Panduan SEO 2020, Optimasi SEO On-Page Blogspot

Cara Optimasi SEO on-page di Blogger dan Cara Meningkatkan SEO on-page Blog Di Google Blogspot.

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id 

Panduan Seo

Bagi Blogger pemula seperti saya ini membuat artikel yang ramah SEO tidaklah mudah. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan mesin telusur, Google, Yahoo, Bing, dan lainnya.

Kita sudah terbiasa menggunakan mesin telusur atau Search Engine untuk mencari informasi apapun di dunia maya. Pada artikel saya terdahulu yang berjudul Artikel Blogspot, Blogger, SEO sudah saya paparkan cara membuat artikel dengan SEO on Page sebelum dan sesudah artikel tersebut dibuat.

Sebulan terakhir ini saya rajin membaca artikel tentang Nieche, Keyword, Long tail keyword, keyword tools, URL, SEO dsb.

Membuat blog tak ubahnya membuat usaha atau bisnis. Sebelum menekuni bisnis tertentu kita melakukan riset pasar terlebih dahulu, barulah memutuskan bisnis apa yang akan dijalankan. Apakah bisnis yang kita buat langsung berjalan dengan baik?!.

Jawabannya belum tentu. Begitu pula dengan artikel yang kita buat, belum tentu dapat mendatangkan banyak visitor seperti yang kita kehendaki.

Kemudian saya membuat beberapa blog baru berdasarkan Nieche yang saya pilih. Nieche yang saya pilih hanya berdasarkan passion.

Saya memilih Nieche yang menurut saya cocok dengan usia saya yang sudah kepala lima, dan saya hanyabmempunyai sedikit pengetahuan tentang Nieche yang saya pilih.

Kemudian saya mencoba mencari Keyword dengan bantuan keyword tools. Blog yang saya buat ada yang cepat mendapat visitor, ada pula yang lambat mendapat visitor.

Ada artikel yang banyak dibaca pengunjung dan ada pula yang sedikit.

Kemudian saya perhatikan artikel mana yang tinggi page viewnya. Dari mulai judul, konten, dan kapan dan kemana saja artikel tersebut saya share.

Selain itu saya juga mencari tahu dari mana saja dan warga negara mana saja yang mengunjungi blog saya.

Saya juga mendapat pengetahuan tentang SEO dari seorang praktisi digital marketing di Whatsapp grupnya yang say ikuti, bahwa keyword harus disisipkan pada tempat-tempat tertentu, yakni :

Judul Halaman

Judul halaman paling efektif adalah sekitar 10-70 karakter, termasuk spasi. Jika judul artikel anda terlalu panjang mesin telusur bisa memotongnya dan boleh boleh menambahkan tanda "...". Buatlah judul blog anda seringkas mungkin dan pastikan judulnya berisi kata kunci terbaik anda. Setiap halaman harus memiliki judul eksklusif sendiri.

Judul artikel tentu saja harus relevan dengan Konten yang anda buat. Membuat judul yang menarik dengan disisipkan keyword memerlukan perhatian tersendiri.


Meta title

Tag judul adalah elemen HTML yang menentukan judul halaman web. Tag judul ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari (SERP) sebagai judul utama yang dapat diklik untuk hasil yang diberikan, dan penting untuk kegunaan, SEO, dan berbagi sosial.

Tag judul halaman web dimaksudkan sebagai deskripsi konten halaman yang akurat dan ringkas.

Format yang optimal :

Kata Kunci Utama - Kata Kunci Sekunder | Nama Merek

Contoh :
Widget Hijau 8-kaki - Widget & Alat | Widget World
(sumber:Moz)

Meta description

Deskripsi meta berguna karena inilah sering menentukan bagaimana halaman anda akan  ditampilkan dalam hasil pencarian. Untuk efektivitas optimal, deskripsi meta harus sepanjang 70-160 karakter.

Uraian meta deskripsi anda harus singkat dan berisi kata kunci terbaik anda. Pastikan setiap halaman situs web anda memiliki deskripsi meta sendiri.

Deskripsi meta yang berkualitas dapat ditampilkan dalam hasil pencarian atau penelusuran Google serp serta dapat membantu untuk meningkatkan kualitas dan jumlah trafik penelusuran blog anda.

URL

Nama domain anda harus sesingkat mungkin. Mesin pencari dan pengunjung dapat berinteraksi dengan situs web anda secara lebih efektif ketika Anda menggunakan URL yang menggambarkan konten halaman anda. 

(misalnya: http://www.company.com/companyinformation).

URL sangat vital untuk kampanye SE0 anda. Pastikan untuk menggunakan URL yang memudahkan Google- untuk mengindeks situs Anda.

Untuk mendukung tulisan saya diatas, sebagaimana biasa saya melakukan diagnosa dengan menggunakan aplikasi SEOquake. Hasilnya terlihat seperti ini :

panduan seo 1

Dan dibawah ini adalah Screenshoot dari artikel ini, pertanda bahwa artikel itu sudah diindeks oleh Google :

panduan seo 2

panduan seo google 4

Setelah selesai membuat artikel yang sudah dioptimalkan, saya mengajak anda flash back sedikit ke belakang. 
Pertama apakah blog anda sudah menggunakan template yang ramah SEO?, template yang baik dan responsive akan mempengaruhi kinerja blog anda.
Pada blog ini saya menggunakan template redesain yang menurut saya cukup responsive. Anda dapat melakukan test speed blog yang baru dibuat di Google search Console.  
Kedua, apakah sudah dilengkapi menu navigasi dan Sitemap?. Menu Navigasi dan Sitemap akan memudahkan pengunjung blog anda mengetahui isi blog anda dan mencari artikel yang ingin mereka baca di blog anda. 



Kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan Artikel anda ke Media sosial? 


Untuk memilih waktu yang tepat untuk mempublikasikan artikel ke media sosial, saya melakukannya dengan hanya perkiraan saja.

Biasanya saya mempublikasikan artikel baru ke media sosial pada hari Jum'at setelah sholat, hari Sabtu dan Minggu.

Untuk waktunya biasanya saya lakukan di siang, sore dan malam hari, dan jarang sekali di pagi hari.

Saya juga mendapati beberapa artikel saya mendapat pembaca yang pada hari tertentu dan waktu yang relevan dengan Konten artikelnya.
Sebagai contoh :

  • Artikel tentang Ibu pada hari bulan Desember 2109
  • Do'a Akhir tahun pada tanggal 31 Desember 2019
  • Do'a awal tahun pada tanggal 1 Januari 2020

Untuk  settingan waktu di Dashboard Blogger saya gunakan Pasific Time , dan pilihan Bahasa saya setting English (United States), karena selisih waktu antara Indonesia dan Amerika Serikat kurang lebih 12 jam dengan asumsi ketika kita melek mereka tidur, dan demikian pula sebaliknya ketika mereka melek kita tidur.

Dan ternyata visitor terbanyak blog saya adalah, terbanyak pertama Indonesia, dan terbanyak kedua Amerika Serikat.

panduan seo 5

11 Faktor Peringkat Google Teratas, untuk 2020


Ada  lebih dari 200 sinyal yang digunakan perayap Google untuk menentukan tentang halaman, tetapi inilah rincian dasar dari 11 faktor peringkat Google teratas pada tahun 2020:

  1. Situs yang  diamankan (HTTPS vs. HTTP)
  2. Situs web yang mobile-friendly
  3. Markup skema
  4. Kualitas konten halaman web
  5. Panjang konten halaman web
  6. Kecepatan halaman
  7. Sinyal sosial
  8. Tautan balik berkualitas
  9. Gambar yang dioptimalkan
  10. Usia domain
  11. Pengalaman pengguna (UX)
Sumber : Blue Corona


HTTP VS HTTPS

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, sedangkan HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure atau versi dari HTTP yang aman.

Untuk lebih jelasnya lagi silahkan baca Perbedaan antara HTTP vs HTTPS

Http vs https


Salah satu blog yang saya buat, saya kirim ke Google Search Console dengan url menggunakan HTTP, ketika saya melakukan indeks untuk artikel baru tersebut ditolak Google search Console karena artikel tersebut sudah menggunakan HTTPS, jadi saya harus menghapus huruf  "S" nya agar artikel yang baru dapat diindeks.


Mobile Friendly

Pada saat menambahkan tulisan atau editing artikel ini, saya perhatikan bahwa pengunjung blog saya ini mayoritas menggunakan perangkat Android.

Android


Kemudian dari hasil URL Inspection Blog ini sudah Mobile usability

Url inspection


Markup Schema

Markup Skema  adalah alat dari sebuah situs yang bernama schema.org, yang dapat membuat lebih mudah menemukan informasi penting di situs atau web anda, dan menunjukkannya ke mesin telusur sehingga lebih mufah memahami halaman situs anda.

Berikut adalah alat yang tersedia pada Google, yaitu Pemandu markup data terstruktur :

markup schema


Kualitas Konten

Menulis konten berkualitas dimulai dengan maksud pencarian. Memahami apa yang telah membawa pembaca ke situs anda sangat penting.

Apa yang dicari pembaca anda? Baik itu berupa jawaban, layanan, item, atau instruksi, jika mereka tidak menemukan apa yang mereka cari di halaman tersebut , anda telah kehilangan peluang konversi.

Saat membuat anda konten, buatlah dengan maksud pencarian pengguna. Saya sarankan menggunakan alat-alat seperti Google Search Console untuk menemukan pertanyaan apa yang dibuat orang untuk menemukan situs anda.

Faktor kualitas lain, seperti tautan kerja, tingkat membaca, dan waktu pemuatan dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Dengan mengawasi hal ini saat menulis dan mengoptimalkan konten, pastikan bahwa anda memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin.

Panjang Konten 

Blue Corona memberi angka kisaran panjang konten pada angka 2.000an. Dari hasil analisa 10 top situs mereka mendapatkan kesepuluh situs tersebut memiliki panjang konten 2.000 keatas.

Blue Corona
Sumber gambar : Blue Corona

Dan dari diagnosa aplilasi SEOquake untuk artikel ini pada saat posisi panjang kontennya 1.800an, hasilnya text/HTML ratio masih berwarna kuning alias masih kurang.

Seoquake

Html ratio


Kecepatan Halaman

Kecepatan pemuatan halaman web atau blog anda dapat mempengaruhi pengunjung untuk membatalkan kunjungi blog anda dan mencari blog yang lain jika mereka menunggumu terlalu lama untuk dapat membaca artikel anda.

Dari hasil test speed blog ini di Google search Console untuk versi mobile skornya masih dikisaran 60 alias sedang. Dari beberapa sumber saya mendapatkan waktu muat sebuah atau blog berkisar antara 2-5 detik.

test speed

Media Sosial 

Sinyal sosial adalah sebuah parameter atau ulasan penilaian sebuah website yang memiliki nama brand di media sosial, seperti like, share, Subscribe, vote, pin, followers.

Backlink

Backlink adalah “Back” dan “Link“, yaitu Link Masuk, atau inbound link. Yang mana pengertiannya adalah link yang masuk ke sebuah post, halaman, atau website anda.

Dulu sebelum adanya search engine, BackLink sangat penting untuk navigasi sebuah website.

Jumlah backlink merupakan indikator dari popularitas sebuah situs, asalkan backlink tersebut terkait dengan kontent yang cukup berkualitas, Website yang berkualitas, dan bukan berasal dari website spam.

Manfaat dari Backlink

Setelah paham dengan pengertian backlink, maka selanjutnya adalah mengetahui manfaat dari backlink. Backling itu sendiri mempunyai
manfaat antara lain :

  • Meningkatkan kualitas SEO dan SERP.
  • Meningkatkan jumlah visitor.
  • Meningkatkan PageRank dari website tersebut. Sumber : aripratama.com

Gambar yang dioptimalkan 

Sebagian besar jumlah byte yang didownload pada halaman sebagian besar teralokasikan untuk gambar atau foto.

Akibatnya, dengan mengoptimalkan gambar atau foto sering kali dapat menghemat sebagian besar byte dan meningkatkan performa blog anda.

Semakin kecil jumlah byte yang harus didownload oleh browser, semakin kecil peluang bandwith klien untuk berkompetisi, dan semakin cepat browser mendownload dan merender konten pada layar.

Usia dan Pengalaman 

Dari 11 faktor tersebut, faktor ke 10 dan yang ke 11 menurut saya tidak akan dapat kita kejar.

Seperti halnya manusia, usia dan pengalaman hidupnya tidak mungkin dapat dikejar oleh manusia lainnya.

Website yang  selalu bertengger di halaman satu adalah website yang sudah mapan dengan DA dan PA yang tinggi. Sulit bagi blogger pemula seperti saya untuk menempatkan blog saya ke halaman satu.

Saya mempunyai sebuah blog tentang Budi Daya tanaman Obat yang saya buat beberapa tahun yang lalu ketika baru pertama kali belajar membuat blog di Blogger.

Ada artikel yang sempat piala dari Google, padahal blog tersebut tidak saya tengok selama beberapa tahun. Pada saat membuat blog tersebut saya belum mengenal SEO, dan menurut saya ini karena usia blog saya sudah mapan.

Page one


Dan salah satu Fans page Facebook saya mendapat bintang lima, dan menempati halaman dua Google SERP.

Fans page

Seperti beberapa hal terbaik dalam hidup, konten berkualitas dimaksudkan untuk dibagikan . Tetapi konten yang tidak pernah diklik tidak dapat dibagikan. Melibatkan pengguna melalui judul dinamis dan deskripsi meta cenderung meningkatkan rasio klik-tayang.

Setelah snda mendapatkan pengguna untuk mengklik konten Anda, itu tidak cukup untuk menyebarkannya.

Konten anda perlu memiliki nilai, yang dapat ditemukan dalam informasi unik, konten yang dapat dicerna, dan banyak lagi.

Apabila ada situs lain menautkan blog anda sebagai sumber, hal itu akan meningkatkan otoritas situs anda, dan akan menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat situs anda.
Sumber : Blue Corona

Panduan Webmaster Google


Prinsip dasar
  • Buat halaman terutama untuk pengguna, bukan mesin pencari.
  • Jangan menipu pengguna Anda.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Aturan praktis yang baik adalah apakah Anda akan merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke situs web kepada karyawan Google. Tes lain yang bermanfaat adalah bertanya, "Apakah ini membantu pengguna saya? Apakah saya akan melakukan ini jika mesin pencari tidak ada?"
  • Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik.

Hal-hal yang harus dihindari
  • Konten yang dihasilkan secara otomatis
  • Berpartisipasi dalam skema tautan
  • Membuat halaman dengan sedikit atau tanpa konten asli (mis. Disalin dari tempat lain)
  • Cloaking - yaitu praktek atau cara menampilkan crawler mesin pencari konten yang berbeda dari yang dicari pengunjung.
  • Teks dan tautan tersembunyi
  • Halaman doorway - halaman yang dibuat untuk memberi peringkat baik untuk pencarian spesifik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.
Sumber : Moz.com

0 Response to "Panduan SEO 2020, Optimasi SEO On-Page Blogspot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...