Copywriting, Copywriter, Top, 2020

Bagaimana Copywriting dapat membantu anda menjadi Copywriter atau Penulis Konten yang handal?

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id 

Copywriting


Setelah menulis artikel tentang 6 langkah cara membuat blog di platform Blogspot, lalu saya lanjutkan dengan menulis artikel Cara Membuat Artikel Dengan SEO, dan dilanjutkan dengan menulis artikel Panduan SEO 2020, kemudian saya tambahkan SEO Tools, dan berikutnya adalah menulis Panduan Copywriting, dengan maksud untuk menambah pengetahuan tentang teknik menulis yang baik dan benar untuk meningkatkan kemampuan saya dalam mempelajari digital marketing.

Apa yang dimaksud dengan Copywriting? 

Copywriting terdiri dari dua Kata yaitu Copy yang berarti Teks yang digunakan dalam pemasaran, dan Writing yang berarti Menulis, dan orang yang melakukannya disebut Copywriter.

Seorang copywriter biasanya ditempatkan di bagian pemasaran atau bagian periklanan sebuah perusahaan. Copywriter akan mengambil produk dengan segala kerumitannya lalu membuatnya menjadi sederhana dan mudah untuk dijual. Beberapa jenis copywriter adalah :
  • Copywriter Agensi 
  • Copywriter Perusahaan 
  • Copywriter Lepas

Seorang copywriter yang menguasai SEO akan mampu membuat teks yang dibuatnya menempati halaman utama mesin pencari atau SERP, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan meningkatnya kunjungan ke website tertentu. 

Pekerjaan seorang copywriter bukanlah pekerjaan yang mudah. 
Dibutuhkan skill dan kemampuan khusus untuk mencapai posisi tersebut. 

Pekerjaan copywriter dapat berhubungan dengan Surat Kabar, Media online, Televisi, dan Radio. Pekerjaan copywriter untuk media online berbeda dengan yang lainnya. 
Membuat iklan untuk media online membutuhkan iklan banner dan kampanye online. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan untuk membuat konten di media online. 


Jadi yang dimaksud dengan copywriting disini adalah :


Copywriting adalah proses atau Teknik menulis Teks atau kata-kata untuk meningkatkan Konversi. Sedangkan Konversi adalah ketika orang yang menjadi target melakukan tindakan yang anda inginkan.

Copywriting adalah ketrampilan yang berbeda dengan tulisan lain seperti menulis blog misalnya, karena anda harus dapat menarik perhatian pembaca, mengkomunikasikan suatu nilai, dan menginspirasi tindakan dalam ruang dan kata yang terbatas.

Copywriting adalah suatu materi tertulis yang ditujukan untuk mempromosikan dan mendorong tindakan. Dengan begitu banyaknya saluran online pada saat ini, copywriting menjadi ketrampilan pemasaran digital yang harus kita miliki.

Copywriting dibutuhkan oleh Pengusaha, Pembuat iklan, Pemasar, dan siapapun untuk menjangkau audiens lebih banyak lagi. 

Pada umumnya Perusahaan yang melakukan digital marketing menggunakan :

  • Landing page
  • AdWords
  • Iklan Facebook
  • Iklan YouTube 
  • Iklan Telvisi dan radio
  • Konten website
  • Konten media sosial 
  • Konten email marketing
  • dll. 

Agar perusahaan tersebut dapat menghasilkan tingkat rasio konversi yang tinggi, maka dibutuhkan teknik copywriting. Pada umumnya copywriting digunakan untuk membuat tulisan panjang atau Long copy seperti artikel, dan tulisan pendek atau short copy seperti iklan website, disinilah ketrampilan digital marketing harus dimiliki untuk mendukung copywriting.

Ketrampilan Digital marketing yang anda butuhkan dan Cara meraihnya. 


Pemasaran adalah tentang berkomunikasi dengan individu, dengan memahami apa yang paling sesuai dengan mereka, memberi nilai bukan meminta membeli, membangun kepercayaan, hingga tiba saatnya bagi mereka memutuskan memilih anda.

Begitupun Digital marketing, Soft skill yang diperlukan untuk pemasarannya tidak berubah, dan hanya Hard skill saja sedikit berbeda, serta berbeda platform.

Pemasaran digital memungkinkan bisnis untuk menghemat uang, memperluas jangkauan mereka, mempersonalisasikan konten mereka, dan mengukur hasil.

Apakah Anda bekerja dalam pemasaran atau mengembangkan bisnis Anda sendiri, Anda perlu memiliki keterampilan yang tepat sehingga Anda dapat memastikan mendapatkan yang terbaik dari banyak alat dan saluran yang tersedia saat ini, termasuk pengoptimalan tingkat konversi.

Tidak hanya perusahaan atau organisasi profit saja yang menggunakan digital marketing untuk mencapai target pemasaran, Organisasi non profit seperti Yayasan, Rumah yatim, Badan amil zakat, dsb. juga sudah banyak yang menggunakan digital marketing untuk mendapat  bantuan atau donasi.

Formula Copywriting untuk menciptakan struktur penulisan teks yang efektif. 


Formula tersebut disingkat AIDA, terdiri dari :

  1. Attention, teks yang anda tulis harus dapat menangkap perhatian pembaca dengan mengoptimalkan Judul, Gambar, dan Kalimat-kalimat pembuka.
  2. Interest, buatlah mereka tertarik dengan anda. Apabila anda berhasil menarik perhatian mereka, maka mereka akan melanjutkan membaca. 
  3. Desire, dalam tahap ini anda akan membuat  mereka sangat menginginkan produk atau layanan anda.
  4. Action, tahapan sederhana mengajak mereka mengambil tindakan yang anda inginkan seperti membeli, mendaftar, mengirim email, membuat akun, dsb.

Formula ini dapat anda gunakan untuk menulis apapun agar menarik, dan tidak semata hanya untuk copywriting.

Pedoman Dasar copywriting


1. Buat Judul yang Menarik
Salah satu prinsip paling penting dan paling sulit dalam menulis teks di situs atau website adalah menyusun Judul utama yang menarik .
Judul utama yang menarik akan mendorong pengguna untuk mengkliknya.

2. Pertimbangkan apa yang diketahui pembaca anda
Pedoman kedua adalah mempertimbangkan pembaca Anda sebelum Anda menulis. Ini berarti Anda harus masuk ke dalam pola pikir seseorang yang membaca apa yang ingin Anda terbitkan. Anda harus berempati dengan posisi mereka dan memahami apa yang sudah mereka ketahui, apa yang ingin mereka ketahui, dan bagaimana bisnis Anda dapat membantu mereka.

3. Menulis seperti anda sedang berbicara dengan seorang teman
Di Dunia maya , Anda tidak pernah bisa mengetahui dan memastikan siapa yang membaca situs web Anda. Pembaca akan senang apabila mereka merasa seperti sedang berbicara dengan seseorang yang mereka kenal.
Itu dapat berarti anda boleh menulis secara informal, dan dimungkinkan menggunakan bahasa gaul (jika itu sesuai untuk audiens Anda).

4. Menulis untuk pembaca yang memindai

Berlawanan dengan apa yang diyakini oleh banyak penulis pemula, kebanyakan orang tidak benar-benar membaca di Internet, sebenarnya, mereka hanya memindai. Itulah sebabnya daftar dan format konten sederhana lainnya harus  berfungsi dengan baik dalam menjaga orang-orang tetap pada halaman anda. Pembaca tahu persis apa yang harus dicari ketika mereka membuka artikel.

Untuk membantu pemindaian, Anda dapat menambahkan beberapa elemen ke copywriting Anda agar pembaca tetap pada satu halaman.

5. Tekankan ajakan anda untuk bertindak

Ajakan Anda untuk bertindak adalah bagian dari teks Anda yang memberi tahu pembaca Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Ajakan untuk bertindak yang paling baik adalah singkat, deskriptif, dan informatif.  Anda bahkan dapat memasukkan tautan dalam ajakan bertindak untuk memastikan orang dapat dengan cepat melakukan apa yang Anda minta.

Beberapa ajakan untuk bertindak yang paling umum :

  • Belajarlah lagi
  • Hubungi kami
  • Daftar sekarang
  • Beli sekarang
  • Berbelanja disini
  • Klik disini
  • Pesan sekarang juga 
  • Dsb. 

Ajakan untuk bertindak ini singkat, informatif, dan bermanfaat. Mereka memberi tahu seseorang apa yang harus mereka lakukan dengan kata sesedikit mungkin, dan kata itu sangat jelas.

Ajakan untuk bertindak harus dilakukan di bagian bawah teks Anda sehingga ajakan itu adalah  bagian terakhir yang dibaca seseorang pada halaman Anda. Dengan demikian Anda harus membuat tautan yang nyaman dan nyata ke bagian lain dari situs Anda yang dapat mengubah pembaca menjadi pelanggan.


5 Unsur Copywriting yang sudah teruji


Call to Action
Perintahkan pembaca melakukan atau mengklik tombol "Pesan Sekarang", "Daftar Sekarang", "Download disini", dsb.

Mendesak
Jika diperlukan buatlah kalimat mendesak seperti "Stock terbatas", "Diskon hanya berlaku hari ini", "Harga naik per tanggal...", "Hanya untuk 10 pemesan pertama", dsb.

Berikan penawaran tambahan
Yang sering kita jumpai sekarang dan seringkali digunakan di toko online, seperti "Free Ongkir", "Gratis Voucher senilai...", "Dapatkan Cashback senilai..", dsb.

Garansi
Memberikan garansi membuat calon pembeli merasa aman jika membeli produk anda, misalnya jaminan pemeliharaan.

Buat mereka menjawab "Ya"
Buatlah pertanyaan Call to Action dengan jawaban "Ya" seperti "Anda ingin Potongan Harga??"

Tips Copywriting 

  • Tentukan apa yang dicari pelanggan Anda. Kemudian tulis teks yang membahas tentang pencarian tersebut. 

  • Integrasikan kata kunci secara alami ke dalam konten Anda. 

  • Tuliskan judul dan deskripsi meta yang menarik untuk menarik pengunjung Anda. Informasi inilah yang dilihat pengunjung saat menelusuri hasil penelusuran mesin pencari.

  • Tautkan secara internal ke halaman lain yang relevan di situs anda. Cara ini membuat mudah pengunjung untuk menjelajahi situs Anda lebih lanjut, dan dengan demikian menambah waktu kunjungan di situs.

  • Sertakan tombol berbagi media sosial di konten Anda agar lebih mudah dibagikan dan dapat dengan cepat mendapatkan pengunjung. 

  • Lihatlah apa yang dilakukan pesaing Anda. Apa yang mereka tulis? Kalimat apa yang mereka gunakan?. Gunakan saingan Anda sebagai patokan untuk membuat konten Anda lebih baik.

Strategi Copywriting 


1. Tekankan Manfaat daripada Fitur
Manfaat menjual produk dan memberi alasan pelanggan untuk membeli. Fitur menjelaskan apa yang akan mereka terima dengan menggunakan produk anda, dan memberi pelanggan sesuatu untuk dibandingkan dengan pesaing. Fitur diperlukan tetapi bukan titik utama penjualan. 

2. Buatlah se spesifik mungkin 
Membuat sesuatu yang spesifik tentang produk anda yang akan membantu anda menjualnya kepada pelanggan anda. 

3. Gunakan emosi Target 
Pelanggan berbaris untuk membeli iPhone baru, bukan karena sangat masuk akal untuk membayar harga tertinggi untuk ponsel terbaru, tetapi karena mereka harus membelinya sebelum teman-teman mereka melakukannya. Mereka harus mendapatkan ponsel terbaru karena mereka sangat menginginkannya.

4. Leverage Testimonial
Ketika anda membagikan testimonial klien, anda langsung mendapatkan kredibilitas. Kata-kata dari mulut pelanggan jauh lebih dapat dipercaya daripada pernyataan serupa dari pemilik bisnis atau penjual.

5. Jangan semua tentang anda
Semua yang anda tulis harus menjadi sesuatu yang menarik bagi mereka dan menunjukkan bagaimana anda dapat memenuhi kebutuhan mereka. Itulah inti dari tulisan anda, dan itulah sebenarnya inti dari bisnis.

6. Menulis seperti percakapan
Anda harus menggunakan kata dan frasa yang akan anda gunakan dalam percakapan sehari-hari dan menulis dengan cara yang sangat mirip dengan cara anda berbicara. Jangan merasa anda penting atau terpelajar saat menulis. 

7. Buatlah Slides yang "licin"
Selain menulis secara percakapan, anda harus menulis salinan anda sehingga setiap kalimat memaksa pembaca untuk terus membaca sampai semua tulisan anda dibaca.

8. Menulis cepat 
Tuangkan apa yang ada di kepala anda ke tulisan, baru kemudian mengeditnya. Menulis ulang adalah rahasia nomor satu penulis profesional. Mereka tidak selalu memiliki draft pertama yang paling halus, tetapi mereka sangat baik dalam mengedit prosa mereka sampai hampir sempurna.

9. Gunakan bahasa sederhana 
Selanjutnya yang harus diikuti untuk penulisan yang lebih baik adalah menggunakan bahasa sederhana untuk memastikan salinan anda tidak terlalu teknis atau terlalu rumit untuk pembaca anda.

10. Gunakan paragraf pendek
Aturan ini berfungsi untuk tulisan online karena paragraf yang lebih pendek lebih mudah dibaca secara online.

11. Minta orang lain mengedit 
Anda harus meminta orang lain di bisnis anda membaca tulisan anda. Sebaiknya seseorang yang memiliki penglihatan yang bagus untuk penulisan yang jelas dan mempunyai pemahaman tentang tata bahasa. 

12. Buat mereka rasa memiliki 
Kebanyakan orang ingin merasa milik kelompok tertentu. Setiap orang, dengan cara apa pun, mereka mencari kelompok untuk menjadi anggota dan itu memberi mereka rasa kebersamaan. Sebagai contoh orang membeli mobil merk tertentu dan menjadi anggota klub mobil itu. 

13. Minta orang untuk bergabung 
Buffer melakukan ini di blog mereka. Salinan di atas formulir pendaftaran mereka mengatakan, "Bergabunglah dengan 10.629 orang tampan lainnya yang menerima pembaruan email gratis."

14. Tampilkan Logo klien utama
Cara lain untuk membuat pelanggan anda merasa menjadi bagian dari sesuatu dan menambahkan otoritas pada tulisan anda adalah dengan menampilkan logo dari klien atau pelanggan top anda.

15. Pamerkan jumlah Follower
Cara lain untuk menciptakan rasa memiliki adalah memamerkan jumlah pengikut media sosial anda. Dengan menampilkan banyak pengikut, menunjukkan kepada orang-orang bahwa mereka bukan satu-satunya yang menggunakan produk atau layanan, dan bahwa mereka bergabung dengan komunitas pengguna. 

16. Ciptakan rasa Eksklusif 
Tujuannya adalah untuk membuat prospek merasa istimewa dengan menjadi bagian dari grup eksklusif.

17. Buktikan nilai produk anda
  • Anda dapat membandingkannya dengan produk pesaing anda untuk menunjukkan bagaimana harga anda bagus, atau
  • Anda dapat membandingkannya dengan produk serupa yang bukan merupakan pesaing langsung untuk menunjukkan bagaimana perbandingan produk anda dengan baik.

18. Menjadi Otoritas 
Anda harus menggunakan sebagian tulisan anda untuk menjadikan diri anda sebagai otoritas, karena orang-orang memiliki kecenderungan untuk mencari ahli di bidang tertentu. Semakin anda berwibawa, semakin serius pelanggan menanggapi apa pun yang anda katakan.

19. Berikan Alasan 
Anda dapat menggunakan ini dengan memastikan anda memberikan alasan mengapa orang harus menggunakan produk atau layanan anda.


Intinya, Copywriting adalah seni menjual dengan cara menyampaikan apa yang anda tawarkan dengan menggunakan bahasa konsumen anda, dengan menggunakan pengetahuan tentang produk dan pengetahuan tentang konsumen anda, dan didukung dengan data.

Terakhir, ada sebuah aplikasi keren bernama Canva, yang menyediakan berbagai template untuk membantu anda membuat berbagai desain grafis seperti Poster, Banner, Flyer, Logo, dsb. guna mendukung ketrampilan copywriting anda.

Aplikasi lainnya yang juga berguna untuk membuat digital banner untuk ditampilkan di media sosial seperti Facebok, Twitter, Instagram, LinkedIn, yakni Banner Maker, dan aplikasi Filmorago untuk membuat Video untuk dishare ke Youtube, serta Podcast untuk membuat konten dalam bentuk audio.

Disusun dari beberapa sumber.









0 Response to "Copywriting, Copywriter, Top, 2020 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...