Content, marketing, tools, terbaik untuk pemasaran daring

Penggunaan Content Marketing Tools untuk membantu memasarkan konten yang anda buat. 

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id 

content

Content atau Konten dalam penerbitan, Seni, dan Komunikasi 


Content atau Konten adalah informasi dan pengalaman yang ditujukan kepada pengguna akhir atau Audiens. 

Content atau Konten adalah "sesuatu yang diungkapkan melalui media, seperti pidato, menulis, atau berbagai seni" 

Content atau Konten dapat dikirim melalui berbagai media termasuk Internet, bioskop, televisi, radio, ponsel pintar, CD audio, buku, e-book, majalah, dan acara langsung seperti pidato, konferensi, dan pertunjukan panggung. (Wikipedia) 

Content marketing tools adalah aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu bagian promosi bisnis anda menjalankan bisnis.

Content marketing atau pemasaran Konten adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang bernilai, relevan dan konsisten.


Content marketing menurut Ginelius adalah proses langsung dan tidak langsung mempromosikan bisnis atau merk melalui konten teks, video dan audio yang bernilai tambah, baik secara offline maupun online, dalam bentuk long form dan short form.

Yang termasuk long form diantaranya adalah :
  • Blog 
  • Artikel 
  • E-book
  • Dsb. 

Sedangkan yang termasuk short form diantaranya adalah :
  • Update dan sharing konten Twitter
  • Updates status Facebook 
  • Komentar blog 
  • Update foto
  • Dsb. 

Dengan demikian dapat disimpulkan content marketing adalah sesuatu yang dibuat atau dibagikan dalam bentuk long form maupun short form,  dan percakapan lain yang memiliki nilai, relevan untuk menarik pelanggan, dan mendorong pelanggan untuk bertindak, tanpa menjual terus menerus. 


Content marketing dibuat untuk menghasilkan konten yang berkualitas, unik, berharga , dinamis, dan relevan dengan kompetitornya.

Menurut Neil Patel, Content marketing dibuat dengan bertujuan membangun relasi yang kuat dengan para audiens untuk jangka waktu lama.

Oleh karena itu konten harus relevan agar tercipta perasaan butuh dari audiens, yang akhirnya membuat kedekatan emosi dengan konten yang dibuat.

Bentuk Content marketing

1. Infografik, yaitu paduan antara tulisan dan gambar agar mudah dipahami oleh audiens, terutama jika itu menyangkut data yang rumit seperti data hasil penelitian.

2. Website atau Blog, dengan menulis di website atau blog anda dapat menargetkan audiens anda. Untuk artikel 6 Langkah Cara Membuat Blog dan Cara Membuat Artikel Dengan SEO sudah tulis di blog ini, lalu dilanjutkan dengan Panduan SEO 2020, dan Seo tools gratis untuk pemula.

3. Podcast, Podcast memang belum begitu populer disini. Akan tetapi sudah banyak marketer, penulis konten, dan Blogger yang mulai memanfaatkan media ini untuk memasarkan konten dalam bentuk audio. Saya sudah menulis tentang podcast. 

4. Video, untuk sekarang ini video masih menjadi media yang paling populer dan mudah menjangkau audiens. Selain itu konten dalam bentuk video lebih mudah dipahami.
Untuk media ini saya sudah membuat artikel 20  langkah cara membuat video pada blog saya lainnya yang berjudul Image dan Video Editing. 

5. Buku, salah satu strategi agar audiens anda mengetahui brand yang sedang anda bangun, mendapatkan penghasilan, menyadarkan masyarakat tentang pentingnya produk yang anda jual , dan pembuktian bahwa brand anda layak dipercaya.

Skill yang dibutuhkan dalam Content marketing 

1. Komunikasi dalam bentuk verbal dan non verbal harus dimiliki, dikarenakan anda akan sering berhadapan dengan audiens atau masyarakat dan dengan tim anda sendiri dalam bisnis. 

2. Menulis, dalam content marketing anda harus memiliki kemampuan menulis konten seperti copywriting, naskah video, komentar, status di medan sosial, dan harus sesuai dengan target audiens anda. 

3. Bercerita, kemampuan public speaking harus anda miliki dalam content marketing. Ada baiknya anda membuat podcast untuk berlatih mengasah skill publik speaking layaknya seorang radio announcer. 

4. Peka dengan perkembangan terbaru dan trend terbaru yang sedang digandrungi masyarakat, agar konten anda tidak membosankan. Gunakan trend yang dapat digunakan membantu membangun brand anda. 

Content marketing tools terbaik untuk pemula


1. Buzzsumo
Alat ini sangat mudah digunakan. Hanya perlu beberapa menit saja untuk menyelesaikan pencarian dan lebih memahami apa yang diperlukan untuk bersaing dengan media sosial dan pemain mesin pencari teratas di ceruk pasar anda.

Buzzsumo


2. Buffer
Buffer menyediakan cara yang lebih baik untuk berbagi konten di berbagai media sosial.

Buffer


3. Hubspot
Anda mendapatkan akses ke alat yang membantu dengan 10 tugas berbeda, termasuk:

Hubspot


  • Blogging
  • Optimisasi Mesin Pencari
  • Media sosial
  • Situs web
  • Manajemen pemimpin
  • Halaman arahan
  • Panggilan untuk Bertindak
  • Otomasi pemasaran
  • Surel
  • Analisis

Melalui alat blogging HubSpot, misalnya, anda belajar cara membuat strategi konten ramah pengoptimalan mesin pencari yang mengonversi.


4. Curata

Curata

Ada tiga fungsi utama dari Platform Pemasaran Konten Curata:

  • Untuk membangun rantai pasokan konten yang dapat diprediksi.
  • Untuk merampingkan produksi konten.
  • Untuk menganalisis dampak konten pada saluran penjualan dan pemasaran anda.

5. Portent content Title Generator

Portent

Ketik "pemasaran konten" ke dalam kotak pencarian dan anda akan diberikan berbagai judul yang unik dan menarik.

Jika ide pertama tidak cocok untuk Anda, klik tombol segarkan dan anda akan diberikan yang lain. Jangan takut untuk mengambil beberapa menit untuk mengumpulkan beberapa ide tingkat tinggi.


6. Ahrefs
Ketika anda mendaftar untuk layanan ini, anda mendapatkan akses ke tujuh alat yang berbeda, termasuk:
  • Penjelajah Situs
  • Penjelajah Posisi
  • Penjelajah Konten
  • Pelacak Posisi
  • Laporan Perayapan
  • Peringatan Ahrefs
Ahrefs


6. Google Analytics
Dengan alat gratis dari Google ini, anda dapat melacak banyak aspek dari kampanye pemasaran konten anda. Ini memungkinkan anda untuk menjawab pertanyaan seperti:

Google Analytics

  • Berapa banyak lalu lintas yang dihasilkan konten saya?
  • Jenis konten apa yang berkinerja terbaik?
  • Di mana sebagian besar lalu lintas saya berasal?
  • Kata kunci manakah yang paling mengarahkan lalu lintas?

7. Canva
Aplikasi gratis ini dapat membantu anda membangun brand, membuat logo bisnis anda, flyer, poster, dll. dengan menyediakan 50.000+ template siap pakai dan dapat disesuaikan dengan bisnis anda. Untuk aplikasi ini saya sudah membuat artikel yang berjudul Membuat Desain Grafis dengan Canva.

Canva

8. Trello
Sebagian besar perusahaan melakukan pendekatan pemasaran konten dengan seluruh tim yang berdedikasi pada subjek.

Trello  membawa kerja tim ke tingkat berikutnya dengan papan, daftar, dan kartu.

Anda dapat meninggalkan pesan untuk anggota tim lain dan berbagi konten satu sama lain di satu tempat, sehingga tidak ada pertanyaan tentang rencana permainan pemasaran konten anda.

Trello


9. ClickFunnels
Terlepas dari apakah perusahaan anda berfokus pada orang-orang yang online atau tidak, anda harus membuat saluran penjualan  jika Anda memiliki keberadaan Internet.

Corong penjualan menunjukkan perjalanan yang membawa pengunjung dan mengubahnya menjadi arahan.

Prospek kemudian menjadi penjualan, dan corong ini dapat digunakan untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata perusahaan anda.

Clickfunnels
Add caption

11. Tweriod
Lakukan Tweet ketika orang lain mendengarkan. Jika anda menggunakan Twitter untuk memasarkan konten, yang seharusnya anda lakukan, penting untuk membagikannya ketika audiens anda online dan sedang memperhatikan anda.

Berkat Tweriod , anda dapat mengetahui kapan waktu terbaik hari ini untuk mengirim tweet.

Tweriod


12. Uberflip
Gunakan Uberflip untuk mengelola blog, video, e-book, dan lainnya semua dari satu lokasi pusat, sehingga semua alur kerja anda ada di satu tempat.

Selain fitur-fitur itu, Uberflip memungkinkan anda membangun hub konten atau aliran penjualan  sehingga "interaksi pengunjung anda dengan merek anda konsisten dan tidak terputus."

Uberflip


13. Evernote
Jika anda menyimpan sesuatu di Evernote, anda dapat mengaksesnya kapan saja dari komputer kerja ke ponsel cerdas anda.

Bagikan catatan anda di tempat di mana anda selalu dapat mengaksesnya.

Evernote


14. SEMrush
Dengan alat ini, anda dapat dengan cepat melihat kata kunci yang diperebutkan oleh pesaing anda untuk mendapatkan peringkat organik. Anda juga dapat melihat kata kunci mana yang diperingkat oleh perusahaan anda secara organik.

Cukup masukkan URL ke SEMRush, dan anda akan memiliki banyak informasi kata kunci yang anda mungkin tidak pernah berpikir ada.

Semrush

0 Response to "Content, marketing, tools, terbaik untuk pemasaran daring"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...