Inilah Best Email Marketing Tools, Cara Membuat Email Marketing - Jati882

Inilah Best Email Marketing Tools, Cara Membuat Email Marketing

Email marketing tools adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu dalam pemasaran digital produk dan jasa.


Email marketing


Email adalah singkatan dari Electronic mail. Email atau surat elektronik adalah sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dalam format digital melalui jaringan internet. 

Email marketing atau pemasaran email adalah tindakan mengirim pesan komersial, biasanya kepada sekelompok orang  dengan menggunakan email. Dalam arti luas mengirim email kepada pelanggan potensial untuk saat ini dapat dianggap sebagai pemasaran email. (Wikipedia) 

Berdasarkan penjelasan Wikipedia, definisi email marketing adalah kegiatan atau aktivitas mengirim pesan komersial seperti promo, diskon, penawaran produk, penawaran membership, dan lainnya kepada sekelompok orang dengan menggunakan email. 

Email marketing atau pemasaran email adalah suatu rangkaian kegiatan yang dimulai dengan mengumpulkan alamat email, kemudian mengirimkan email secara massal, yang berisi tentang informasi produk atau promo, untuk mendatangkan penjualan dari pembeli lama dan pembeli baru. 

Email marketing atau Pemasaran email termasuk yang tertua dan termurah sampai saat ini. Selain itu ada juga pemasaran SMS yang sudah jarang digunakan, kecuali operator seluler, Telkom, dan Scammer. 

Email marketing memiliki kelebihan yaitu hampir semua pengguna internet memiliki alamat email, sehingga peluang anda menarget mereka juga lebih besar. Anda hanya mengirim email kepada orang-orang yang sudah memberikan alamat emailnya secara sukarela. 

Email marketing dapat anda kontrol dengan bantuan email marketing tool, untuk mengetahui tingkat keterbukaan email, seperti siapa saja yang membuka email, siapa saja yang mengunjungi situs anda melalui link yang anda tempatkan di email. 

Dengan melacak kunjungan website, anda bisa mengirim email yang ditargetkan untuk customer potensial, apabila mereka sudah mengunjungi halaman website anda. 

Secara tradisional, strategi pemasaran digital dibagi tiga, yaitu :
  • Media berbayar 
  • Media diterima
  • Media dimiliki

Email masuk kedalam kategori media dimiliki. Ini berarti anda memiliki kontrol penuh atas saluran pemasaran online ini. 

Dan seiring berjalannya waktu, daftar email yang anda miliki akan menjadi aset berharga bagi pemasaran online anda.  


Email marketing campaign

Email marketing campign atau kampanye pemasaran email adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu bisnis kepada satu atau sekelompok pelanggan atau prospek. 


Tahapan Email marketing campaign 


1. Email untuk Prospek
Prospek adalah tahap orang yang sudah mengunjungi halaman website anda akan tetapi belum melakukan pembelian. Tujuan email ini adalah membuat prospek menjadi pembeli untuk pertama kali. 


2. Email Pembeli pertama
Setelah melakukan pembelian untuk pertama kali, mereka diharapkan melakukan pembelian berikutnya di kemudian hari. Tujuan dari kampanye email ini adalah diharapkan mereka menjadi pelanggan tetap.

3. Email Pelanggan tetap
Setelah anda memiliki banyak pelanggan yang sudah melakukan pembelian kedua, mereka akan menjadi pelanggan tetap. Tujuan dari kampanye email ini adalah membuat mereka menjadi pelanggan setia.

Strategi email marketing 

1. Direct Offer 

Direct offer merupakan penawaran langsung kepada audiens. Email ini biasanya memuat konten yang berhubungan dengan produk, feature, keuntungan dan manfaat, dan dijelaskan secara langsung pada email, atau dengan link yang mengarahkan audiens ke halaman lain seperti blog, YouTube atau sales page lainnya. Ada dua macam direct Offer yakni general offer dan special offer. 

2. Content and offer 

Anda dapat menyajikan content dan selanjutnya menyajikan penawaran melalui link. Konten dapat dimuat didalam email maupun di platform lain seperti website, Facebook, Instagram, YouTube dan sebagainya. Konten dapat berupa infografik, tool kit, check list dan sebagainya. 

3. Blog artikel link

Anda dapat menghubungkan email marketing dengan solution blog content yang memuat artikel tentang penjualan bisnis anda, menawarkan solusi melalui produk atau jasa yang anda. 


Tips email marketing 

1. Mengenali target penerima email dengan baik dan benar 

Untuk mengenali target audiens atau penerima email, lakukan survei sederhana melalui email. 

2. Segmentasi penerima email 

Segmentasi dapat membantu anda mengirim email sesuai segmen mereka seperti usia, status, lokasi geografis, pendapatan dan sebagainya. 

3. Hindari Spam

Pastikan anda mendapatkan alamat email dari cara yang benar dengan menyediakan menu subscribe pada website anda. 

4. Judul email yang menarik 

Judul email yang menarik dapat membuat si penerima email tertarik dan membaca isi email anda. Gunakan kosa kata sederhana dan mudah dimengerti oleh kebanyakan orang. 

5. Buat seolah anda hanya mengirim kepada satu orang saja. 

Penulisan email untuk orang banyak, tetapi menggunakan gaya bahasa yang tepat dan dengan konten yang tepat sasaran, seolah email ini hanya untuk satu orang penerima saja.


Subject email

Yang pertama kali dibaca oleh orang yang menerima email adalah subjek email. 

Subjek email merupakan ujung tombak atau pintu masuk ke email yang anda kirim. Subject harus dibuat sedemikian rupa sehingga membuat si penerima email anda ingin membacanya. Hal-hal yang harus dihindari dalam membuat subjek :

- Jangan membuat baris subject tentang anda atau bisnis anda, tetapi tentang calon pelanggan anda dan kebutuhan mereka. 

- Menarik emosi pembaca dan menjanjikan sebuah manfaat. 

- Buatlah subjek yang ringkas dan kuat


Isi Pesan Email 

1. Mengidentifikasi suatu masalah 

2. Menyatakan suatu solusi

3. Meminta pembaca anda melakukan sesuatu yang spesifik


Agar supaya tingkat keterbukaan email anda tinggi, berikut adalah hal - hal yang harus dilakukan :

  • Minta Klik, seperti "silahkan klik disini" 
  • Sisipkan gambar tentang bisnis anda
  • Gunakan pertanyaan, seperti "apakah anda membutuhkan bantuan saya?" 
  • Gunakan catatan tambahan atau PS. 


Hal terakhir yang seharusnya dilihat calon pelanggan anda adalah tanda tangan atau foto anda, mencantumkan nama, judul, perusahaan, nomor telepon, email, link ke situs perusahaan anda, dan informasi kontak lainnya yang sesuai dengan bisnis anda.


Contoh email marketing yang saya terima dari Rian Deiss, terlihat seperti surat pribadi, beliau ikut prihatin dengan situasi sekarang dimana dunia sedang mengalami musibah Covid 19, untuk itu beliau memberi solusi untuk meringankan dengan memberikan akses kepada para marketer untuk menggunakan Labnya secara gratis, dan himbauan untuk mengajak teman saya untuk mengakses juga. 

Subject dan pembukaan

isi

Manfaat

Solusi

Ps
Rian Deiss


Cara mengirim email ada dua macam, yaitu :

1. Secara manual 

Dari kegiatan mengumpulkan alamat email hingga mengirim dilakukan satu persatu atau manual. Hal dapat dilakukan jika jumlah target audiens anda masih sedikit. 

2. Menggunakan tool 

Jika target audiens sudah berjumlah ribuan orang manual sudah tidak bisa dilakukan. Jika anda mengirim begitu banyak email dengan cara manual, provider email akan menganggap anda spammer. Oleh karena itu anda harus menggunakan tools untuk membantu kegiatan pemasaran email. 


Berikut ini adalah Best email marketing tools yang dapat digunakan untuk membantu anda dalam pemasaran email :


Mailchimp 
MailChimp menawarkan berlangganan gratis untuk 2000 pelanggan atau 12.000 email per bulan. Untuk akun tanpa batas, harganya mulai dari $ 10.

Hubspot 
Alat email HubSpot gratis hingga 2.000 pengiriman email per bulan, dengan solusi peningkatan mulai dari $ 50 dengan Marketing Hub Starter.

Mailgenius 
MailGenius adalah alat gratis yang memeriksa email Anda dan menemukan kemungkinan pemicu yang mungkin mengirim pesan Anda ke folder spam. Anda dapat menjalankan uji kemampuan pengiriman untuk memastikan email Anda benar-benar mencapai kotak masuk penerima Anda. Kalau tidak, itu tidak akan dibuka.

Litmus
Litmus adalah alat yang sangat serbaguna yang dapat Anda gunakan untuk menguji dan melacak email. Anda dapat menguji email Anda di klien web tradisional dan juga perangkat seluler populer seperti Android, Apple dan Windows.

Mailjet
Kelola daftar email, statistik, dan templat semua di dalam antarmuka Mailjet, tetapi pada akhirnya, Anda harus memutuskan bagaimana Anda ingin dikirim.

Drip
Drip adalah platform pemasaran email serbaguna yang mencakup sejumlah fitur berguna, termasuk personalisasi pesan, integrasi dengan platform e-commerce termasuk Shopify, analisis data yang komprehensif, dan banyak lagi.

Madmimi 
Buat email tingkat profesional dengan editor WYSIWG langsung dari Mad Mimi. Pilih dari 39 tombol jejaring sosial seperti bagikan , sukai , sematkan dan retweet dan sesuaikan dengan mudah email Anda untuk menambahkan tautan.

Cake mail
Alat CakeMail telah mencakup kampanye email Anda. Salah satu fitur hebat adalah pengujian A / B yang terpecah misalnya, untuk membantu menentukan mailing list atau Spam Assassin yang paling ideal untuk memastikan email Anda tidak berakhir dengan spam. Ada Google Integration juga untuk memungkinkan Anda melihat statistik terperinci tentang bagaimana setiap kampanye berjalan.

Getresponse
Anda dapat melacak statistik dan memantau hasil kampanye anda. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan anda dapat membuat perubahan kecil, misalnya Desain, salin, struktur, atau alur kerja, dan optimalkan program pemasaran email anda.

Kemudahan penggunaan
Membuat kampanye pemasaran email itu mudah. Anda juga dapat mendesain templat email, halaman arahan, dan alur kerja otomasi pemasaran dengan editor seret dan lepas yang intuitif. Pembuat Email GetResponse hanyalah salah satu contoh.

Anda dapat melacak kinerja dan mengedit semua aset untuk meningkatkan dampak keseluruhan.


Demikian, Semoga bermanfaat... 



















0 Response to "Inilah Best Email Marketing Tools, Cara Membuat Email Marketing"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...