Email Remarketing dan Ads Remarketing Untuk meningkatkan online marketing

Pengenalan email remarketing dan ads remarketing atau ads retargeting untuk meningkatkan penjualan online anda.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id 

email remarketing

Email Remarketing

Diterjemahkan dari bahasa Inggris, email remarketing atau pemasaran ulang email mengacu pada sistem email yang digunakan oleh pedagang dengan pengunjung situs web yang tidak melakukan tindakan pembelian yang diinginkan.

Ini adalah pengembangan pemasaran email yang bertujuan untuk menarik kembali pemirsa atau pelanggan situs web. (Wikipedia)

Ads Retargeting

Bentuk lain dari remarketing adalah retargeting. Retargeting adalah cara yang paling sering digunakan oleh pemasar untuk menampilkan iklan bergambar kepada pengunjung website atau blog miliknya akan tetapi tidak melakukan tindakan pembelian, dan iklannya ditampilkan ketika mereka sedang mengunjungi situs, website, blog, aplikasi seluler, dan media online lainnya.

Jadi beda antara remarketing dan retargeting adalah, remarketing lebih kepada menggunakan email sebagai medianya, sedangkan retargeting menggunakan iklan yang relevan dengan iklan yang pernah pengunjung klik di sebuah situs, website, blog, aplikasi seluler, atau media online lainnya.

Contoh email remarketing.

Saya merima email dari pengelola aplikasi Getresponse yang mana saya pernah mengunjungi websitenya dengan mendaftarkan diri, dan mengisi alamat email, tetapi tidak melakukan tindakan pembelian.

Berikut adalah cuplikan dari email yang saya terima :

Getresponse

Surel


Contoh ads retargeting atau ads remarketing.

Saya mengunjungi Bukalapak untuk melihat iklan kain sarung bermotif Bali, kemudian saya klik salah satu iklan pelapak yang menjual sarung tanpa melakukan pembelian.

Bukalapak

Lalu saya membuka aplikasi WPS offline, dan sesaat kemudian yang pertama muncul di layar adalah iklan sarung dari Bukalapak dalam hitungan detik.

Wps offline

Dari kedua contoh diatas kita dapat melihat perbedaan antara email remarketing dan ads retargeting, akan tetapi kebanyakan pemasar menganggap keduanya adalah kampanye pemasaran ulang atau remarketing campaign sesuai definisi dari Google.

Email remarketing digunakan untuk pengunjung yang sudah tersimpan alamat emailnya, sedangkan ads remarketing atau ads retargeting berdasarkan iklan yang pernah pengunjung klik pada saat mereka mengunjungi sebuah situs atau website tertentu.

Kampanye pemasaran ulang atau remarketing memiliki kekuatan untuk meningkatkan sebuah brand, dengan cara memanggil kembali target potensial ke halaman arahan untuk melakukan tindakan yang diinginkan.

Apabila pengunjung yang menerima tampilan ulang iklan memiliki niat kuat untuk membeli suatu produk yang di iklankan, hal ini akan dapat memberi kesan positif bagi mereka, seakan mengingatkan kembali tentang produk yang akan dibeli.

Akan tetapi apabila pengunjung tidak punya niat untuk membeli produk yang di iklankan ulang, hal ini dapat menimbulkan kesan kurang baik, seperti masalah pelanggaran privasi, seolah mereka diam-diam diamati, membuat ketidaknyamanan dalam berinternet, dsb.

Remarketing campaign atau kampanye pemasaran ulang dibedakan menjadi lima jenis, yaitu :

1. Remarketing standar

Ini adalah cara yang paling umum dan sering digunakan oleh pemasar untuk menampilkan iklan bergambar kepada pengunjung website, blog, atau aplikasi seluler miliknya.

Pengunjung tersebut tidak melakukan tindakan pembelian, dan iklannya ditampilkan kembali ketika mereka sedang mengunjungi situs, website, blog, aplikasi seluler, dan media online lainnya seperti Facebook, Jaringan Google Display, mesin telusur, dsb.

2. Remarketing dinamis

Jenis pemasaran ulang ini dibuat secara khusus untuk menyasar orang-orang yang melihat iklan, untuk meningkatkan peluang mereka kembali ke halaman website anda, guna mendapatkan produk yang mereka tinggalkan.

3. Remarketing untuk iklan pencarian

Pemasaran ulang jenis ini ditujukan untuk orang-orang yang pernah mengunjungi website atau blog dan melihat iklan tertentu, kemudian dia keluar dan mencari lagi di Google search.

4. Remarketing video

Jenis remarketing ini menampilkan iklan video di YouTube di awal atau di antara video yang dilihat pelanggan potensial anda, dan mereka memiliki opsi untuk melewati iklan. Anda juga dapat menampilkan iklan pemasaran ulang di margin kanan layar tempat mereka menemukan saran video.

5. Remarketing email

Jenis remarketing ini bertujuan untuk menjangkau pengunjung yang telah meninggalkan situs, website, atau blog anda tanpa menyelesaikan pembelian dengan email tindak lanjut bertarget, untuk meyakinkan mereka untuk kembali ke situs, website atau blog anda.

Untuk menjalankan remarketing atau pemasaran ulang, anda harus mendapatkan data tentang audiens dengan cara :

1. Penggunaan cookie atau piksel

Cara ini adalah yang paling umum digunakan untuk mengumpulkan data audiens, yaitu dengan bantuan Cookie dalam bentuk kode Javascript atau sering disebut piksel, yang ditempatkan di website atau di landing page pasca klik.

Setiap pengunjung website atau landing page pasca klik, piksel tersebut menjatuhkan atau menyimpan Cookie browser secara anonim di browser pengunjung.

Ketika pengunjung tersebut keluar dari website atau landing page dan masuk ke website lain, Cookie atau piksel ini akan "mengikuti" dan memungkinkan pengunjung tadi melihat iklan dari website atau landing page yang dikunjungi sebelumnya.

Pemasaran ulang berbasis piksel menjamin bahwa iklan anda dilihat oleh orang-orang yang telah melihat melalui situs web anda atau mengklik ke halaman arahan pasca-klik anda.

Keuntungan lain dengan pemasaran ulang berbasis piksel adalah bahwa penampilannya tepat waktu, sebab pengunjung dapat segera mulai melihat iklan yang dapat meyakinkan mereka untuk kembali ke penawaran anda.

2. Remarketing Daftar

Orang-orang yang pernah mengunjungi situs, website atau blog anda dan memberi alamat emailnya, adalah salah satu sumber daftar email yang dapat digunakan untuk pemasaran ulang dengan email.

Untuk memulai pemasaran ulang berbasis daftar, cukup unggah daftar kontak email yang anda miliki ke platform pemasaran ulang anda, dan audiens anda akan mulai melihat iklan anda saat mereka menjelajah melalui website.

Sasaran Remarketing atau pemasaran ulang ada dua, yaitu :

1. Kesadaran
Kampanye kesadaran remarketing ini bertujuan untuk menargetkan kembali pengunjung tentang fitur produk dan pemberitahuan lainnya.

2. Konversi
Tujuan remarketing ini agar pengunjung mengetahui apa tentang brand, agar pengunjung mengklik iklan, mengarahkan mereka ke halaman arahan, dan melakukan konversi.

Kedua sasaran ini harus didukung oleh iklan dan halaman arahan yang dioptimalkan agar mereka terlibat kembali dengan brand yang ditawarkan.

Segmentasi kampanye pemasaran ulang berdasarkan tiga karakteristik berikut:

1 Segmentasi pemasaran ulang berdasarkan perilaku. 
Ada dua macam perilaku pengunjung website, yaitu :

A. Tertarik
Pengunjung website anda membaca halaman website dan bahkan menelusuri halaman lainnya,  dengan menghabiskan waktu yang cukup lama. 

B. Tidak tertarik. 
Pengunjung website hanya membuka halaman website hanya dalam hitungan detik, lalu keluar dari halaman website. 

2. Segmentasi pemasaran ulang berdasarkan waktu.

Strategi segmentasi ini mengacu pada tiga hal:

  • Durasi waktu antara kunjungan seseorang ke situs web anda dan ketika mereka melihat iklan pertama.
  • Frekuensi pengunjung melihat iklan tertentu.
  • Durasi waktu antara kunjungan pertama seseorang ke situs web anda dan waktu ketika mereka berhenti melihat iklan pemasaran ulang anda.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah frekuensi pengunjung melihat iklan anda, jangan sampai anda menampilkan iklan di website yang sama berulang kali, karena dapat dianggap sebagai spam.

3. Segmentasi pemasaran ulang pelanggan yang ada, yaitu :

Anda dapat meluncurkan kampanye pemasaran ulang untuk pelanggan yang sudah ada saat anda merilis fitur produk baru untuk pelanggan yang tidak terlalu aktif di platform anda.

Setiap pembaruan fitur baru dapat meyakinkan mereka untuk menjadi lebih aktif. Pelanggan yang ada juga merupakan audiens yang hebat untuk kampanye pemasaran ulang untuk mendorong peningkatan ke paket penetapan harga yang lebih tinggi.

Semoga bermanfaat... 

0 Response to "Email Remarketing dan Ads Remarketing Untuk meningkatkan online marketing "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...