeli atau pelanggan anda. Biasanya mencakup demografi seperti usia, jenis kelamin, minat, dsb.

Rahasia digital marketing atau pemasaran digital adalah trafik atau lalu-lintas web yang kuat. Jika anda menguasai akuisisi trafik atau lalu lintas, anda memiliki fondasi yang kuat untuk menaikkan pertumbuhan dan penjualan yang lebih tinggi. 


Semoga bermanfaat....











0 Response to "Panduan Digital Marketing Terlengkap Untuk Edisi Tahun 2020 Bagi Pemula "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...