Marketplace, Online Shop, e-commerce, Terbaik Dapat Dipercaya - Jati882

Marketplace, Online Shop, e-commerce, Terbaik Dapat Dipercaya

Pengenalan Marketplace, Online Shop, Dan E-commerce untuk pemula. 



Marketplace

Marketplace 

Marketplace atau pasar online adalah jenis situs e-commerce dimana informasi produk atau layanan disediakan oleh pihak ketiga, sedangkan transaksi diproses oleh pihak marketplace.

Marketplace adalah jenis utama dari e-commerce multichannel dan dapat menjadi cara untuk merampingkan proses produksi.

Di Marketplace transaksi konsumen diproses oleh operator pasar dan kemudian dikirim dan dipenuhi oleh pengecer atau pedagang besar yang berpartisipasi (sering disebut pengiriman drop).

Keunggulan lain marketplace termasuk pelelangan (maju atau mundur), katalog, pemesanan, iklan yang diinginkan, fungsi dan kemampuan pertukaran perdagangan seperti Request for quotation atau RFQ, Request for information atau RFI, dan Request for proposal atau RFP. 

Jenis marketplace ini memungkinkan pengguna untuk mendaftar dan menjual barang tunggal dengan biaya "purna jual" 

Secara umum, karena marketplace mengumpulkan produk dari berbagai penyedia, pemilihan biasanya lebih luas, dan ketersediaannya lebih tinggi daripada toko ritel online khusus vendor.

Marketplace tumbuh pesat sejak tahun 2014. Beberapa memiliki berbagai macam produk minat umum yang melayani hampir semua kebutuhan konsumen, namun ada pula yang untuk konsumen tertentu dan hanya melayani segmen tertentu.

Orang-orang sekarang cenderung masuk ke pasar online yang terorganisir atau marketplace, dikarenakan produk lebih mudah diakses oleh mereka.

Marketplace dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :


1. Marketplace Vertikal 
Jenis marketplace ini hanya menjual satu macam produk, tetapi berasal dari banyak sumber, misalnya mobil. 

2. Marketplace Horizontal 
Jenis marketplace ini menjual produk yang satu dengan yang lainnya masih berhubungan, misalnya produk Fashion. 

3. Marketplace Global 
Jenis marketplace ini menjual beragam jenis produk dari berbagai sumber, dan produk yang dijual tidak harus berhubungan satu dengan lainnya, perlengkapan rumah tangga, Smartphone, komputer, hobby, kesehatan, dsb. 

Online Shop. 

Online Shop adalah proses pembelian barang atau jasa melalui Internet, dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara fisik, dan barang atau jasa yang ditawarkan melalui display di suatu website atau toko online. 

Berdasarkan jenis barang yang dijual online Shop dibagi menjadi tiga macam, yaitu :

1. Online mall
Seperti layaknya mall fisik, barang yang dijual di online mall begitu banyak macamnya.

2. Nieche online Shop
Toko ini hanya menjual barang dengan Nieche tertentu, misalnya pakaian bayi. 

3. Very nice online Shop, yaitu 
Toko hanya menjual barang yang spesifik saja, misalnya sepatu merk "ABC".

E-commerce 

Yang dimaksud dengan E-commerce adalah perdagangan elektronik atau perdagangan internet yang mengacu pada pembelian dan penjualan barang atau jasa menggunakan situs web di internet, dan transfer uang dan data untuk melakukan transaksi ini

Jenis-jenis E-commerce 

1. Business to Business (B2B). 
B2B merupakan e-commerce meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antar Perusahaan, baik barang maupun jasa. 

2. Business to Consumer (B2C). 
B2C merupakan e-commerce meliputi semua transaksi elee yang dilakukan antara Perusahaan dengan konsumen akhir. 

3. Consumer to Consumer (C2C). 
merupakan e-commerce meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antar konsumen, dengan difasilitisi pihak ketiga melalui platform online. 

4. Consumer to Business (C2B). 
Contoh dari jenis e-commerce ini adalah website yang menyediakan foto bebas royalty dan website yang menjual template. 

5. Business to Administration (B2A). 
B2A merupakan e-commerce meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara Perusahaan dengan Administrasi publik, contoh BPJS. 

6. Consumer to Administration (C2A). 
merupakan e-commerce meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara konsumen dengan Administrasi publik, misalnya Pelaporan SPT Pajak. 

7. Online to Offline (O2O). 
Strategi e-commerce ini adalah menarik calon pelanggan di saluran online, untuk keluar dari suasana online dan mengunjungi toko fisik.


Kelebihan E-commerce 

1. Produk dan layanan  bervariasi
2. Memperpendek rantai distribusi 
3. Pembayaran lebih mudah 
4. Brand lebih dekat konsumen 
5. Peningkatan layanan
6. Belanja kapan saja
7. Efisiensi biaya

Kekurangan E-commerce

1. Tingkat ketergantungan kepada teknologi informasi dan komunikasi sangat tinggi.

2. Masih lemahnya Undang-Undang transaksi elektronik.

3. Pembeli tidak dapat menyentuh dan mencoba produk yang dibeli.

4. Hilangnya privasi dan kedaulatan perekonomian suatu negara.

5. Transaksi online masih belum aman dari kejahatan cyber.

6. Barang yang dibeli kadang tidak sama dengan display di website.

Beberapa Marketplace terkenal

1. Amazon 

Marketplace Amazon.com, inc. adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang bermarkas di Seatle, bergerak dibidang Ecommerce, cloud computing, digital streaming, dan artificial intelligence.

Amazon menjual produk anda, atas nama anda dan menagih anda jumlah per penjualan. Marketplace Amazon tidak mengenakan Pay per click untuk iklan produk anda, akan tetapi mengenakan komisi untuk setiap barang anda yang terjual.

Founder : Jeff Bezos
CEO : Jeff Bezos 

Marketplace


2. Ebay
Marketplace Ebay adalah perusahaan Ecommerce multinasional Amerika yang bermarkas di San Jose, California, yang memfasilitasi consumer to consumer (C2C) dan Business-to-Consumer (B2C) melalui Websitenya,
didirikan oleh Pierre Omidyar pada September 1995.

Marketplace ini menghubungkan jutaan pengguna dengan menggunakan paypal secara global untuk memastikan transaksi yang aman. Produk dapat dijual secara lelang diam-diam, atau melalui fitur beli sekarang dengan harga yang sudah ditentukan. 

Founder : Pierre Omidyar
CEO : Scott Schenkel

Marketplace

3. Alibaba 
Marketplace Alibaba adalah perusahaan teknologi multinasional China yang bergerak di bidang e-commerce, ritel, Internet, dan teknologi. Perusahaan ini melakukan penjualan Konsumen ke Bisnis atau C2B, Bisnis ke Konsumen atau B2C, dan Bisnis ke Bisnis atau B2B melalui Website.

Founders : Jack Ma, Joseph C. Tsai, Peng Lei, Trudy Dai, dan lainnya.
CEO : Daniel Zhang

Marketplace


4. Facebok marketplace
Facebook adalah perusahaan Sosial media dan teknologi Amerika yang bermarkas di Menlo Park, California. 

Marketplace Facebook adalah layanan yang disediakan untuk pengguna Facebook, untuk membeli atau menjual produk tanpa harus mendownload aplikasi. 

Founders : Mark Zuckerberg, Andrew Mc Collum, Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, Chris Hughes. 
CEO : Mark Zuckerberg 

Marketplace


5. Tokopedia
Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia yang berspesialisasi di Ecommerce, didirikan pada tahun 2009.

E-commerce ini memberikan kesempatan kepada jutaan pemilik usaha kecil dan menengah untuk membuka toko online secara gratis, dan menjual produknya keseluruh Indonesia.

Founders : William Tanuwijaya, Leontinus Alpha Edison
CEO : William Tanuwijaya

Marketplace


6. Bukalapak
Bukalapak adalah salah satu online marketplace Indonesia yang menyediakan sarana jual beli dari Konsumen ke Konsumen (C2C), didirikan pada tahun 2010.

Sama seperti Tokopedia, E-commerce ini memberikan kesempatan kepada jutaan pemilik usaha kecil dan menengah untuk membuka toko online secara gratis, dan menjual produknya keseluruh Indonesia.

Founder : Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, Nugroho Herucahyono
CEO : Rahmat Kaimuddin

Marketplace


Semoga bermanfaat.... 

0 Response to "Marketplace, Online Shop, e-commerce, Terbaik Dapat Dipercaya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...