24 Best, Internet, Marketing, Tools Terbaik 2020 - Jati882

24 Best, Internet, Marketing, Tools Terbaik 2020

Penggunaan Internet Marketing Tools untuk tujuan Online marketing. 



marketing tools

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
(Wikipedia)


Internet marketing atau pemasaran online atau pemasaran elektronik, e-marketing, atau online marketing adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet dan menggunakan Internet marketing tool. 

Tujuan Internet marketing atau pemasaran online adalah untuk menjual barang, jasa, atau iklan melalui Internet, membangun merk, atau melakukan penelitian dengan menggunakan Internet marketing tool. 

Internet marketing atau pemasaran online menjadi cara yang efektif untuk mengidentifikasi target pasar dan menemukan keinginan dan kebutuhan segmen pasar. 


Panduan Internet marketing atau pemasaran online :


Definition atau definisi 
Tidak setiap kampanye pemasaran digital secara otomatis merupakan upaya pemasaran online atau Internet marketing.

Menurut TNMedia, Internet marketing atau pemasaran online adalah alat, strategi, atau metode apapun untuk merilis nama perusahaan kepada publik. 

Internet marketing atau pemasaran online adalah segala upaya untuk menyebarkan berita tentang perusahaan anda yang menggunakan Internet untuk menjangkau orang.

Pada dasarnya Internet marketing atau pemasaran online adalah, apapun yang anda lakukan secara online untuk mendapatkan lebih banyak perhatian orang, menarik perhatian orang, dan pada akhirnya membuat mereka membeli dari anda.

Untuk komponen Internet marketing atau pemasaran online sudah saya bahas pada artikel blog yang berjudul Panduan Digital Marketing Terlengkap 2020 terdiri :


  • SEO - Search Engine Optimization 
  • SEM - Search Engine marketing 
  • Content marketing 
  • Social media marketing 
  • Pay-per-click advertising
  • Affiliate marketing 
  • Email marketing 

Sedangkan komponen lainnya dalam Internet marketing atau pemasaran online adalah :

  • SEO On-page 
  • SEO Off-Page 
  • Google AdWords

Untuk On-page SEO dan sebagian Off-Page SEO yaitu share ke media sosial saya sudah membuat dua artikel yang berjudul Cara Buat Artikel Dengan SEO  dan yang berjudul Artikel di Blogger Dan SEO Off-page yang ada di blog ini juga. 


SEO Off-Page

Optimisasi mesin pencari diluar halaman tidak kalah penting dengan On-Page SEO dalam mengoptimalkan website anda, dan salah satunya dengan melakukan link building. 

Link Building merupakan salah satu faktor yang digunakan mesin telusur membuat ranking suatu website. Semakin banyak link yang berkualitas menuju website atau blog anda, semakin baik untuk mesin telusur membuat ranking. 

Link building pada dasarnya adalah menanamkan link website atau blog anda di website orang lain, atau orang lain menanamkan link website atau blog anda di website atau blog milik nya, dengan tujuan mendatangkan trafik ke Website anda. 


Ada banyak cara menanam link, diantaranya :

Membuat komentar di website blog lain dengan meninggalkan link website atau blog anda didalam komentar, dengan harapan ada pengunjung blog tersebut mengunjungi website atau blog anda. 

Cara lainnya adalah dengan membuat thread atau menjawab thread di suatu aktivitas forum, berbagi link di social bookmark, guest blog, upload blog ke directory online, menjalin kerja sama dengan Blogger lain, dsb. 

Hal-hal yang harus dilakukan pada saat melakukan link building :

  • Dilakukan secara alami, dan link-link dari blog berkualitas saja, bukan link spammer. 
  • Link berasal dari website atau blog mempunyai trafik yang tinggi 
  • Link berasal dari website atau blog yang mempunyai topik yang serupa atau sama.

Link building



Google AdWords 

Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan.

Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari. (Wikipedia).

Dengan Google AdWords anda dapat mengatur penempatan iklan bisnis anda di :

1. Google search, anda dapat menempatkan iklan di halaman google ketika orang memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan iklan anda.

Pengguna internet akan menemukan produk atau layanan anda di Google search tepat pada saat ketika mereka mencari produk atau layanan yang anda tawarkan.


2. Jaringan Google Display Network, yang terdapat banyak situs, YouTube, mobile app. dsb. Google juga akan menampilkan iklan anda kepada orang yang sudah membuka iklan anda, tapi belum melakukan pembelian.

Iklan anda akan dilihat orang tersebut di website dan aplikasi lain yang dia buka. Proses ini disebut sebagai remarketing yang berfungsi untuk mempertahankan buying intent calon pelanggan.

Google AdWords

3. Pada saat pertama kali anda mendaftarkan iklan ke Google AdWords, anda berpeluang mendapatkan kredit iklan sebesar Rp. 450.000,-. Sedangkan biaya iklan dikenakan jika ada orang atau konsumen yang mengklik iklan anda.
Selama belum ada orang atau pengunjung mengklik iklan anda, anda menayangkan iklan anda secara gratis.

Dengan demikian anda situs anda akan mendapatkan pengunjung baru, penjualan online anda akan terus meningkat, begitu juga jumlah panggilan telepon yang masuk ke bisnis anda terus meningkat, dan menarik pelanggan untuk kembali lagi,

Selain itu anda dapat menargetkan iklan anda untuk calon pembeli atau pelanggan yang berada di negara, wilayah, atau kota tertentu, atau dalam jarak tertentu dari bisnis anda,
dan juga dapat memilih bahasa.

Cara mendaftar dan menggunakan Google AdWords 

1. Buka Google Ads

2. Buat akun Gmail baru khusus untuk AdWords, atau bisa juga menggunakan akun Gmail pribadi anda.

3. Pilih Goal
Ada tiga pilihan goal yang tersedia di AdWords, pilih salah satu yang paling cocok dengan bisnis anda.

1. Pelanggan menghubungi anda melalui telepon. Jika bisnis anda kebanyakan transaksinya dilakukan melalui telepon, pilih goal ini.

2. Pelanggan mengunjungi website anda. Pilih website apabila transaksi bisnis anda kebanyakan dilakukan melalui website anda.

3. Pelanggan mengunjungi toko fisik. Jika anda mengelola toko fisik atau bisnis seperti kafe, rumah makan, dsb.

Google AdWords goal


4. Memilih Jangkauan Lokasi
Anda dapat memilih jangkauan lokasi, baik di dalam maupun luar negeri. Anda juga bisa mempersempit jangkauan lokasi ke kota dan provinsi tertentu.

5. Pilih Kategori
Memilih kategori bisnis yang anda kelola agar Google dapat menentukan target audiens iklan Anda.

6. Buat Copy Iklan
Membuat copy iklan, untuk headline iklan maksimal 30 karakter, dan 80 karakter 80 untuk isi iklan.

7. Masukkan foto bisnis atau produk anda. Gunakan foto terbaik yang mencerminkan bisnis atau promo yang anda jalankan.

8. Tentukan budget iklan anda. Tentukan minimum budget dahulu, jika bisnis anda berkembang barulah naikkan budget anda.

Google AdWords menerapkan sistem pay per click, jadi anda hanya membayar jika iklan anda diklik oleh pengunjung.

9. Metode pembayaran
Google AdWords memberi dua pilihan pembayaran yaitu dengan kartu kredit dan transfer bank.

Google Quality Score


Google AdWords menilai tingkat relevansi iklan dengan apa yang orang cari. Ada tiga cara penilaian, yaitu:

 1. Tingkat relavansi landing page dengan iklan yang anda iklankan. Semakin relevan landing page dengan iklan semakin tinggi scorenya.

2. Perkiraan Click Through Rate (CTR), atau perkiraan orang membuka iklan anda. Semakin menarik iklan yang anda buat semakin tinggi perkiraan CTRnya.

Semakin tinggi CTR semakin tinggi peluang iklan anda ditampilkan.

3. Relevansi keyword
Ketika membuat iklan sesuaikan keyword dengan yang targetkan. Google akan memberi peluang kepada keyword yang sesuai dengan apa yang dicari pelanggan.


Marketing Tool

Internet marketing tools yang dapat digunakan untuk membantu online marketing 

  1. Similarweb
  2. Google trends
  3. Keyword planner 
  4. SEOquake 
  5. Ubersuggest 
  6. Google pagespeeds insights 
  7. Facebook audiens insights 
  8. Alexa 
  9. Semrush
  10. Buzzsumo
  11. Ahrefs
  12. Majestic 
  13. Google Analytics 
  14. Twitter analytics 
  15. Smallfbtools
  16. Buffer 
  17. Mailchimp
  18. What my SERP 
  19. Hubspot marketing free 
  20. Hootsuite
  21. Hubspoot
  22. Trello
  23. All in One SEO pack 
  24. Crazyegg


0 Response to "24 Best, Internet, Marketing, Tools Terbaik 2020 "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...