Android Robot Hijau Adalah Sistem Operasi Berbasis Linux Milik Google

Android Si Robot Hijau Milik Google, adalah sistem operasi berbasis Linux, untuk perangkat bergerak dan layar sentuh.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id 

Android
Pada awalnya sistem operasi Android dikembangkan oleh Android inc. yang didirikan pada tahun 2003 di Palo Alto, California - USA oleh Andy Rubin dkk. dengan tujuan awal membuat sistem operasi kamera digital. 

Karena dianggap  pangsa pasar kamera digital tidak cukup besar, Android inc. kemudian beralih ke sistem operasi smartphone untuk menyaingi Symbian dan Microsoft Windows Mobile.

Konsep dasar dari Android inc. adalah membuat mobile device atau perangkat bergerak yang peka terhadap lokasi dan preferensi pemiliknya, dengan kata lain perangkat bergerak atau mobile device yang mengerti pemiliknya.

Pada tahun 2005 Google mengakuisisi Android inc. setidaknya senilai $50 juta, dikarenakan tertarik dengan konsep yang dikembangkan oleh Andy Rubin dkk. Akan tetapi Andy Rubin dkk. tetap di Android inc. yang sudah menjadi milik Google inc.

Kemudian Android inc. dibawah Google inc. mulai menggunakan platform Kernel Linux sebagai sistem operasi mobile Phone. Banyak spekulasi bahwa Google akan memasuki pasar Smartphone.

Google menjual sistem operasi ini ke pembuat dan operator handset dengan janji menyediakan sistem yang fleksibel dan dapat diupgrade.
Google telah menyusun komponen perangkat keras dan mitra perangkat lunak dan membuka isyarat peluang kerjasama diberbagai tingkat dengan pihaknya. 

Pada tahun 2006 spekulasi Google akan memasuki pasar Smartphone semakin besar dengan keluarnya produk pertama mereka yang mirip dengan ponsel Blackberry, tanpa touch screen dan menggunakan keyboard Qwerty fisik. Akan tetapi kemudian direkayasa ulang dengan menggunakan touch screen atau layar sentuh. 

Mengenai touch screen, ada sebuah joke bahwa teknologi touch screen diilhami warteg di Indonesia. Sebelum pembeli makan, pelayan warteg bertanya makan dengan lauk apa?. Kemudian si pembeli menunjuk kaca etalase warteg dibeberapa bagian tempat menaruh berbagai lauk pauk. Kemudian pelayanan warteg menyerahkan sepiring nasi plus lauk pauk yang dipilih pembeli. 


Karakteritis Android Google 


1. Terbuka 
Android dirancang untuk khusus mengoptimalkan sumber daya memori dan perangkat keras yang terdapat di dalam perangkat. Android adalah open source, dapat diperluas untuk memasukkan teknologi baru yang lebih maju. 

2. Semua aplikasi dibuat sama
Android tidak membedakan aplikasi uta dengan aplikasi pihak ketiga. Semua aplikasi dapat dibangun untuk memiliki akses yang sama terhadap kemampuan sebuah ponsel dalam menyediakan layanan terhadap pengguna. 

3. Memecah hambatan pada aplikasi 
Pengembang dapat menggabungkan informasi dari web dengan data ponsel seseorang seperti nomor kontak pengguna, kalender dan lokasi. 

4. Pengembangan aplikasi yang cepat dan mudah. Android mempunyai banyak tool untuk membantu developer meningkatkan produktivitas pada saat membangun aplikasi, dan menyediakan akses yang sangat luas untuk pengguna. 

Kelebihan sistem Android Google 

1. Sistem terbuka 
Siapapun dapat melakukan yang dia inginkan seperti menambahkan, menghapus dan mengupdate sistem. 

2. Dikembangkan oleh banyak developer dan user, sehingga akan semakin banyak perusahaan yang membuat aplikasi Android. 

3. User dapat mengembangkan aplikasi. User dapat membuat aplikasi dengan menggunakan bahasa Java. 

4. Dapat digunakan diberbagai media seperti Notebook, Tab, Kamera digital, GPS, dsb. 

5. Berbasis layar sentuh. 

6. Berukuran kecil sehingga hemat memori. 


Kekurangan Android Google 


1. Terlalu banyak merk, dan masing-masing merk mempunyai sistem dan driver sendiri. 

2. Teknologi baru, masih banyak perubahan dalam sistem 

3. Untuk mengupgrade sistem operasi harus menyesuaikan dengan developer yang digunakan. 

4. Harga perangkat keras termasuk mahal, padahal sistem operasinya gratis. 


Logo Android Google 

Logo Android berupa robot hijau dengan antena dikepala, diciptakan oleh Irina Blok yang mendapat ide dari gambar piktogram yang ada di pintu toilet, yang gunanya untuk memberi tahu orang mana toilet pria dan mana toilet wanita. 


Cara kerja Android Google 

Android merupakan sistem operasi multi tasking yang berbeda dengan yang lainnya. Android didesain untuk tidak menggunakan fungsi menutup atau mematikan aplikasi yang sedang berjalan, sehingga pengguna lebih leluasa menggunakan berbagai aplikasi. 

Pada saat sebuah aplikasi tidak digunakan, sistem secara otomatis akan mensuspen dalam memori. Secara teknis aplikasi tersebut masih terbuka tetapi tidak mengkonsumsi baterai hingga aplikasi tersebut digunakan kembali. 

Pada saat tidak ada RAM atau memori tersisa, Android akan mulai menutup aplikasi yang jarang digunakan. Akan tetapi sistem Android tidak akan menutup aplikasi yang sedang berjalan di latar depan dan tidak mematikan fungsi ponsel. 

Versi awal Android Google dalam bentuk Android beta dirilis bulan November 2007. Sedangkan versi komersial pertama yakni Android 1.0 dirilis pada bulan September 2008. Google dan Aliansi pembuat handset terus melakukan pembaharuan sejak versi awal dirilis. 


Sejak bulan April 2009, versi Android dirilis dengan nama makanan pencuci mulut dan makanan manis, yaitu :

  • Cupcake 1.5
  • Donut 1.6
  • Eclaire 2.0 - 2.1
  • Froyo 2.2 - 2.2.3
  • Gingerbread 2.3 - 2.3.7
  • Honeycomb 3.0 - 3.2.6
  • Ice Cream Sandwich 4.0 - 4.0.4
  • Jelly bean 4.1 - 4.3
  • Kitkat 4.4+
  • Lolipop 5.0+
  • Marshmallow 6.0+
  • Nougat 7.0+
  • Android Oreo 8.0+
  • Android Pie 9.0+
  • Android 10.0

Android 10


Android 10

Beberapa fitur baru dari Android 10 yang saya kutip dari laman resmi Android.com

Live caption
Dengan satu ketukan, Caption Langsung secara otomatis memberi caption pada video, podcast, dan pesan audio, bahkan hal-hal yang anda rekam sendiri. Tanpa pernah membutuhkan data wifi atau ponsel.


Dukungan alat bantu dengar
Android 10 sekarang memiliki dukungan internal untuk streaming media dan panggilan langsung ke alat bantu dengar. Menggunakan energi rendah bluetooth sehingga anda dapat streaming sepanjang minggu.


Transkrip Langsung
Sekarang anda dapat mengetahui peristiwa-peristiwa disekitar anda seperti ketika seseorang bertepuk tangan, seekor anjing menggonggong, seseorang bersiul dan banyak lagi.

Penguat Suara
Memfilter suara latar dan menguatkan suara sesuai frekuensi yang disesuaikan untuk pendengaran anda. Sekarang sebagai aplikasi mandiri dengan visualisator suara sehingga anda dapat melihat suara yang terjadi di sekitar anda.

Aksesibilitas Timeout
Memberi  anda lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan fitur perangkat anda. Seperti panel kontrol, kontrol volume dan lainnya.


Pencitraan HEIF
untuk format file baru (.heic) untuk menyimpan gambar foto.

Kedalaman dinamis
Format file baru untuk mengambil, menyimpan, dan berbagi foto kedalaman (termasuk AR) di Android.

Dukungan kamera monokrom

Dukungan jenis kamera baru yang memungkinkan pengembang aplikasi untuk mendapatkan output monokrom secara asli pada perangkat yang mencantumkan kemampuan ini.

Peningkatan privasi
Beberapa karakteristik kamera sekarang memerlukan izin kamera sebelum diakses.

Konfigurasi aliran yang disarankan
Pengembang akan dapat melakukan polling konfigurasi aliran yang lebih disukai pada perangkat yang mencantumkan kemampuan ini.

Kerangka kerja kamera yang aman
Memungkinkan produsen ponsel untuk mengangkut bingkai kamera dengan cara yang aman.

Digital Wellbeing & kontrol orangtua
Mudah mengakses Digital Wellbeing & kontrol orangtua dalam menu Pengaturan ponsel Anda untuk membuat dan memelihara kebiasaan digital yang sehat untuk seluruh keluarga.

Penghitung waktu situs
Selain mengatur penghitung waktu aplikasi, Anda dapat melihat bagaimana anda menghabiskan waktu dan menetapkan batas harian untuk masing-masing situs web. Semua dalam dashboard Digital Wellbeing yang sama.

Mode fokus
Untuk masuk ke zona dan meminimalkan gangguan. Aktifkan mode Fokus dengan sekali ketuk untuk menjeda aplikasi yang telah anda pilih.

Alat penyediaan yang ditingkatkan untuk profil pekerjaan. Sekarang anda dapat menyediakan langsung ke profil kerja dari wizard pengaturan.

Admin perangkat untuk penghentian perusahaan.
Penghapusan admin perangkat untuk tujuan perusahaan memungkinkan penawaran yang lebih pribadi dan aman seperti profil kerja.

Metode input yang terpisah untuk pekerjaan dan pribadi.
Anda sekarang dapat menggunakan keyboard favorit anda di profil pribadi, sementara IT dapat memerlukan metode input yang terpisah untuk profil pekerjaan.

Pesan dan berbagi
Tindakan yang disarankan dalam notifikasi.
Android sekarang dapat menghasilkan balasan dan tindakan yang disarankan untuk semua notifikasi pesan. Dan pengembang akan dapat memilih keluar atau memberikan saran mereka sendiri.

Emoji baru
Android 10 memperkenalkan 65 emoji baru, termasuk desain inklusif gender untuk emoji seperti potong rambut, angkat besi, dan sauna.

Bagikan Wi-Fi
Sekarang, Anda dapat membagikan detail Wi-Fi Anda dengan tamu melalui kode QR sambil menjaga keamanan kata sandi Anda.

Sharesheet yang ditingkatkan
Sekarang lebih cepat dan lebih mudah untuk berbagi konten dari aplikasi dengan kontak anda. Anda juga dapat melihat pratinjau konten sebelum mengirimnya

Performa
Peningkatan Baterai Adaptif
Diluncurkan di Android 9, fitur ini menggunakan pembelajaran mesin untuk memprediksi aplikasi mana yang akan anda gunakan dalam beberapa jam ke depan dan yang kemungkinan besar tidak akan anda lakukan, jadi ponsel anda hanya menghabiskan daya baterai pada aplikasi yang anda pedulikan.

Kontrol dan pengingat lokasi baru.
Anda sekarang memiliki kontrol lebih besar atas bagaimana, atau jika, data lokasi anda dibagikan. Saat suatu aplikasi meminta izin untuk mengakses informasi lokasi anda, kini anda dapat memberikannya akses setiap saat, saat aplikasi sedang digunakan, atau menolak aksesnya.

Jika aplikasi memiliki akses ke data lokasi sepanjang waktu, maka Android akan mengingatkan anda dengan pemberitahuan satu kali. Ingin mengubah akses itu? Cukup buka pengaturan anda.

Layanan Lokasi Darurat
Android Android membantu menjaga anda tetap aman ketika situasi mendesak terjadi. "ELS" dapat mengirim lokasi yang disempurnakan secara langsung dari handset Android ke layanan darurat ketika panggilan darurat dilakukan.

Pembaruan sistem Google Play
Perangkat Android sudah mendapatkan pembaruan keamanan rutin. Dan di Android 10, anda akan mendapatkannya lebih cepat dan lebih mudah. Dengan pembaruan sistem Google Play, perbaikan Keamanan dan Privasi yang penting sekarang dapat dikirim langsung ke ponsel anda dari Google Play, sama seperti semua pembaruan aplikasi lainnya. Jadi, anda mendapatkan perbaikan ini segera setelah tersedia.

Pengaturan privasi
Sekarang anda dapat melihat dan mengontrol semua pengaturan privasi anda, dari Izin Aplikasi ke Aktivitas Web & Aplikasi hingga Riwayat Lokasi - dari satu tempat sederhana di pengaturan anda.

Navigasi gerakan.
Cara-cara baru untuk bernavigasi di sekitar telepon anda tanpa menggunakan tombol apa pun. Maju ke depan dan ke belakang, tarik ke atas layar beranda, dan geser ke atas untuk melihat aplikasi terbuka anda.

Deteksi kontaminan
Jika kelembaban atau kotoran terdeteksi di port USB anda, pemberitahuan akan dikirimkan kepada anda dan aksesori tidak akan berfungsi.

Pemberitahuan prioritas
Dengan Android 10, anda dapat mengatur dan memprioritaskan pemberitahuan dengan menandainya sebagai "sunyi" atau "peringatan". Notifikasi diam dan mengingatkan dipisahkan di bilah notifikasi, membuatnya lebih mudah bagi anda untuk melihat apa yang perlu perhatian anda.

Kelola pemberitahuan
Lebih mudah untuk menemukan dan mengelola Pengaturan pemberitahuan langsung dari panel notifikasi. Cukup tarik ke bawah, gulir ke bawah dan ketuk kelola di sudut kiri bawah.

Tema gelap Sekarang
Anda dapat mengubah UI dan aplikasi pihak pertama menjadi gelap dengan mengaktifkan tema Gelap di Pengaturan. Ini mudah di mata, dan membantu menghemat baterai juga.

Android Auto
Android Auto sekarang hadir di dalam ponsel, jadi anda cukup mencolokkan telepon anda dan mulai menggunakan Android di layar mobil Anda. Tidak diperlukan unduhan aplikasi.

Pembaruan Sistem Dinamis

Fitur ini memungkinkan pengembang untuk memuat gambar sistem yang berbeda pada perangkat mereka untuk pengujian tanpa mempengaruhi citra sistem asli mereka.


Penghasilan Google 
Google tidak mendapat penghasilan dari sistem operasi Android, tetapi mendapat penghasilan dari jutaan aplikasi yang dipakai oleh jutaan orang pengguna ponsel Android, dan dari penjualan aplikasi berbayar yang terjual dari Google Play. 

Dari Google Play sendiri Google mendapat dua penghasilan yaitu ketika para developer mendaftarkan aplikasinya ke Google Play, dan mendapat persentase penjualan ketika ada aplikasi berbayar dibeli pengguna ponsel Android. 

Semoga bermanfaat....

0 Response to "Android Robot Hijau Adalah Sistem Operasi Berbasis Linux Milik Google"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...