Cara Buat Artikel di Blogger dengan Seo agar page one Google serp

Bagaimana Cara Membuat Artikel Blog di Blogger Blogspot Yang Anda Buat Tampil di page one Google serp? 

Jawabannya Tidaklah Mudah. 

Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id

Artikel

Artikel ini saya langsung tulis di papan tulis Blogger Blogspot ini, sebab berdasarkan pengalaman saya dari beberapa artikel yang saya buat langsung di papan tulis Blogger ini cepat mendatangkan visitor. Bahkan artikel yang belum selesai saya coba publis langsung ada visitornya. 

Berbeda dengan artikel kopasan, saya perhatikan artikel kopasan dari blog Blogger Blogspot saya lainnya akan tetapi masih tulisan sendiri tetap cepat mendapatkan visitor, sebaliknya artikel kopasan buatan orang lain yang saya posting lebih lama mendapatkan visitor.

Bisa jadi artikel yang langsung ditulis dipapan tulis Blogger ini langsung direkam oleh sistem Blogger, seperti nama dan url blog, judul artikel, waktu penulisan artikel, jumlah huruf atau karakternya, keyword, dsb. Dengan kata lain artikel tersebut dikategorikan Artikel yang fress oleh Google.

Baca juga : Cara Mendapatkan Konten Gratis

Saya coba melakukan pengamatan lagi pada artikel ini, sudah saya publis walaupun belum selesai.
Silahkan lihat Screen shoot dibawah ini, sudah ada visitornya walau belum banyak pada pukul 14:54 setelah saya publis.

Artikel

Perhatikan artikel dibawahnya, artikelnya kopasan yang menurut saya bagus, tulisan dari seorang pakar SEO, terlihat sama-sama memiliki 4 visitor, tetapi waktu postingnya berbeda. Artikel kopasan ini saya posting pagi harinya pada tanggal yang sama.

Artikel 2

Mungkin ini faktor kebetulan saja?.
Bisa jadi, lalu bagaimana seharusnya artikel blog yang kita agar cepat mendatangkan visitor walaupun tidak  sampai menjadi viral.

Artikel nomor 1 yang berjudul "6 Langkah Cara Membuat Blog Blogger Bagi Pemula" saya tulis kemarin langsung di papan tulis Blogger ini, lalu saya lakukan indeks, dan hasilnya artikel tersebut langsung diindeks oleh Google 19 menit kemudian, tidak pakai lama.

Baca juga : Cara Mengindeks Artikel Yang Baru Dibuat

google serp

Mari kita kupas satu persatu bagaimana cara membuat artikel ini.

Judul
Penulisan judul artikel, perhatikan judul artikel yang saya buat ini tidak terlalu panjang dan pada judul tersebut saya sertakan keyword agar lebih mudah dikenali oleh Google.

Tag Heading

Untuk Tag Heading, Judul artikel saya gunakan Heading (H1),  Selanjutnya untuk sub judul saya gunakan Sub Heading (H2), dan Sub sub judul gunakan minor Heading (H3), dan sisipkan keyword yang relevan dengan konten artikel.

Heading


Label

Kemudian memberi Label Artikel yang kita buat, misalnya "Artikel, Blog, SEO", dan jangan lupa memberi tanda koma "," supaya kita dapat memberi dua nama label dalam satu artikel yang sama. Pemberian label ini gunanya untuk mengelompokkan artikel blog anda berdasarkan kategori tertentu, dan untuk membuat Menu Navigasi blog seperti terlihat dibawah ini

menu navigasi


Publish On

Kita juga dapat mengatur waktu untuk mempublikasikan artikel yang baru dibuat. Ada dua cara mengatur waktu, yaitu automatic dan manual. Pilihan automatic berarti artikel langsung dipublikasikan ketika anda menekan tombol Publish, sedangkan pilihan manual anda bisa mengatur tanggal dan waktu untuk mempublikasikan artikel yang baru dibuat.

schedule

Permalink

Penulisan URL artikel, saya membuat nama permalink untuk tujuan memperpendek URL artikel ini agar tidak terlalu panjang. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Klik icon Permalink 
  • Pilih Custom
  • Masukkan nama Permalink, disini saya beri nama "artikel"
  • Klik Done

Sekarang URL artikel ini menjadi lebih pendek seperti terlihat dibawah ini :
https://blogdgblogger.blogspot.com/2020/02/artikel.html?m=1


permalink

Tips

Total panjang URL usahakan maksimal 60 karakter, dan memuat kata kunci yang relevan dengan artikel atau konten anda.

Enclosure links

Tautan lampiran membantu Anda membuat podcast, MP3, dan konten lainnya yang ada di postingan Anda dapat diputar di umpan seperti RSS dan Atom.

Link lampiran

Jangan lupa setting Dashboard dulu

  • Pilih Setting
  • Pilih Other
  • Pilih Enclosure links "Yes"

Masukkan URL file mp3, Video, Halaman Web yang akan dilampirkan
Masukkan jenis MIME
MIME adalah singkatan dari Multipurpose Internet Mail Extension yang digunakan sebagai mekanisme untuk mengirim berbagai informasi seperti text, gambar, suara, video dan lain-lain agar browser tidak salah menterjemahkan konten yang diterima.

Jenis MIME
"image/jpeg", "image/gif", "image/png", "video/mp4", "video/x-msvideo", "video/quicktime", "audio/aac", "audio/mpeg", "audio/ogg", "application/pdf", "text/html"
Sumber:pondokjeruk.com


Search Description

Untuk Deskripsi pencarian saya
masukkan keyword juga seperti terlihat diatas, yaitu :
"Cara Membuat Artikel di Blogger yang ramah Search engine, Seo friendly"

Untuk pilihan tombol Option saya setting seperti :

Option


Alt Text foto

Selanjutnya Untuk Foto di artikel saya berikan nama Alt Textnya seperti terlihat dibawah ini :

Foto

Baca Juga : Cara Membuat Alt Teks untuk foto


  1. Title Text isi dengan judul artikel anda
  2. Alt Text isi dengan nama gambar atau foto yang relevan dengan artikel

Jika anda memberikan Judul Text pada kotak isian Alt teks, maka pada saat berselancar mencari blog atau artikel, anda dapat melakukan search di Google search dengan mode Gambar seperti ini :

Search1

Search2


Location

Jika blog yang anda buat untuk tujuan mempromosikan atau memasarkan bisnis anda, sebaiknya masukkan lokasi bisnis anda di map artikel untuk memudahkan orang mencari lokasi bisnis anda.



Custom robots header tags

Fitur ini bisa digunakan untuk memberikan instruksi kepada robot mesin pencari mengenai halaman mana saja yang boleh diindex dan yang mana yang tidak boleh.
Beri tanda centang pada kotak noindex,nofollow dan noarchive
Tag meta robot


Akhirnya saya lakukan Diagnosa konten menggunakan aplikasi SEOquake. Dari hasil analisa ternyata Judul Artikel masih terlalu panjang sehingga saya perpendek lagi judulnya menjadi "Cara Buat Artikel Blogger, Seo friendly" agar ramah seo. Kemudian saya ganti lagi menjadi "Cara Buat Artikel Blogspot, Blogger, Seo".

Baca juga : SEOquake tool

Hasil analisa SEOquake tool untuk panjang URL artikel dan Deskripsi Meta sudah memenuhi syarat.

Hasil Diagnosa SEOquake tool untuk URL, Meta Description, robot.txt, Meta Keywords, dan Heading :

Seoquake1

Seoquake 2

Seoquake 3

Seoquake 4

Seoquake 5


Warna hijau berarti sudah benar, warna berarti masih kurang atau sudah bagus tetapi dengan catatan.

Update terbaru tanggal 18 Februari 2020 sekitar pukul 11:47, jumlah visitornya dari ketiga artikel terlihat sebanyak ini :

visitor2

Dari dua artikel yang saya tulis langsung di papan tulis dashboard Blogger lebih banyak mendapat visitor walaupun belum banyak.

Dan dengan cara tersebut diatas, artikel ini berhasil menempati halaman satu Google SERP.

Seo on page

Saya mengecek kembali posisi google serp artikel ini di bulan Agustus 2020, dan posisinya masih belum berubah menempati halaman 1.

Cara membuat artikel

0 Response to "Cara Buat Artikel di Blogger dengan Seo agar page one Google serp "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...